me

Kopi dari Indonesia yang Berhasil Mendunia

Jul 15, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Blibli Friends, Tahukah kamu bahwa Indonesia adalah produsen kopi terbesar di dunia? Benar sekali, menurut data  Kementerian Perdagangan RI, Indonesia saat ini  berada di peringkat ke-4 setelah Brazil, Vietnam dan  Kolombia. Padahal, mengingat banyaknya  biji kopi yang dihasilkan, Indonesia dapat sepenuhnya menjadi pemasok bagi para penikmat kopi di berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Jerman, Malaysia, dan Amerika Serikat.  Tapi kenapa peminat kopi di kalangan masyarakat Indonesia begitu tinggi ya? Tidak lain adalah cita rasa  dan keistimewaan khas yang dibawa oleh  kopi di Indonesia yang sulit ditemukan di negara lain. Mau tahu  kopi Indonesia mana saja yang sudah sukses mendunia? Berikut adalah daftarnya!

  • Kopi Liberica Riau

Tahukah kamu bahwa selain Robusta dan Arabica, ada juga kopi Liberica? Salah satu kopi terlangka di dunia juga akan diproduksi di Indonesia, tepatnya di daerah Rangsang, Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

Kopi ini memiliki aroma coklat. Namun, saat meminumnya, Anda akan merasakan rasa yang cukup berbeda dengan kopi biasa karena kopi Liberika Riau terasa seperti nangka. Cukup menarik bukan?

  • Kopi Arabika Mandailing

Jenis kopi yang ada di Indonesia  ini merupakan buah dari suku Mandailing yang umumnya tersebar di seluruh pulau Sumatera. Namun, kopi ini  cukup istimewa sehingga terkenal di seluruh dunia sebagai kopi Mandheling Sumatera.

Tidak lain adalah ciri-ciri tubuh yang kencang, sensasi yang halus, dan  rasa yang kompleks. Saat Anda meminumnya, Anda akan mencium aroma rempah-rempah yang eksotis dan berbagai rasa, seperti cokelat dan rempah-rempah.

  • Kopi Arabika Kintamani Bali

Untuk wilayah Indonesia Tengah, kita akan menemukan kopi Arabika lainnya, yaitu yang berasal dari wilayah Bali. Kopi ini merupakan kopi eksotis di Indonesia. Memang, ciri khas rasanya merupakan perpaduan antara kepahitan dengan rasa jeruk yang nikmat. Kemudian, setelah diminum, penikmat kopi akan menikmati after taste manis yang sangat memuaskan.

Kalau kamu, pilih kopi yang mana?

Tag: