Keunikan Kucing Anggora yang Dipelihara Sejuta Umat

kucing anggora

Buat pencinta anabul pastilah nggak asing dengan nama Anggora, kan? Anggora terbilang sebagai salah satu ras yang populer dan paling banyak dicari. Kucing ras satu ini memang punya perawakan yang elegan dan menghipnotis banget. Ia juga tergolong kucing yang istimewa, karena nggak banyak orang yang bisa memeliharanya. Tahu nggak, ternyata ada banyak banget sisi menarik dari kucing ras unik satu ini, lho. Apa saja nih fakta menarik seputar kucing Anggora yang harus kamu tahu?


Baca juga: 10 Peralatan Penting untuk Merawat Kucing

Sejarah Kucing Anggora

kucing anggoraKucing Anggora memang populer banget dengan penampilannya yang menyerupai kucing para ratu. Tapi, tahu nggak asal-muasal dari kucing ini justru berasal dari kucing hutan? Kucing ini adalah kucing ras asli Turki yang dulunya berkeliaran di pegunungan Angkara di Turki. Pegunungan ini dikenal dengan perubahan iklimnya yang ekstrim, apalagi di musim dingin. 

Dari situlah, kucing ini mengalami seleksi alam dengan hanya kucing dengan bentuk bulu yang tebal dan kekebalan tubuh yang kuat saja yang bisa bertahan. Sampai pada akhirnya, kucing ini banyak dijinakkan oleh penduduk kota Angkara. 

Kecantikan kucing ini bikin masyarakat kota itu sangat bangga dengannya. Kucing ini kemudian dihadiahkan buat para pedagang dan pendatang yang singgah di kota tersebut. Sampai pada akhirnya, para pedagang asal Eropa itu membawa pulang kucing ini ke kampung halaman mereka. Di situlah, kucing ini semakin banyak dikembangbiakkan. Populasinya pun menyebar ke berbagai penjuru dunia. 

Jenis Ras Kucing Anggora

Setelah diboyong ke benua Eropa, kucing Anggora mulai dikawinsilangkan dengan berbagai jenis ras kucing. Banyak breeder yang memacakkan kucing ini dengan kucing ras Persia. Tapi, ada juga beberapa kasus dimana kucing ini kawin atau dikawinkan dengan jenis kucing kampung. Karena banyaknya kawin silang yang terjadi, saat ini ada 3 jenis kucing keturunan ras ini yang menarik buat diketahui. Apa saja?

  • Kucing Ras Anggora Murni

Image Source: kandangkucing.com

Kucing ras ini termasuk kucing yang paling langka. Soalnya kebanyakan ras kucing ini memang sudah dikembangbiakkan dengan ras kucing yang beda. Buat jaga kemurnian trahnya, pemerintah Turki sampai bikin program pengembangbiakan terkontrol khusus buat ras kucing satu ini di Kebun Binatang Angkara. Semua kucing yang ingin didaftarkan di bawah nama kucing Anggora harus punya sertifikat yang berasal dari kebun binatang ini.

  • Kucing Ras Anggora X Persia

Jenis kucing ras keturunan yang lumayan umum ditemui adalah persilangan antara Anggora dan persia. Jenis satu ini biasanya punya ciri khas yang dimiliki oleh Anggora maupun persia. 

Misalnya, kucing itu punya bulu yang tebal dengan ekor kemoceng seperti kucing Persia. Tapi, dia punya bentuk wajah dan hidung yang mirip dengan kucing persia. Kucing ras ini cukup populer. Selain lebih gampang ditemui daripada kucing ras asli, jenis kucing satu ini juga dijual dengan harga yang lebih murah.

  • Kucing Ras Anggora X Kampung

Perkawinan antara kucing Anggora dan kucing kampung lebih sering bersifat insidental, alias nggak disengaja. Tapi, ada juga kok breeder yang sengaja mengawinkan kucing ini dengan kucing kampung. Persilangan ini hasilkan kucing dengan bentuk wajah khas kucing kampung. 

Tapi, bulunya sedikit lebih panjang dan mirip dengan Anggora. Keunggulan jenis kucing ini adalah, mereka punya kekebalan tubuh dan kecerdasan yang terbaik. Kucing jenis ini dijual dengan harga yang lebih murah di antara ketiga jenis Anggora yang ada.

Hal yang Harus Disiapkan untuk Memelihara Kucing Anggora

kucing anggoraTertarik buat pelihara kucing Anggora? Eits, ada beberapa hal yang harus Blibli Friends siapkan. Yuk, simak hal-hal apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum memelihara kucing Anggora.

  1. Pilih makanan yang tepat.
    Kucingmu butuh asupan omega 3 dan 6 serta amino acid buat jaga kesehatan kulit dan bulunya. Selain itu, kucing ini juga butuh kandungan taurin buat menjaga penglihatannya. Selain itu, kandungan antioksidan juga bisa bantu memperkuat daya tahan tubuhnya.
  2. Sediakan litterbox atau kotak kotoran dan kandang buat si meong.
    Pastikan ukuran
    litterbox cukup buat menampung seluruh badannya. Kandang yang kamu beli juga jangan sampai terlalu kecil. Supaya kucingmu mau pakai litterbox, selalu letakkan kotak tersebut di pojok ruangan yang tenang dan jauh dari keramaian. Jangan lupa bersihkan kandang dan litterbox secara rutin, ya!
  3. Sedia obat-obatan dan vitamin.
    Kucing ini memang punya daya tahan tubuh yang tangguh. Tapi, nggak menutup kemungkinan kucing kesayanganmu ini bisa jatuh sakit. Makanya, sebaiknya kamu sediakan obat-obatan dan vitamin penambah daya tahan tubuh buat berjaga-jaga. Punya kontak dokter hewan juga penting banget, nih. Nggak cuma memeriksa kucing saat sakit, kamu juga bisa bawa si meong ke dokter hewan buat jadwalkan vaksinasi. 

Fakta Unik Kucing Anggora

Ingin tahu apa saja sisi keunikan dari kucing Anggora? Yuk, simak ulasannya di sini.

  1. Ras Murni Kucing Anggora Nyaris Punah

Biarpun sempat populer dan dikembangbiakkan di berbagai negara, ras ini ternyata sempat terancam punah, lho. Gara-garanya adalah karena pemacakan yang nggak terkontrol di tahun 1900-an. Ras kucing ini dikawinkan dengan berbagai jenis ras kucing tanpa berpikir akan kelangsungan genetik murninya. 

Populasi Anggora sempat dianggap punah, sampai di tahun 1950, seorang tentara asal Amerika Serikat menemukan ras asli ini di kota Angkara. Dia pun membawa kucing ini buat dikembangbiakkan, kali ini secara lebih hati-hati di Kebun Binatang Angkara. Pemerintah Turki pun langsung follow up dengan menobatkan kucing ini sebagai warisan nasional yang harus dilestarikan. 

2. Ukuran Kucing Anggora

Anggora memang kelihatannya besar banget, karena bulunya yang tebal. Tapi, ternyata kucing ini punya ukuran tubuh yang kecil hingga medium. Anggora dewasa rata-rata berbobot sekitar 2 hingga 4 kilogram. Anggora jantan biasanya memang punya ukuran tubuh yang lebih besar dibanding kucing betina. Berat badannya juga biasanya lebih berat dari si betina. Kebayang kan kegagahannya?

3. Jenis Warna Kucing Anggora

Anggora murni, atau Turkish angora biasanya punya bulu berwarna putih bersih seperti salju. Dari situlah yang bikin banyak orang jatuh cinta dengan kucing ras ini. Kucing ini biasanya punya bulu yang lebih tebal di bagian kerahnya. Dia jadi kelihatan megah seperti kucing ningrat, kan? Selain warna putih, Anggora ini juga punya corak warna yang beragam seperti jenis kucing lainnya. 

Mulai dari warna solid hingga warna berpola, seperti motif tabby, calico, dan tortoise shell. Warna mata kucing ini juga bervariasi. Nggak cuma warna biru saja, ada juga jenis dengan warna mata emas, amber, hijau, hingga heterochromia.

4. Legenda Kucing Anggora

Ternyata, ada legenda menarik seputar Anggora, lho. Buat Blibli Friends yang beragama Islam pastilah pernah dengar nama Muezza, kan? Muezza adalah kucing betina kesayangan Rasulullah. Legenda soal kucing ini sudah banyak banget diketahui oleh mayoritas orang muslim. Pastinya, Blibli Friends penasaran dong dengan asal trah kucing Muezza ini. Nah, konon si Muezza adalah kucing jenis Anggora dengan motif tabby. 

Selain itu, ada juga nih legenda yang lumayan populer di kalangan warga Turki. Katanya, pendiri Turki yang bernama Mustafa Kemal Ataturk bakal terlahir kembali ke dunia dengan mengambil bentuk sebagai Anggora putih bermata heterochromia. Alias, kucing itu bakal punya warna mata yang berbeda. Nggak heran, kucing dengan kelainan genetik heterochromia ini begitu dihormati oleh masyarakat Turki. 

5. Perawatan Kucing Anggora

Ras kucing panjang hampir selalu identik dengan cara perawatan yang ribet dan makan banyak biaya. Tapi, ternyata Anggora adalah pengecualian. Yap, perawatan kucing ini ternyata nggak seribet kucing persia dan kucing-kucing bulu panjang lainnya. Biarpun bulunya panjang, bulunya biasanya cuma terdiri dari satu layer saja. 

Jadi, bulunya nggak gampang kusut, apalagi menggumpal. Bulu kucing ini juga nggak gampang rontok. Masa shedding atau musim ganti bulu kucing ini juga nggak sesering kucing-kucing bulu panjang lainnya. 

6. Karakter Kucing Anggora

Penasaran seperti apa sih sifat atau karakter dari Anggora? Biarpun kelihatan anggun, Anggora ternyata punya karakter yang ceria. Mereka suka banget bermain-main dengan kamu dan keluarga. Kucing ini juga bisa jadi teman yang baik buat anak-anak. Ya, asalkan anakmu nggak menarik ekornya. Tapi, kucing ini juga gampang banget merasa bosan. Jadi, Blibli Friends harus siap sedia budget tersendiri buat belikan mereka mainan.

7. Keamanan buat Kucing Anggora

Kamu berhasil dapat kucing ras Anggora idamanmu? Selamat, Blibli Friends! Tapi, sekarang kamu sudah tahu kan kalau Anggora adalah salah satu kucing termahal di dunia. Ini bikin dia jadi sasaran empuk buat para pencuri kucing untuk kemudian dijual di pasar hewan atau di pasar gelap. Makanya, kamu harus sedia cara buat menjaga keamanan kucing kesayanganmu ini. 

Misalnya, jangan biarkan dia keluyuran ke luar rumah. Supaya kucingmu lebih aman adalah dengan menjadikannya kucing indoor. Supaya dia nggak bosan, Blibli Friends bisa pasang cat tree atau alat-alat permainan kucing lainnya yang bikin dia tetap terstimulasi. Pemasangan microchip juga bisa kamu lakukan sebagai langkah jaga-jaga seandainya dia menghilang.

8. Kemampuan Mendengar Kucing Anggora

Percaya nggak percaya, ternyata kebanyakan Anggora yang berwarna solid putih dan mata biru punya kecenderungan tuli. Bukan kebetulan, Anggora yang tuli seringkali disebabkan gara-gara kelainan genetik yang dibawa orangtuanya. Kelainan genetik ini bikin kucingmu jadi lebih rawan terkena kecelakaan lalu lintas seandainya kamu biarkan dia keluyuran. 

Makanya, sebaiknya kamu jaga keamanannya dengan jadikan dia kucing indoor. Kamu juga bisa bikin kebun tertutup supaya dia bisa tetap bebas menghirup udara segar dan berjemur di bawah sinar matahari. Kalau kamu ingin adopsi Anggora dengan bulu putih dan warna biru, sebaiknya kamu bawa dia ke dokter hewan terlebih dulu buat mengetes pendengarannya. Jangan sampai kamu nyesel belakangan, Blibli Friends.

9. Masa Hidup Kucing Anggora

Anggora adalah jenis ras kucing panjang dengan sistem imunitas yang bagus banget. Rata-rata, Anggora yang dirawat manusia bisa hidup antara 13 – 15 tahun. Apalagi, kalau kamu berikan dia perawatan yang terbaik! Bisa saja kucingmu ini hidup hingga mencapai 20 tahun ke atas. 

Makanya, penting banget nih buat cari tahu sebanyak-banyaknya tentang perawatan kucing ini. Supaya, si meong jadi lebih bahagia, sehat dan bisa temani hari-harimu lebih lama.

10. Sering Salah Dikenal Sebagai Kucing Persia

Ada berapa banyak nih dari kamu yang sering kecele saat jalan-jalan ke petshop? Masih banyak lho orang-orang yang mengira kalau persia adalah Anggora. Biarpun sama-sama berbulu panjang, 2 ras kucing ini sudah jelas beda. 

Anggora punya bentuk wajah yang memanjang, tirus, dan hidung yang mancung. Kaki kucing ini juga lebih panjang dibandingkan kucing persia. Sedangkan, bentuk wajah kucing persia cenderung bulat dengan hidung dan kaki yang pendek. 


Baca juga: Starter Pack Memelihara Kucing Bagi Pemula

Itulah fakta-fakta menarik seputar kucing Anggora. Buat kamu yang berencana pelihara kucing Anggora, bisa belanja berbagai perlengkapan kucing sekarang juga di Blibli. Kamu bisa temukan koleksi perlengkapan kucing lengkap dengan harga yang murah meriah. Ada voucher belanja dan promo free ongkir, lho. 

Rekomendasi Perlengkapan Kucing Terlengkap Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY