Daftar Kopi Indonesia yang Paling Enak dan Mendunia

Daftar Kopi Indonesia yang Paling Enak ー Tahu nggak sih, kalau Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi kualitas terbaik? Dan kita bisa menyuplai sebanyak 7 % kebutuhan kopi dunia berkat jumlah produksi tahunan yang mencapai angka 600 ribu ton. Mengutip dari data resmi Kementerian Pertanian RI, negara kita tercatat sebagai produsen kopi terbesar di dunia. Urutan negara tercinta kita berada di bawah Brasil dan Kolombia. Wow, dengan fakta ini tentunya kita patut berbangga, bukan?

Nah, sebagai pemasok kopi dunia, siapa sangka jenis kopi kita masuk ke dalam kopi yang sangat diminati di pasar internasional karena memiliki cita rasa khas yang nggak bisa ditemukan di kopi hasil bumi negara lain. Penasaran, kan, dengan daftar kopi Indonesia yang paling enak dan mendunia? Intip jawabannya di bawah ini:

BACA JUGA: Kunama Kopi Incar Pasar Luar Negeri

____________________

1. Kopi Liberika Rangsang Meranti, Riau

Menjadi kopi yang sangat populer di Singapura dan Malaysia, kopi Liberika yang berasal dari Riau, tepatnya Kepulauan Meranti, banyak diekspor ke kedua negara tetangga tersebut. Menariknya, berdasarkan situs disperin.riau.go.id, kopi jenis ini sukses menyabet sertifikasi Indikator geografis (IG), dan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Nasional RI, Liberika Meranti dinyatakan sebagai hasil pertanian terbaik.

2. Kopi Arabika Gayo, Sumatera

Cita rasa kopi asal Aceh ini nggak diragukan lagi. Memiliki tingkat keasaman seimbang dan tekstur yang lebih encer, membuatnya banyak disukai penyuka kopi asam dan tak terlalu pekat. Untuk penyajiannya sendiri, kopi arabika Gayo ini nggak seperti teknik pada umumnya, di mana bubuk kopi diseduh dengan air panas, melainkan langsung direbus dalam panci berisi air hingga benar-benar mendidih. Barulah kemudian kopi dituangkan ke dalam gelas yang sudah diisi gula dan susu. Rasanya? Mantap!

3. Kopi Robusta Temanggung, Jawa Tengah

Aroma kopi robusta yang berasal dari Temanggung ini bisa dibilang cukup unik. Kopi jenis ini didominasi rasa pahit yang begitu pekat dengan aroma tembakau yang kuat. Dan dua hal itulah yang menjadi daya tarik kopi khas Temanggung, Jawa Tengah ini. Nggak sedikit penikmat kopi menggemari cita rasanya yang begitu autentik. Bahkan penggemarnya tak hanya di Indonesia saja, lho, tapi sudah mencapai dataran negara-negara Eropa, Timur Tengah hingga kawasan Amerika Latin.

4. Kopi Arabika Java Ijen Raung, Bondowoso

Baru diekspor kali pertama pada tahun 2011 sebanyak satu kontainer. Tapi yang mengejutkan, nyatanya kopi Java Ijen Raung, Bondowoso langsung mendapatkan kepopuleran di kancah mancanegara. Tercatat hingga tahun 2016 lalu, Indonesia sudah mengirimkan 43 kontainer yang setara dengan 865,91 ton kopi Ijen Raung ke luar negeri. Ketenaran ini karena keunikan cita rasa kopi Java Ijen Raung yang  memiliki tingkat keasaman sedang mirip asam Jawa, yakni sedikit pedas berpadu dengan aroma bunga hutan.

5. Kopi Arabika Toraja

Jepang dan Amerika adalah dua dari banyak negara tujuan utama ekspor kopi khas Toraja karena cocok dengan tradisi minum kopi di sana. Kopi jenis arabika yang berasal dari Toraja ini memiliki karakteristik yang unik, di mana tidak meninggalkan after taste pahit yang untuk kebanyakan orang terasa cukup mengganggu. Sensasi pahit dari biji kopi langsung hilang begitu kopi mengalir ke tenggorokan. Cita rasa kopi Toraja ini lebih ke earthy seperti rasa tanah atau hutan. Kandungan asamnya pun rendah.

____________________

BACA JUGA: Sejarah Kopi Toraja, Kopi Unggulan Nusantara

Gimana, dari daftar kopi Indonesia di atas, mana yang favorit kamu banget?

Untuk menikmati kopi-kopi terbaik Indonesia yang enaknya sudah mendapat pengakuan dunia ini, kamu nggak perlu terbang langsung ke kota asalnya, kok. Kamu bisa pesan secara online di Blibli. Di Blibli tersedia aneka kopi Nusantara pilihan yang siap dikirim ke alamatmu yang harganya nggak bikin kanker.

TEMUKAN ANEKA KOPI BERKUALITAS DENGAN HARGA TERBAIK DI SINI

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY. I love to travel around Indonesia because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other. When I stay in the city, I usually going to a spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY