Baru-baru ini, para pemuda dihebohkan dengan peluncuran fitur baru di Instagram, IG TV yang mengizinkan kamu untuk membuat channel sendiri (ala Youtube). Berbeda dengan post biasanya yang berdurasi maksimal 1 menit, IG TV membebaskan pengguna untuk membuat konten IG TV dari 10 hingga 60 menit.

Berhubung IG TV adalah fitur baru, Rio Purba, seorang UI Designer dan Design Youtuber, berpendapat bahwa akan ada banyak hal yang bisa dieksplor, termasuk dalam pemilihan konten. Kamu ingin mulai eksplor fitur ini dan cari ide? Yuk, simak saran dari Rio Purba berikut ini!

TANGKAP MOMEN TERBAIKMU BERSAMA SONY!

1. Konten IG TV Preview Channel Youtube

konten IG TV
Via – John Aldred

Saran pertama dari Rio ini khususnya diajukan bagi kamu yang sudah memiliki channel Youtube atau Youtuber. Jika biasanya kamu mempromosikan konten baru pada channel Youtube kamu melalui story atau post, sekarang kamu bisa memanfaatkan IG TV untuk itu.

Melalui konten IG TV yang kamu buat, kamu bisa berbagi BTS atau back the scene pembuatan video kamu atau preview singkat pengambilan video utama, sehingga dapat meningkatkan engagement ke follower kamu.

YUK LIHAT PERLENGKAPAN SOROTAN TERBAIK DARI FUJIFILM DI SINI!

2. Konten IG TV: Travelling & Events

konten IG TV
Via – All Things

Menurut Rio, sadar atau nggak konten Instagram memang nggak jauh-jauh dari dokumentasi segala macam aktivitas pengguna sehari-hari. Maka dari itu, bagi kamu para pemula, bisa nih memulai membuat konten bertema jalan-jalan atau kegiatan yang kamu lakukan setiap hari.

Terdengar sepele mungkin, tapi jangan salah ya. Konten IG TV yang seperti ini biasanya malah mendapat banyak engagement karena sifatnya yang lebih personal. Jadi teman-teman atau follower yang kepo pun akan penasaran dengan kegiatanmu yang telah kamu tampilkan melalui konten IG TV.

KONTEN BERKESAN DENGAN KUALITAS JERNIH DARI KAMERA TERBAIK!

3. Konten IG TV: Skin Care and Make Up

konten IG TV
Via – Eliza Broke

Konten satu ini memang cukup hype di kalangan penggiat foto atau video. Khususnya bagi para kaum hawa. Apalagi setelah fenomena booming-nya Korean Skin Care hingga banyaknya beauty influencer yang berkembang di mana-mana. Nah, bagi kamu para wanita atau pria yang menggeluti dunia skin care and make up, bisa nih membuat konten IG TV untuk tema ini.

Rio Purba pun mengakui, sebenarnya IG TV akan menjadi tempat yang bagus untuk konten tema skin care and make up, karena tampilannya yang zoom in (layar portrait besar menyesuaikan handphone) sehingga dapat menyorot hasil skin care and make up secara lebih jelas.

BIARKAN MUKA FLAWLESS-MU TERSOROT DENGAN APIK 

4. Konten IG TV: All About Foods

konten IG TV
Via – Time Out

Coba diingat-ingat deh, feed atau halaman explore pasti nggak akan jauh-jauh dari yang namanya konten makanan. Menurut Rio, di berbagai platform media sosial, topik makanan memang masih masuk pertimbangan favorit. Nggak perlu harus selalu restoran mahal. Ibu-ibu yang suka masak dan memamerkan sayur asem buatannya pun bisa dimasukin konten IG TV! Kenapa enggak?

SPEKTAKULER DISKON KAMERA CANON HINGGA 700RIBU RUPIAH!


Itulah beberapa pilihan tema yang dapat menjadi inspirasimu untuk memulai membuat IG TV perdana. Namun Rio tetap berpesan, apapun kontennya, kamu bisa menyesuaikan juga dengan tujuan ‘pencitraan’ kamu di akun Instagram. Misalnya, saat memiliki bisnis, konten IG TV bisa juga menjadi pilihan yang simple daripada harus membuat panjang dan lebar seperti di Youtube, kan?

Nah, obrolan tentang tema dengan Rio Purba sudah selesai. Saatnya praktik nih untuk menguji pemahamanmu. Sudah siap membuat video konten IG TV perdana? Yuk cek #BlibliSekarang untuk melihat pilihan kamera yang mendukung pembuatan konten IG TVmu!

LEICA! PAKET HEMAT DENGAN DISKON HINGGA 25%, LHO!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY