Selain Telinga Terlipat, Berikut Fakta Unik Lain dari Kucing Scottish Fold

kucing scotish fold

Siapa sih yang nggak kenal dengan ras kucing Scottish Fold? Kucing menggemaskan ini memang punya penampilan fisik yang beda dari ras pada umumnya. Scottish Fold punya ciri khas berupa kuping yang terlipat ke depan dan kaki yang pendek. Penampilannya yang membundar bikin siapapun gemas dan ingin memeluknya. Karena keimutannya ini, nggak mengherankan kalau Scottish Fold jadi salah satu ras yang paling most wanted di dunia. Selain keunikan dari segi fisik, tahu nggak kalau kucing ini ternyata punya sisi-sisi keunikan lainnya? Kupas habis di sini, yuk!


Baca juga: Obat Jamur Kucing yang Pecinta Kucing Wajib Tahu

Sejarah Kucing Scottish Fold

kucing scottish foldDari namanya saja, kamu pasti sudah bisa menebak asal-muasal dari kucing Scottish Fold ini. Yap, Scottish Fold berasal dari Skotlandia. Kucing putih bernama Susie adalah Scottish Fold pertama yang dikenal di dunia. Kucing ini menarik perhatian karena kondisi telinganya yang terlipat, beda dengan kucing-kucing lainnya. Si Susie ini pertama kali ditemukan oleh seorang petani di kawasan pertanian di Perthshire Skotlandia. Saat itu, dia dalam kondisi hamil dan melahirkan di rumah petani tersebut. 

Anak-anak kucing itu punya karakteristik yang sama dengan Susie, yaitu telinga yang terlipat. William Ross dan istrinya Rose yang kebetulan bertetangga dengan petani tersebut memutuskan buat mengadopsi salah satu anak kucing si Susie. Kebetulan, mereka berdua adalah pencinta kucing yang jatuh cinta dengan kucing yang unik ini. Dia bekerjasama dengan ahli genetik buat mengembangbiakkan kucing ras telinga lipat ini. 

Tapi, saat itu federasi GCCF menganggap genetik yang diturunkan kucing ras telinga lipat ini belum stabil. Hingga akhirnya mereka memutuskan buat menghapuskan ras kucing ini dari daftarnya. Sampai suatu ketika, kucing telinga lipat ini diboyong ke Amerika Serikat dan dikawinkan dengan ras American Shorthair dan British Shorthair. Hasil persilangan itu menunjukkan keturunan gen yang mulai stabil. Buat saat ini, ras Scottish Fold baru diakui oleh CFA (Cat Fanciers’ Association) dan TICA (The International Cat Association).

Jenis Ras Kucing Scottish Fold

Scottish Fold sebenarnya terbagi jadi 2 jenis, yaitu jenis kuping terlipat dan jenis kuping yang lurus. Semua anak kucing ini terlahir dengan kuping lurus. Baru deh setelah mereka menginjak usia 4 minggu, kuping mereka mulai terlipat. Tapi, nggak semua kucing bakal mengalami perkembangan ini. Di satu kelompok, bisa jadi ada beberapa kucing yang tetap punya telinga yang berdiri tegak seperti kucing-kucing pada umumnya. 

Scottish Fold yang bertelinga lurus biasanya juga disebut sebagai Scottish cat. Kemungkinan munculnya kucing dengan telinga terlipat di dalam satu kelompok juga random banget. Jadi, benar-benar tergantung keberuntunganmu. Karena kelangkaannya ini, nggak heran kalau kucing ini dijual dengan 3 – 6 juta rupiah di usia 3 bulan. Makin dewasa dan sehat si meong, makin mahal pula harga jualnya. 

Hal yang Harus Disiapkan untuk Memelihara Kucing Scottish Fold

Sudah bertekad buat beli kucing ini? Yang jelas,memelihara kucing ras satu ini nggak boleh sembarangan. Kamu harus lakukan persiapan ini terlebih dulu:

  1. Cari tahu breeder Scottish Fold yang profesional.
    Mereka harus bisa memberikan jaminan bahwa kucing yang dijual nggak memiliki penyakit genetik.
    Breeder yang bertanggung jawab juga bakal menyarankan kamu buat langsung steril Scottish Foldmu. Ini dilakukan buat mencegah pemacakan yang sembarangan sehingga mengakibatkan keturunan kucingmu mengalami cacat genetik.
  2. Berikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisinya.
  3. Ketahui penyakit bawaan genetiknya.
    Jangan sampai kamu beli Scottish Fold karena lucu, tapi nggak sanggup merawatnya saat dia sakit dalam jangka waktu panjang.
  4. Cari tahu kontak dokter hewan kredibel yang ada di kotamu.
    Jangan tunggu sampai kucingmu sakit, ya
  5. Selalu luangkan waktu bersosialisasi.
    Scottish Fold adalah kucing yang manja dan ramah. Jadi, dia bakal enjoy banget bercengkrama denganmu. Makanya, sediakan waktu paling nggak 15 – 30 menit buat mengajaknya bermain. Ini bisa bikin kucingmu terhindar dari rasa bosan dan kesepian. 

Fakta Unik Kucing Scottish Fold

scotish foldKeunikan perawakannya bukan satu-satunya hal yang bikin kucing ini kelihatan menarik. Fakta-fakta menarik tentang Scottish Fold ini dijamin bikin kamu jadi makin jatuh cinta dengan kucing ini.

  • Kucing Scottish Fold Berasal dari 1 Leluhur

Biasanya, para ahli bakal saling berdebat buat menentukan leluhur dari ras kucing tertentu. Beda cerita dengan kucing ini. Kucing dengan telinga lipat yang tersebar di seluruh dunia punya 1 leluhur, yaitu Susie. Pertemuan si meong Suzie dengan petani di Skotlandia lah yang memulai semua. Anak dari Susie yaitu Snooks dikembangbiakkan oleh William Ross yang bekerjasama dengan pakar genetika bernama Pat Turner. 

Hasil dari pengembangbiakan tersebut adalah 76 ekor anak kucing yang lahir di 3 tahun pertama, dengan 42 ekor punya telinga yang terlipat. Dari situlah, pengembangbiakan kucing ini terus berlangsung hingga sekarang. Jadi, bisa dibilang semua Scottish Fold yang lahir di dunia bawa bakat genetik dari si Susie. 

  • Asal-Muasal Telinga Kucing Scottish Fold yang Terlipat

Blibli Friends penasaran nggak sih dengan asal-muasal terbentuknya kuping Scottish Fold yang terlipat ini? Ternyata, keunikan fisik kucing ini berasal dari mutasi genetik yang nggak lengkap tapi dominan. Pernyataan ini dilansir dari The International Cat Association. Jadi, sebenarnya telinga kucing yang terlipat ini dihasilkan oleh kelainan genetik yang bermutasi. 

Sayangnya, mutasi genetik ini juga berdampak pada struktur tulang rawan kucing ini. Scottish Fold rentan banget memiliki struktur tulang rawan yang abnormal. Dan, itu bisa bikin masalah kesehatan yang lumayan gawat.

  • Kucing Ini Terlahir dengan Telinga yang Lurus

Blibli Friends mungkin mengira kalau Scottish Fold terlahir dengan telinga terlipat, kan? Nah, ternyata, anak kucing ini tetap terlahir dengan telinga yang tegak. Tapi, begitu memasuki usia 4 minggu, baru deh telinga mereka mulai terlipat. Ini hanya terjadi kalau mereka punya gen yang memungkinkan proses itu, ya. Peluang buat mendapatkan gen Scottish Fold memang acak. 

Bahkan, yang sering terjadi adalah anak kucing ini nggak mengalami perubahan apapun pada telinganya. Jadi paham banget kan kenapa harga kitten Scottish Fold saja bisa mencapai jutaan?

  • Kucing Scottish Fold Nggak Boleh Dikawinkan dengan Saudara Sedarah

Ini alasan kenapa Scottish Fold nggak boleh dipacakkan oleh sembarang orang. Soalnya, masih banyak orang yang belum aware kalau perkawinan sedarah bisa mengakibatkan cacat genetik. Makanya, Scottish Fold benar-benar dilarang keras buat dikawinkan dengan saudara sedarah atau orangtuanya. Buat saat ini, pemacakan yang terbukti sukses hanyalah dengan American Shorthair atau British Shorthair. 

Tapi, pemacakan dengan ras kucing lain ini juga memperkecil peluang kamu dapat jackpot Scottish Fold. Ya, mau gimana lagi. Kesehatan kucingmu dan keturunannya tetap harus jadi prioritasmu.

  • Karakter Kucing Scottish Fold

Nggak cuma penampilannya saja yang imut-imut. Kucing Scottish Fold ini juga punya karakter yang bikin gemas. Dia punya sifat yang ramah dan penyayang banget. Jadi, kucing ini memang cocok banget deh sebagai kucing rumahan. Kucing ini juga cocok banget buat tinggal di lingkungan yang dihuni banyak kucing. Soalnya, kucing ini memang pencinta damai dan rukun dengan kucing-kucing lainnya. 

Temperamennya juga tenang dengan meongan yang lembut, yang pastinya bikin meleleh. Kucing ini juga suka bermanja-manja dan bermain denganmu. Makanya, kamu dijamin terhibur dengan kehadirannya.

  • Hati-hati Saat Menggendong Mereka

Penampilan Scottish Fold yang menggemaskan memang bikin kamu ingin menguyel-uyelnya. Tapi, hati-hati saat menggendongnya ya. Soalnya, kucing Scottish Fold punya ekor yang terkadang kaku dan bikin dia merasa kesakitan saat disentuh. Kalau kamu ingin mengecek fleksibilitas ekor si kucing sih sah-sah saja. 

Tapi, lakukan dengan hati-hati pakai banget, ya! Kalau kamu ragu-ragu, sebaiknya nggak usah ambil resiko dengan menggendongnya. Ada banyak cara kok buat memanjakan kucingmu ini tanpa harus mengangkatnya.

  • Scottish Fold Jadi Satu-satunya Breed Kucing yang Disertakan dalam Kontes Kucing

Sebenarnya, Scottish Fold bukan satu-satunya jenis kucing dengan telinga terlipat. Di China juga ada jenis kucing dengan telinga lipat yang sempat muncul di berbagai media. Tapi, sayangnya kucing itu nggak sampai tahap dimana dia dikembangbiakkan sebagai breed atau trah. 

So far, cuma Scottish Fold yang diperbolehkan buat dipamerkan di ajang cat show yang diselenggarakan CFA. Tapi, nggak semua Scottish Fold bisa ikutan di ajang cat show ini. Hanya kucing dengan triple folds saja yang diperbolehkan masuk ke dalam ring.

  • Kucing Scottish Fold Diminati Selebritis Barat Papan Atas

Tahu nggak, ada banyak banget artis Hollywood dan musisi Amerika papan atas yang jatuh cinta dengan kucing ini. Salah satunya adalah Taylor Swift. Penyenandung lagu “Shake It Off” ini punya 2 ekor kucing ras Scottish Fold yang dinamai Meredith Grey dan Olivia Benson. Si duo kucing Scottish Fold ini selalu menemani hari-hari Taylor Swift. Bahkan, Taylor juga sering banget adakan photoshoot bareng kucing kesayangannya ini. 

  • Mereka Bisa Bikin Pose yang Aneh dan Unik

Kucing Scottish Fold sering banget dijadikan sebagai bahan meme. Soalnya, kucing ini memang sering banget berpose yang aneh-aneh dan lucu. Salah satunya, kucing ini bisa duduk tegak di kursi layaknya manusia. 

Ada kalanya, mereka juga berdiri tegak seperti manusia saat mendengar suara yang bikin penasaran. Tingkahnya ini memang menggemaskan banget. Sebagai owner, Blibli Friends harus siap sedia kamera, nih!

  • Kucing Scottish Fold Rentan Terkena Penyakit

Mutasi genetik yang dialami kucing Scottish Fold memang bikin penampilannya jadi ikonik dan unik. Tapi, hasil mutasi itu juga berdampak terhadap kesehatan si meong. Selain rawan terkena abnormalitas sendi, kucing Scottish Fold juga rentan banget terkena ginjal polikistik dan kardiomiopati. Ginjal polikistik adalah gangguan gara-gara munculnya kista pada organ ginjal. Sedangkan, kardiomiopati adalah penyakit keturunan akibat kelainan pada jantung.


Baca juga: Ini Tanda Kucing Sakit yang Perlu Diwaspadai

Itulah sisi-sisi menarik dan unik dari kucing Scottish Fold. Butuh peralatan kucing buat menyambut anggota barumu? Belanja saja di Blibli. Ada banyak banget penawaran belanja yang bisa kamu pakai. Jadi, Blibli Friends bisa beli berbagai perlengkapan kucing dengan harga yang terjangkau. Yuk, manjakan si meong bareng Blibli.

Rekomendasi Perlengkapan Lengkap untuk Kucingmu Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY