Fakta Unik Munchkin si Kucing Imut nan Menggemaskan

Kucing Munchkin
Image Source: infobinatang.com

Siapa yang nggak kenal kucing? Hewan berbulu ini begitu menggemaskan. Tingkahnya pun lucu karena kucing suka bermain. Dia juga gesit meskipun pembawaannya terkesan kalem. Nah, spesies kucing tak hanya ada satu saja. Namun, ada banyak ras kucing. Salah satunya adalah kucing Munchkin. Ini merupakan salah satu ras yang bisa dikategorikan cukup unik.

Berkat keunikannya tersebut, Munchkin ini punya tempat sendiri di hati penggemar kucing. Akan tetapi, karena dia berbeda, kucing ini juga menyebabkan kontroversi. Namun, tetap saja Munchkin menjadi salah satu ras kucing yang terkenal. Bahkan, ada juga yang sampai menjadi selebgram. Sebab, saking lucunya kucing yang satu ini. Yuk, simak ulasan selengkapnya tentang kucing Munchkin! 


Baca juga: Tips Manjain Kucing di Rumah Biar Tetep Bersih dan Sehat

Sejarah Kucing Munchkin

kucing Munchkin
Image Source: hewanee.com

Kucing Munchkin merupakan ras kucing dengan kaki pendek yang terbentuk karena adanya mutasi genetik secara alami. Nah, ras ini dikembangbiakkan pertama kali sekitar tahun 1980-an di Amerika Serikat, yang merupakan negara asalnya. Karena kaki pendeknya tersebut, kini Munchkin adalah ras kucing dengan kaki paling mungil di dunia. Terus, bulunya juga ada yang panjang dan pendek, lho, ternyata.

Ada sedikit cerita tentang sejarah kucing ini. Jadi, di tahun 1944, ada seorang dokter hewan yaitu H.E. Williams. Dia memberi penjelasan mengenai empat generasi ras kucing, yang punya ciri khas berkaki pendek dan mereka hidup liar di Inggris. Kondisinya sehat dan mereka lincah seperti musang. Tapi, saat Perang Dunia II, kucing-kucing ini hilang.

Kemudian, pada tahun 1953, ada seorang yang berasal dari negara Jerman yaitu Max Von Egon. Dia memberitahu sang dokter, bahwa dia melihat seekor kucing berkaki pendek di kota Stalingrad, yang sekarang jadi Volgograd, di Rusia. Tapi, nggak ada kabar lagi tentang kucing in selama 30 tahun.

Hingga kemudian, pada tahun 1983, ada seorang guru musik bernama Sandra Hochenedel dari Lousiana, Amerika Serikat. Dia menemukan dua ekor kucing betina unik yang berkaki pendek. Dua kucing itu terjebak di bawah truk karena mereka dikejar anjing. Ternyata, dua kucing tersebut sedang hamil. Sandra menyelamatkan mereka, dan menamai keduanya Blueberry dan Blackberry.

Anak-anak Blacberry ada yang berkaki pendek seperti ibu mereka. Lalu, salah satu anak Blackberry dikirimkan ke seorang teman Sandra, yang bernama Kay LaFrance. Akhirnya, kucing tersebut dinamai Toulouse. Kemudian, Toulouse dikembangbiakkan oleh Kay. Hingga, dia menghasilkan banyak kucing dengan kaki pendek. 

Kay tidak mengebiri Toulouse, dan membiarkan dia bebas berkeliaran di luar rumah. Ketika itulah, sudah banyak populasi kucing jalanan dengan kaki pendek. Nah, Toulouse dan Blackberry disebut-sebut sebagai pendahulu, yang menjadi awal kelahiran ras Munchkin. 

Ras ini kemudian diberi nama Munchkin, yang berasal dari karakter bernama “Munchkins”. Ini adalah karakter orang kerdil di dalam film The Wizard of Oz yang terkenal pada masanya. Unik juga, ya, sejarah ras kucing ini. Kalau mau memelihara kucing ini sekarang juga bisa, lho. Simak persiapannya dulu, yuk!

Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Memelihara Munchkin

Pertama, kenali dulu karakter kucing ini. Kucing Munchkin itu mudah bergaul dan sangat ceria. Mereka suka berlari dan mengejar, serta bermain dengan mainan. Kucing ini juga menyukai teman, seperti anak-anak, juga anjing dan hewan peliharaan yang lain.

Lalu, kucing Munchkin membutuhkan perawatan supaya dirinya bersih dan nyaman. Kamu cukup memberikan perawatan sedang saja. Kemudian, Munchkin sangat cocok hidup di dalam ruangan. Jadi, siapkan tempat yang nyaman di dalam rumah buat dia. Selain itu, kucing ini nggak galak dan justru sabar, lho. 

Fakta Unik Munchkin  

munchkin
Image Source: IDN Times

Berikut fakta-fakta unik tentang kucing Munchkin yang menarik untuk diketahui:

  1. Berat rata-rata.
    Rata-rata Munchkin jantan punya berat 3 – 4 kg. Kalau Munchkin betina beratnya rata-rata 2 – 3,6 kg. Bulunya yang bisa pendek atau panjang juga berwarna macam-macam.
  2. Penemu kucing Munchkin.
    Sandra dan temannya, Kay, penemu ras Munchkin, bekerja sama dengan ketua International Cat’s Association (TICA). Mereka mempelajari ras kucing ini. Akhirnya mereka mengenalkan ras Munchkin pada dunia di bulan September 1994.
  3. Penyebab kaki kucing Munchkin pendek.
    Kaki pendek Munchkin disebabkan oleh mutasi genetik yang langka. Menurut Vetinfo, gen kaki pendek ini bisa cukup berbahaya. Kalau embrio kucing Munchkin menerima dua gen dari kedua induk, kemungkinan embrionya takkan selamat. Seekor kucing cuma perlu satu aliran gen, agar bisa lahir berkaki pendek.
  4. Banyak kontroversi.
    Sejak dikenalkan ke publik di tahun 1991, banyak kontroversi tentang ras kucing ini. Sejumlah pihak menilai kucing Munchkin bakal mengalami gangguan kesehatan dikarenakan kaki pendeknya. Ada yang bilang, memelihara Munchkin berarti mengembangbiakkan kucing cacat.
  5. Penolakan dari FIFe.
    Sejumlah organisasi pecinta dan penyayang kucing ada yang nggak mendukung ras kucing Munchkin. Fédération Internationale Féline (FIFe) merupakan federasi yang memiliki anggota 42 sub-organisasi penyayang kucing di berbagai benua seperti Asia, Eropa dan Amerika Selatan ini, menolak Munchkin sebagai jenis ras baru pada kucing. Begitu juga dengan Cat Fancier’s Association yang merupakan organisasi penyayang kucing paling besar di dunia.
  6. Tetap jadi kesayangan.
    Walau menuai kontroversi, kucing Munchkin tetap jadi kesayangan. Kucing yang berkaki pendek ini kelihatan lucu dan menggemaskan, apalagi saat berjalan dan berlari. Mereka juga enerjik dan suka banget bermain. Makanya,
    kucing Munchkin tetap jadi primadona.
  7. Munchkin itu sehat, lho!
    Nggak seperti kontroversi tentang mereka, ras kucing Munchkin sama sehatnya dengan kucing-kucing lainnya. Mereka bisa hidup sampai selama 15 tahun. Namun, anak kucing Munchkin memang lebih rentan terhadap
    lordosis. Ini adalah gangguan di otot pada tulang belakang. Tapi, ini gangguan yang juga bisa dialami ras kucing lainnya.
  8. Kucing Munchkin cocok buat hewan peliharaan.
    Sebab, mereka lincah banget bergerak. Mereka senang bermain di dalam rumah juga. Malah lebih baik memeliharanya di dalam rumah biar mereka nggak diserang hewan-hewan yang berbadan lebih besar di luar sana.
  9. Munchkin Terbesar.
    Oh iya, ada seekor kucing Munchkin yang tercatat di dalam Guinness’ Book of Record. Kucing tersebut bernama Lilieput, dia tercatat sebagai kucing paling mungil di dunia. Tingginya 13,34 cm dari bahu ke lantai. Pemiliknya bernama Christel Young. Christel menemukan Lilieput saat kucing tersebut berumur 2 tahun. Lilieput tak jarang dicemooh, karena memiliki bentuk fisik yang aneh. Namun, sang pemilik tetap sayang kepadanya.
  10. Termasuk kucing penyabar.
    Selain lincah dan senang bermain, kucing Munchkin memiliki karakteristik lainnya yaitu penyabar. Kucing ini sabar dengan anak-anak, dan juga hewan peliharaan lainnya di rumah. Makanya, kucing ini cocok dipelihara karena dia beneran suka berteman, dan kucingnya ramah.

Jenis Hewan Berkaki Pendek Lainnya 

Menggemaskan, ya, kucing Munchkin. Terutama karena kaki-kakinya yang pendek dan mungil. Lucu banget saat melihatnya berjalan atau berlarian. Selain ras kucing Munchkin, ada juga hewan-hewan lainnya dengan kaki pendek. Mereka begitu unik dan juga menarik. Berikut hewan-hewan tersebut:

  1. Kelinci Pygmy

munchkin - pygmy
Image Source: weather.com

Kelinci ini tidak hanya berkaki pendek tapi juga berbadan mungil. Panjang tubuhnya hanya sekitar 24-29 cm. Maka dari itu, Pygmy Rabbit yang memiliki nama Latin Brachylagus idahoensis, menjadi kelinci paling kecil di dunia. Kelinci Pygmy dewasa beratnya hanya 400 gram. Kelinci ini ditemukan pertama kali di Amerika Utara. 

Mereka tinggal di area yang memiliki tanah dalam yang ditumbuhi semak-semak kecil. Nah, kelinci ini bersembunyi di dalam semak-semak tersebut untuk melindungi diri sekaligus menjadikannya sumber makanan. Selain itu, semak ini melindungi mereka dari hewan pemangsa. 

2. Pembroke welsh corgi

Image Source: akc.org

Pembroke welsh corgi Ini adalah ras anjing berkaki pendek dengan ekspresi wajah yang ceria. Wajahnya lucu dan juga menggemaskan. Selain itu, gerakan anjing ini sangat cepat. Dia pun lincah, suka berlari dan melompat. 

Anjing ini punya telinga yang lebar dan besar. Namun, telinganya itu nggak terkulai dan bahkan selalu kelihatan berdiri tegak. Gemas, ya. Spesies anjing ini pas banget dijadikan peliharaan di dalam rumah. Kakinya sangat pendek dan badannya kecil. Cocok jadi sahabat kamu maupun anak-anak.

3. Basset hound

Image Source: Pexeles

Masih dari spesies anjing. Kebanyakan hewan berkaki pendek merupakan ras anjing yang juga cocok dijadikan peliharaan. Basset hound berbeda dari anjing pada umumnya. Spesies anjing ini berlari dengan lambat. Menurut laman Doggiedesigner, hal tersebut karena Basset hound memiliki badan gemuk dengan kaki yang pendek. 

Di samping itu, anjing ini terkenal memiliki ekspresi wajah murung dan sedih. Sementara, telinganya lebar dan terkulai. Meskipun wajahnya melankolis, tapi anjing ini baik hati dan ramah. Dia juga gampang bersosialisasi dan berteman dengan hewan peliharaan lainnya, termasuk kucing. 

4. Pygmy Marmoset

Image Source: pinterest

Pygmy Marmoset atau Dwarf Monkey dengan nama Latinnya Cebuella pygmaea, adalah monyet paling kecil di dunia. Tentu saja kakinya sangat pendek, begitu pula tangannya. Nah, monyet ini berasal dari hutan tropis Brazil, Kolombia, Ekuador, Peru dan Bolivia. Badannya nggak termasuk ekor, memiliki panjang 14 – 16 cm. Mereka mempunyai tubuh yang berukuran kecil banget, beratnya waktu baru lahir hanya sekitar 15 gram. Mungil sekali, ya.

5. Paedophryne amuensis

munchkin
Image Source: reddit

Nah, spesies yang ini unik banget, karena merupakan jenis hewan amfibi. Berbeda dari hewan-hewan lainnya yang ada di dalam daftar ini. Paedophryne amauensis adalah jenis ikatan yang paling kecil di dunia. Katak ini pertama kali ditemukan di New Guinea pada tahun 2009. Jadi, bisa dibilang ini merupakan spesies katak yang tergolong baru. Bahkan, tercatat katak mungil ini belum memiliki nama sebutan selain nama Latinnya. Ukuran badannya sekitar 7,7 mm saja. Tubuh mungilnya tersebut juga menjadikan katak ini hewan bertulang punggung yang terkecil di dunia.

Jadi, itulah hewan-hewan dengan kaki pendek, dan sekaligus ada yang berbadan mungil. Sampai mereka diklaim sebagai hewan terkecil di dunia. Unik, ya. Ada juga yang cocok dijadikan hewan peliharaan. Apalagi, seperti anjing dan kucing yang bertubuh mungil dan lucu.


Baca juga: Perbedaan Kucing Anggora dan Persia, Sudah Tau?

Nah, sekarang udah kenal dengan kucing Munchkin, ya. Kalau kamu mau pelihara kucing, Munchkin bisa jadi pilihan tepat. Selain mungil berkaki pendek, kucing ini juga lincah, ramah dan senang berteman. Sebelum mulai memelihara, siapkan dulu peralatan kucing di rumah kamu. Kamu bisa beli semua peralatan kucing di Blibli! Produknya lengkap banget dan harganya juga murah. Banyak diskonnya. Nikmati juga semua promonya! 

Temukan Peralatan Kucing Terlengkap Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY