Fakta Unik Kucing Siam Si Kucing Manis namun Galak

kucing siam

Kucing Siam – Hewan peliharaan dari semenjak dulu adalah teman paling setia di masa sepi. Di Indonesia, jenis hewan peliharaan ini sangat banyak, mulai dari hewan berbulu, melata, hewan air, hingga hewan-hewan yang bisa terbang. Di antara banyaknya jenis hewan peliharaan tersebut, hewan berbulu diakui sebagai hewan yang paling banyak dipilih. Salah satu di antaranya adalah kucing. Jenis kucing yang banyak dengan tingkah lakunya yang beragam membuat banyak orang menentukan pilihannya pada kucing sebagai hewan peliharaan. Tahukah kamu? Di antara banyak jenisnya, kucing Siam adalah jenis kucing yang diakui sangat bisa menemani kesepian pemiliknya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap ini, ya.

_________________________

Baca juga: Simak Cara Memandikan Kucing Tanpa Bikin Dia Stres

Sejarah Kucing Siam

kucing siamDi antara banyak jenisnya, kucing Siam atau Siamese adalah jenis kucing yang memiliki ciri paling kentara. Kamu akan langsung bisa mendeteksinya karena warna bulu badannya yang berbeda dibanding bulu di bagian muka, telinga, cakar, serta ekor. Dari namanya saja, mungkin kamu akan tahu kalau kucing ini berasal dari Thailand. Hal ini karena ada daerah bernama Siam di negara gajah putih tersebut. Dari manuskrip kuno yang ditemukan, kucing ini baru muncul di dunia barat sekitar abad ke-18 dan 19, yakni di ajang Cat Show yang diadakan di istana Inggris di London. 

Nggak semua orang langsung menyukai penampilannya yang unik itu tetapi dengan cepat dia berhasil populer di kalangan bangsawan. Kucing ini sebenarnya termasuk hasil mutasi genetik yang alami. Dari kucing siam ini tercipta beragam ras kucing lain, mulai dari ras kucing Bali, Himalaya Persia, oriental, Havana brown, hingga Tonkinese. Tapi, bentuk yang paling asli adalah kucing dengan pola pointed di Thailand. Nggak hanya bulunya yang khas, kepribadian, dan tipe tubuh dari kucing ini juga khas. 

Jenis Ras Kucing Siam

Di awal kemunculannya di dunia barat, memang banyak orang yang merasa aneh dengan penampilan kucing ini. Tapi, karena kepribadiannya yang termasuk “sosialis” kucing ini mulai banyak disukai dan menjadi primadona tersendiri. Gimana bisa kucing punya jiwa “sosial”? Nyatanya, kucing ini adalah kucing yang sangat suka menempel dengan pemiliknya. Jadi, dia sangat suka mengekori dan mengawasi kegiatanmu sehari-hari.

Kalau kamu nggak suka kucing yang berisik, sebaiknya nggak pilih kucing ini karena kucing ini termasuk jenis ras kucing yang “cerewet”. Artinya, dia selalu bersuara. Bahkan, kamu bisa mengajaknya berbicara layaknya mengobrol pada manusia. Jadi, sebenarnya kucing Siam adalah jenis kucing yang sangat tepat untukmu yang butuh sekali teman mengobrol karena sendirian di rumah. Kucing ini akan “ngambek” kalau kamu beri perhatian sedikit. Untuk itu, pastikan kamu mengajaknya mengobrol atau sekadar membelainya, ya. 

Hal yang Harus Disiapkan untuk Memelihara Kucing Siam

Kucing Siam adalah jenis kucing yang bisa dibilang memiliki kepribadian yang cerdas, atletis, lincah, dan sangat suka bermain. Untuk itu, sediakan mainan yang cukup untuknya. Sekarang ini, jenis mainan kucing yang tersedia di beragam toko online dan offline sangat banyak. Kamu bisa memilih beberapa jenis mainan yang berbeda supaya dia nggak mudah bosan. Meskipun demikian, kucing ini masihlah kucing biasa yang membutuhkan waktu tidur hingga belasan jam. Makanya, kamu perlu juga untuk siapkan tempat istirahat yang tepat. Tempat istirahat yang tepat adalah tempat dengan bantalan empuk, lembut, dan ada bagian untuk bersembunyi. Jangan juga untuk men-grooming kucing kesayangan dengan teratur, ya. 

Sebenarnya, untuk merawat kucing ini nggak terlalu sulit asalkan kamu menyediakan area bermain yang cukup. Dengan area bermain yang luas, si meong merasa lebih bahagia karena dia bisa menghabiskan energinya. Beberapa jenis peralatan untuk bermain yang bisa kamu berikan pada kucing siam kesayangan adalah cat tower hingga scratcher. Kamu bisa mencari jenis cat tower yang tinggi mencapai langit-langit kalau memang di area luar rumahmu nggak ada pohon tinggi. Sediakan juga scratcher di beberapa tempat supaya anabulmu nggak merusak barang di kamar atau di rumah. 

Fakta Unik Kucing Siam

Dari ulasan di atas, Blibli Friends pastinya sudah tahu kalau kucing ini adalah salah satu jenis kucing menyenangkan yang sangat cocok untuk teman di rumah terutama kalau kamu tinggal sendiri. Selain beberapa hal di atas, ras kucing yang satu ini memiliki beberapa fakta unik berikut, lho!

  1. Diyakini sebagai Ras Kucing Tertua

Kalau mendengar sejarah mengenai kucing, mungkin kamu menyangka kalau hanya kucing yang ada di Mesir yang termasuk jenis kucing peliharaan tertua. Padahal, di belahan dunia lain, banyak juga yang menjadikan kucing liar sebagai kucing domestik dan kucing itu adalah kucing Siam. Ya, dari manuskrip kuno yang ditemukan di Thailand, ditemukan kalau ada penggambaran mengenai kucing ini di abad ke-14. Kalau itu memang benar adanya, kucing ini bisa menjadi jenis kucing tertua di dunia. 

2. Pernah Diperlakukan Layaknya Bangsawan

Munculnya manuskrip yang menggambarkan tentang kucing ini sebenarnya bisa menjadi salah satu bukti bahwa kucing yang satu ini adalah kucing yang sangat disayang dan dipuja di masa itu. Hal itu sebenarnya bukan tanpa alasan karena keluarga kerajaan Thailand juga mengakui kalau kucing siam adalah binatang kesayangan para bangsawan di kerajaan. 

Hal yang membuat kucing ini banyak disayang adalah penampilannya yang sangat khas, nggak biasa, dan tentunya elegan serta cantik. Keluarga kerajaan bahkan memperlakukannya layaknya raja dan ratu. Uniknya, keluarga kerajaan sangatlah percaya kalau kucing ini akan menyerima jiwa mereka setelah mereka mati. Kucing siam akan menghabiskan sisa umurnya di kuil serta dimanjakan oleh para pendeta dan biarawan. 

3. Menjadi Primadona di Abad ke-18

Dari seluruh wilayah di Asia Tenggara, Thailand adalah satu-satunya negara yang nggak pernah dijajah oleh negara lain. Bahkan, Thailand juga telah berhasil berhubungan baik dengan beberapa wilayah di luarnya semenjak abad ke-18. Hubungan baik negara Thailand dengan negeri luar itulah yang membuat orang dari luar negeri mengetahui betapa keluarga kerajaan sangat mengagungkan kucing ini.

Bahkan, ibu negara Lucy Hayes yang merupakan istri Rutherford B Hayes (presiden Amerika di tahun 1877-1881) sampai memelihara kucing Siam ini. Kucing yang dipelihara tersebut adalah jenis kucing yang merupakan hadiah dari seorang diplomat AS yang bertugas di Thailand. Kucing tersebut diterima dengan baik dan bahkan tinggal di gedung putih selama presiden Hayes menjabat. Setelah itu, kucing siam juga menyebar ke seluruh dunia hingga masuk ke ajang cat show yang menjadikan ras kucing ini semakin dikenal. 

4. Warna Bulu Bisa Berubah

Variasi warna kucing siam bisa dikatakan luar biasa. Ada empat jenis lapisan bulu kucing siam yang terdaftar di Cat Franciers Association, yakni warna seal point, chocolate point, blue point, dan lilac point. Tapi, tahukah kamu? Warna tersebut ternyata nggak hanya ditentukan oleh genetika tetapi pada temperature dan suhu. Di usia beberapa minggu awal kelahiran, kamu akan melihat warna bulu anak kucing siam yang berubah-ubah karena menyesuaikan dengan suhu di sekitarnya. Jadi, ketika kucing berada di suhu di atas 37 dan 39 derajat celcius, warna kucing akan berubah terang karena pigmennya terhambat. Akan tetapi, kalau suhu turun, maka warna bulunya akan kembali aktif. 

5. Kucing Siam Asli Punya Bentuk Mata dan Ekor yang Berbeda

Kucing siam yang asli dan ras paling awal memiliki bentuk mata juling dan ekor bengkok yang khas. Sebenarnya, bentuknya tersebut berasal dari mutasi genetik. Dari sebuah legenda dinyatakan kalau sebenarnya kucing ini dirugaskan untuk menjaga piala emas milik raja. Sangking seriusnya mereka menjaga pialang emas, mata mereka lama-laa menjadi juling. Sembari menjaga, mereka juga mengaitkan ekornya pada piala supaya lebih aman. Dari legenda itulah akhirnya ekor kucing siam ini menjadi bengkok. Nah, meskipun kucing siam paling murni memiliki ciri ini, sekarang banyak peternak yang menghilangkan ciri tersebut karena dipandang cacat. 

6. Cerewet dan Berjiwa Sosial

Sudah disebutkan sebelumnya kalau kucing ini adalah salah satu kucing yang suka “berbicara”. Artinya, dia akan mengeong sepanjang waktu karena ingin diperhatikan. Kamu yang tinggal sendiri dan butuh teman bicara sebenarnya bisa menjadikan kucing ini sebagai teman bicara di rumah. Kucing siam juga akan menemanimu ke mana pun, lho!

7. Gelap Adalah Musuh

Berbeda dengan mayoritas kucing yang memiliki pengelihatan tajam terutama di kala gelap, kucing siam agak kesulitan membedakan detail dalam kondisi tanpa cahaya. Pigmen mata mereka yang biru adalah biang keladi dari hal ini. 

8. Bentuk Muka yang Berbeda-Beda

Dari warna, sebenarnya bisa langsung diketahui ras kucing yang satu ini. Tapi, ternyata bentuk muka kucing siam ini berbeda-beda, lho. Ada tiga jenis bentuk muka kucing siam, yakni bentuk apel bulat, bentuk baji dengan ciri khas moncong panjang, dan gabungan dari keduanya. 

9. Pernah Menggagalkan Upaya Spionase

Tahukah kamu? Ada kisah unik mengenai kucing siam yang dipelihara oleh kedutaan Belanda di tahun 60-an. Ketika itu, dua kucing siam peliharaan mereka seperti berhasil menggagalkan plot spionase atau mata-mata yang mengintai mereka. Di malam hari, kucing siam peliharaan itu menggaruki dinding karena mendengar sesuatu yang nggak bisa didengar telinga manusia. Setelah dinding dibuka, ternyata ditemukan 30 mikrofon kecil yang merekam semua percakapan dari kedutaan besar Belanda!

10. Pernah Menjadi Bintang Film

Sekarang ini, jenis film dengan binatang sebagai tokoh utama mungkin sudah banyak. Tapi, ternyata kucing siam merupakan salah satu generasi pertama dari binatang sebagai bintang film. Kala itu, ada film berjudul That Darn Cat!, The Lady and the Tramp, dan The Incredile Journey yang semuanya dibintangi oleh kucing siam sebagai bintang utama, lho!

______________________________

Baca juga: Tips Memilih Makanan yang Tepat Untuk Kucing

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai salah satu jenis kucing dengan popularitas tinggi di dunia hingga saat ini. Kalau kamu termasuk pencinta kucing, terutama kucing siam, lengkapi kebutuhan anabul kesayanganmu dengan membeli peralatan kucing di Blibli, ya. Harga diskon bisa kamu dapatkan ketika sedang ada promo, lho!

Dapatkan Berbagai Peralatan Kucing Terlengkap Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY