Jenis dan Fakta Unik Kucing Persia yang Wajib Kamu Tahu

kucing persia
Image Source: hemany.com

Nggak cuma untuk sekedar meramaikan suasana rumah, memiliki hewan peliharaan itu banyak manfaatnya, lho. Seperti menurunkan risiko stres hingga membuat tubuh jadi lebih fit. Kucing, seringkali jadi pilihan saat seseorang tertarik ingin memelihara hewan. Nggak heran, mengingat kucing merupakan salah satu hewan menggemaskan yang punya tingkah polah unik.

Persia jadi ras kucing yang sangat populer untuk dipelihara di rumah. Berbeda dengan kucing yang biasa kamu temukan di jalanan, kucing ras ini memiliki bulu yang lebih lebar dan halus. Pesonanya yang mudah mencuri perhatian ini membuat kucing ini memiliki harga yang cukup mahal. Belum lagi perawatannya pun harus lebih ekstra dibandingkan memelihara kucing biasa.

Sebagai penggemar kucing, khususnya ras persia, rasanya nggak lengkap jika kamu tak mengetahui bagaimana sejarah dari kucing persia. Langsung saja, simak sejarah kucing persia beserta jenis dan fakta uniknya dalam ulasan berikut.


Baca juga: Simak Cara Memandikan Kucing Tanpa Bikin Dia Stres

Sejarah Kucing Persia

kucing persiaRas kucing ini kabarnya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Sesuai dengan namanya, anabul ini berasal dari Persia, sebuah kerajaan di daerah Iran dan Afghanistan. Kucing ini mulai populer sejak abad ke-18, khususnya di Eropa. Banyak bangsawan Eropa yang begitu ingin memelihara kucing ini, nggak terkecuali Ratu Inggris saat itu, Ratu Victoria. Saking populernya, di Eropa bahkan pernah diadakan pameran kucing ini, lho. 

Kalau dilihat dari bentuknya, umumnya Persia memiliki wajah berbentuk bulat dengan moncong pendek, dan bulu yang sangat panjang. Bulu yang panjang ini perlu kamu rawat dengan baik dan nggak boleh sembarangan. Jika di Indonesia populer disebut dengan Persia, mayoritas penduduk Inggris menyebutnya dengan sebutan Persian Longhair.

Lahirnya kucing ras ini didapat dari kawin silang antara kucing berbulu putih dan kucing berbulu hitam. Para penggemar kucing lalu terus melakukan pengembangbiakan pada ras kucing ini. Jadi nggak heran, jika sekarang Blibli Friends bisa menemukan kucing Persia dengan berbagai macam warna bulu yang mempesona.

Jenis Ras Kucing Persia

Sama seperti ras kucing lainnya, persia juga memiliki beberapa jenis ras loh. Untuk lebih memudahkan kamu memilih jenis ras yang tepat, intip jenis ras kucing Persia berikut.

  • Kucing Himalaya

kucing persia
Image Source: vetstreet.com

Dibandingkan dengan jenis ras kucing Persia yang lain, ras Himalaya memiliki bulu yang lebih panjang dan tebal. Bagian hidungnya juga tidak se-pesek (datar) Persia pada umumnya. Ini yang membuat kucing Himalaya nggak semahal ras lainnya. Konon katanya, semakin datar hidung kucing Persia, harganya akan semakin mahal.

Beberapa menyebut ras Himalaya dengan kucing colorpoint. Pasalnya, kucing ini memiliki warna rambut yang berpola. Di mana hanya beberapa bagian tubuhnya saja yang memiliki warna tertentu. Seperti adanya warna cokelat tua pada sisi hidung, ekor, wajah, atau ujung kaki. 

Ciri khas inilah yang membuat banyak orang tertarik dengan kucing ras Himalaya. Jika kamu bisa merawatnya dengan baik, kucing Himalaya bisa memiliki bobot hingga 6 kg dan memiliki usia hingga 15 tahun, lho. Meski memiliki hobi tidur, jenis ras kucing ini nggak suka melompat atau memanjat sembarangan. Kamu jadi bisa lega, nggak khawatir perabotan rusak karena kucing.

  • Kucing Flatnose

kucing persia
Image Source: qomaruna.com

Dari namanya saja, sudah bisa disimpulkan jika jenis ras ini memiliki bentuk hidung yang begitu pesek atau datar. Bahkan, saking kecilnya, hidung kucing Flatnose terlihat sejajar dengan matanya, lho. Bentuk kepalanya terlihat lebih kotak, sehingga membuat bagian pipinya lebih lebar dan chubby. Keunikan ini membuat kucing Flatnose tampak begitu lucu dan menggemaskan.

Kucing yang cenderung gemuk ini begitu populer di Amerika Serikat. Ras Flatnose cenderung nggak setenang kucing Himalaya. Kucing ini suka bermain dengan benda di sekitarnya dan lari kesana-kemari. Jika tertarik ingin memelihara Flatnose, sebaiknya kamu memberikan dia ruang bermain yang cukup luas. Jauhkan juga kucing ini dari perabotan rumah tangga yang mudah pecah. 

  • Kucing Medium

Image Source: kucingklik.com

Keunikan yang dimiliki kucing Medium juga terletak dari hidungnya. Pasalnya, jenis ras kucing ini memiliki ukuran hidung yang bisa dibilang nanggung. Nggak sedatar ras lainnya namun juga nggak sepanjang milik kucing Himalaya. Jika kamu ingin memiliki kucing pesek namun yang nggak datar banget, ras ini bisa jadi pilihan. Meski hidungnya terkesan nanggung, bulu kucing Medium jadi yang paling lebar, lho dibandingkan ras kucing Persia yang lain.

Ada dua jenis kucing Medium yang populer, yaitu Medium Shorthair dan Medium Longhair. Dibandingkan Medium Shorthair, kucing Medium Longhair memiliki bulu rambut yang lebih mahal. Untuk harganya, kucing Medium terbilang cukup murah di antara kucing Persia lainnya.

  • Kucing Peaknose

Image Source: hewany.com

Hidung pada kucing Flatnose memang pesek, namun tetap nggak se-pesek yang dimiliki kucing Peaknose. Hidungnya yang paling pesek, membuat harga kucing ini sangatlah mahal. Bahkan, kucing Peaknose yang dewasa memiliki harga sampai ratusan juta rupiah, lho. Apalagi jika yang kamu beli adalah jenis Peaknose ekstrim, bersiaplah untuk mengeluarkan bujet lebih mahal lagi. Jika kamu menemukan kucing Persia dengan hidung sangat datar atau bahkan terlihat tak berhidung dari samping, bisa dipastikan itu kucing Peaknose ekstrim.

Hal yang Harus Disiapkan untuk Memelihara Kucing Persia

Peralatan makan-minum dan kandang kucing tentu jadi kebutuhan penting saat kamu memutuskan untuk memelihara kucing. Selain kedua hal tersebut, yuk simak apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memelihara kucing ini.

  • Kasur Kucing

tempat tidur anjing 17 kasur kucing kasur anjing tempat tidur kucing
tempat tidur anjing 17 kasur kucing kasur anjing tempat tidur kucing

Persia termasuk jenis kucing yang suka malas-malasan dan berdiam di satu tempat. Selain memiliki kandang, kamu sebaiknya juga memiliki kasur khusus kucing. Saat mereka ingin sekedar santai duduk mengisi waktu luang, mereka bisa duduk di kasur khusus ini tanpa mengotori kasur pribadi atau kursi kamu dengan bulu mereka.

  • Mainan Kucing

Mainan Kucing Bola Tanpa Krincing Mini Cat Toys Dog Toys Bola 1pcs Bola Kain
Mainan Kucing Bola Tanpa Krincing Mini Cat Toys Dog Toys Bola 1pcs Bola Kain

Meski cenderung malas dan nggak aktif, bukan berarti kamu nggak memberinya mainan kucing, ya. Untuk menjaga mental si kucing, kamu tetap perlu memberinya mainan kucing. Saat sedang ditinggal sendiri di rumah, kucing Persiamu juga nggak akan mudah bosan.

  • Kebutuhan Perawatan

Perlengkapan Kucing Perawatan Kucing Gunting Kuku Kucing Murah Alat Grooming Kucing Potong Kuku
Perlengkapan Kucing Perawatan Kucing Gunting Kuku Kucing Murah Alat Grooming Kucing Potong Kuku

Kucing ini memiliki bulu yang cenderung lebar dan panjang, sehingga kebutuhan perawatannya harus lebih lengkap. Kamu perlu memiliki peralatan grooming sendiri untuk menjaga kucing tetap lucu dan rapi. Beberapa alat grooming yang wajib kamu miliki seperti sisir, alat cukur, sikat bulu, hair dryer kucing, pemotong kuku, dan nggak lupa perlengkapan mandinya juga, ya.

Fakta Unik Kucing Persia

Source by pinterest.com

Setiap ras kucing tentu memiliki keunikan dan karakteristik masing-masing, begitu pula dengan kucing ini. Untuk lebih mengenali hewan peliharaanmu, simak fakta unik Persia berikut.

  • Punya Banyak Warna Bulu

Kamu salah jika beranggapan kucing Persia hanya identik dengan warna bulu putih atau biru saja. Faktanya, kucing ini punya banyak warna bulu, lho. Di antaranya seperti warna hitam, abu-abu, bahkan ada juga yang  memiliki tiga warna berbeda sekaligus. Blibli Friends paling suka Persia warna apa, nih?

  • Awalnya Persia Nggak Pesek

Saat ini, kucing Persia memang terkenal dengan ciri khas hidungnya yang pesek. Tapi tahukah kamu jika awal kemunculan Persia memiliki hidung yang biasa dan nggak pesek. Barulah pada tahun 1950-an dilakukan mutasi genetik yang melahirkan kucing pesek dengan wajah datar.

  • Risiko Banyak Masalah Kesehatan

Hidung kucing Persia yang pesek memang jadi keunikannya. Namun, jika dilihat dari kacamata kesehatan, hidung pesek ini nggak sepenuhnya lucu. Hidung kucing yang pesek dianggap bisa membuat kucing mudah mengalami masalah kesehatan, seperti masalah pernafasan, kesulitan makan, dan lain sebagainya. Sebagai pemilik kucing Persia pastikan kamu menjaga kesehatan kucing dengan baik, ya.

  • Nggak Suka Keramaian

Kamu mungkin terkejut dengan fakta unik satu ini. Faktanya, kucing Persia memang cenderung hewan yang introvert dan nggak suka dengan keramaian. Jadi, jangan terlalu sering ajak kucing berada di luar rumah, ya. Meski suka menyendiri, pastikan kamu nggak lupa ajak kucing kesayangan untuk main bersama.

  • Tak Bisa Lompat Jauh

Bobot kucing Persia yang cenderung besar membuat kucing ini malas untuk bergerak lincah, seperti melompat jauh di udara. Sehingga bukan jadi persoalan yang aneh jika kucing Persia kamu nantinya lebih suka berada di dataran rendah dan memilih tidur atau malas-malasan.

  • Mudah Beradaptasi

Kucing Persia memang lebih suka bermalas-malasan dalam kesunyian. Namun, di sisi lain, ras kucing ini bisa dengan mudah beradaptasi dengan orang baru, lho. Kucing bisa langsung ramah dan manja meski baru bertemu kamu pertama kali. Tentunya saat dia nggak malas jalan kaki.

  • Pemenang Kontes Pertunjukan Kucing Pertama

Pada tahun 1871 lalu pertama kalinya diadakan kontes kucing. Kontes ini diikuti oleh berbagai ras kucing yang paling eksotis dan lucu di dunia, nggak terkecuali kucing Persia. Siapa sangka kucing Persia berhasil memenangkan kontes tersebut.

  • Populer di Kalangan Bangsawan dan Selebriti

Ratu Victoria bukanlah satu-satunya bangsawan yang suka dengan ras kucing Persia. Masih banyak lagi bangsawan yang memilih memelihara kucing ini, di antaranya seperti Marlyin Monroe, Florence Nightingale, dan masih banyak lagi.

  • Bisa Hidup Sampai 15 Tahun

Jika dirawat dengan baik, kucing Persia bisa memiliki umur hingga 15 tahun, lho. Usia ini tentu lebih lama dibandingkan kucing kampung yang hidup di luar rumah. Tapi ingat, usia ini bisa tercapai hanya jika kamu merawat kucing Persia dengan baik.

  • Punya Lukisan Kucing Terbesar di Dunia

Image Souce: ABCnews.go.com

Pada sebuah Lukisan bernama “My Wife’s Lovers” terlihat ada sosok dua kucing sebagai objek utamanya, yakni kucing Persia dan kucing Anggora. Lukisan ini bahkan disebut-sebut sebagai Lukisan kucing terbesar di dunia, lho. Harganya bahkan mencapai 820.000 dolar Amerika.

Nah, itu tadi fakta unik kucing Persia yang mungkin belum kamu ketahui. Untuk membuat kucing kamu merasa nyaman, pastikan kamu nggak lupa untuk melengkapi semua kebutuhannya, ya. Khususnya alat cukur kucing.


Baca juga: Daftar Vaksin Kucing yang Wajib Diberikan

Kabar baiknya, peralatan kucing satu ini bisa Blibli Friends beli secara online tanpa keluar rumah di Blibli. Selain alat cukur, masih banyak peralatan kucing lainnya yang bisa kamu temukan, seperti pet training, alat potong kuku, obat kucing. Banyaknya promo di Blibli bisa membuat kamu beli latan kucing tersebut dengan harga murah, lho Friends!

Rekomendasi Peralatan Kucing Terlengkap Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY