Kriteria Makanan Sehat untuk Hewan Peliharaan

Photo by Unsplash

Seperti manusia, hewan peliharaan juga memiliki kebutuhan primer yakni berkaitan dengan asupan nutrisi yang penting bagi kesehatan dan menunjang aktivitas mereka. Dalam memilih makanan untuk hewan peliharaan khususnya anjing dan kucing, tentu banyak hal yang diperlukan agar hewan kesayangan tetap sehat terjaga.

Lalu, makanan sehat seperti apa sih yang dibutuhkan bagi hewan peliharaan kamu di rumah?

Anjing

Photo by Unsplash

Kamu akan menemukan banyak sekali jenis makanan untuk anjing di pasaran. Tapi memberi makanan untuk anjing kesayangan di rumah ngga boleh asal. Banyak hal yang harus diperhatikan, di antaranya adalah:

1. Jenis, Usia, dan Aktivitas anjing

Anjing dikategorikan dalam 3 kategori yakni puppy, anjing dewasa, dan senior. Biasanya anjing yang besar juga memiliki aktivitas lebih daripada anjing kecil. Beberapa tipe anjing juga lebih aktif dari jenis anjing lainnya. Anjing labrador misalnya, memiliki tingkat energi yang sangat tinggi yang perlu disalurkan melalui aktivitas bermain.

Oleh sebab itu, pastikan lagi jenis makanannya memang sesuai dengan aktivitasnya, sehingga nutrisi si doggo terpenuhi.

RAGAM PILIHAN MAKANAN PUPPY DARI ROYAL CANIN

Photo by Unsplash

-Cek bahan baku

Periksa kembali kandungan dog food yang akan kamu beli buat hewan kesayangan di rumah. Berhubung anjing adalah jenis hewan karnivora, maka pastikan kamu memilih makanan dengan kandungan daging yang lebih banyak. Jangan lupa agar kualitas  bahan baku makanan terbuat dari bahan berkualitas, sehingga anjing peliharaan tetap sehat.

– Tinggi kandungan protein

Makanan anjing juga membutuhkan protein yang tinggi serta makanan ideal lainnya ialah yang rendah gandum dan juga biji olahan, sehingga energi anjing tetap terjaga dengan baik.

RAGAM PILIHAN MAKANAN ANJING RAS DARI ROYAL CANIN

Photo by Unsplash

-Waspada alergi

Anjing juga berisiko memiliki alergi seperti manusia. Biasanya. mereka memiliki alergi pada jenis makanan tertentu. Oleh sebab itu, selalu pertimbangkan kembali bahan makanan terhadap anjing peliharaan, untuk meminimalisir risiko yang terjadi.

Kucing 

Photo by Unsplash

Sedangkan memilih makanan kucing juga ada tips dan triknya tersendiri. Memberikan makanan rumahan belum tentu dapat memenuhi semua nutrisi yang diperlukan si pus. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih makanan untuk kucing kesayangan.

– Pastikan kebutuhan nutrisinya

Kucing memiliki kebutuhan berbeda berdasarkan jenis hewan, ras, usia, dan juga lingkungan tempat tinggal mereka. Jadi, sebelum membelinya, pastikan terlebih dahulu apa yang dibutuhkan bagi si pus di rumah.

RAGAM PILIHAN MAKANAN UNTUK ANAK KUCING DARI ROYAL CANIN

– Lihat kembali kandungan nutrisinya

Kucing memiliki kebutuhan nutrisi yakni asupan energi, protein, asam amino, vitamin, mineral, ion, asam lemak, karbohidrat, dan juga serat. Hal ini sangat penting bagi kesehatan kucing kesayangan.

Photo by Unsplash

 Kandungan taurine

Sebagai karnivora obligat, kucing memerlukan makanan yang mengandung protein tinggi untuk memenuhi semua kebutuhan vitamin dan asam amino. Jenis asam amino vital yang dibutuhkan dari makanan harian adalah kandungan taurine.

Ingatlah bahwa kucing memerlukan jenis makanan beragam untuk menghindari terjadinya defisiensi kalsium dan juga hiperparatiroid. Selain kucing, anjing pun juga harus memiliki kriteria makanan khusus. Jangan sampai kamu hanya memberikan makanan yang itu-itu saja tanpa memperhatikan nutrisinya.

RAGAM PILIHAN MAKANAN KUCING RAS MURNI DARI ROYAL CANIN

Photo by Unsplash

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hewan kesayangan kamu, Blibli.com menghadirkan official store Royal Canin. Produk makanan dari brand ternama ini akan memberikan nutrisi terbaik bagi hewan peliharaan di rumah. Deretan produk Royal Canin tersedia sangat lengkap, sehingga kini tak ada lagi alasan bagi kamu untuk nggak memenuhi kebutuhan primer hewan peliharaan.

Dengan ongkos kirim gratis, customer service 24/7, barang orisinil, dan juga proses pengiriman yang cepat, nggak ada alasan untuk nggak belanja di Blibli.com. Cek di sini untuk berbelanja makanan hewan peliharaan kesayangan kamu.

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY