Biar Sehat Jiwa Dan Raga, Kamu Hanya Perlu Melakukan Satu Hal Ini!

Kondisi Mindful Itu Kunci Utama Kesehatan! Tahu Alasannya?

Tahukah kamu, sebentar lagi hari kesehatan sedunia akan tiba! Pada tanggal 7 April nanti, kita bukan merayakan kesehatan, namun membangkitkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan.

Tapi, mulai dari mana? Makan sehat? Olahraga? Banyak istirahat? Nggak ada jawaban yang salah. Namun, untuk melakukan itu semua, kamu perlu dalam kondisi mindful terlebih dahulu.

1. Kamu pernah merasakan kondisi mindful nggak?

 

apakah kamu berada dalam kondisi mindful?
Via – Life Reactor

Tanyakan kepada dirimu sendiri. Seberapa sering kamu merasa nggak punya waktu yang cukup dalam satu hari? Ketika tugas lain datang, namun yang kamu kerjakan belum kelar. Ketika kamu sedang melakukan sesuatu–bahkan di saat santai–yang kamu pikirkan hanyalah tugas yang belum terselesaikan. Pada akhirnya, kamu merasa belum ngapa-ngapain selama seharian.

Bila kamu sering merasakan hal-hal tersebut, artinya kamu seseorang yang belum mindful. Pikiranmu bergerak terlalu cepat, dan kamu secara konstan mengkhawatirkan hal yang belum kamu kerjakan. Kamu stres, dan itu terjadi berulang-ulang. Lantas, apa yang bisa kamu lakukan?

2. Mindful ketika bekerja

tetap mindful saat sibuk bekerja
Via – Singapore motherhood

Tempat kerja merupakan tempat yang hectic. Setiap momen kamu dituntut untuk fokus dengan tugas, berbicara dengan orang, dan duduk dalam waktu yang lama. Hal-hal seperti ini bisa memicu stres. Kamu bisa mulai mengubah ini dengan menghentikan semua proses multi-tasking.

Multi-tasking hanya bisa melambatkan kinerjamu! Coba sediakan waktu masing-masing untuk setiap pekerjaan tanpa diganggu. Dalam waktu tersebut, pusatkan fokusmu sepenuhnya pada hal yang kamu lakukan. Bila terdistraksi, atur ulang fokusmu.

Dalam hal ini, mendengarkan lagu dan meredam suara lingkungan sekitar sangat membantu. Begitu juga dengan mengunyah permen karet, minum vitamin dan juga coklat hangat. Selain itu, touch-up wajah ternyata bisa membantu kamu kembali fokus!

3. Mindful ketika santai

kondisi mindful

Ketika santai, jangan biarkan pikiranmu lepas! Bila lepas, pikiranmu bakal ke mana-mana, lho! Lebih parah lagi, pikiran yang lepas (auto-pilot), bisa bikin kamu mager dan melakukan hal-hal nggak berguna selama berjam-jam.

Setelah sadar, kamu pun akan menyesal dan tambah stres! Cara paling tepat untuk mecapai kondisi mindful ketika santai adalah dengan merasakan otot-otot sekujur tubuhmu.

Bila punya waktu luang, jangan cuma duduk! Lebih baik kamu lakukan stretching. Mulailah dengan mengganti pakaian yang lebih leluasa. Lalu duduklah di matras dan perlahan coba sentuh ujung jari kaki. Rasakan setiap sendi dan otot yang tertarik di pinggul hingga kaki. Fokus, dan ulangi. Praktekkan fokus tersebut tanpa memikirkan hal lain!


Baca juga: Olahraga Ini Ternyata Bisa Kamu Lakukan Di Saat Sibuk!


4. Mindful ketika menata diri

kondisi mindful saat menata diri
Via – Evensi

Salah satu kunci untuk mengurangi beban pikiran dengan kondisi mindful adalah nggak memikirkan apa kata orang tentang penampilan kamu. Sebelum berangkat ke mana-mana, penting bagi kamu untuk memilih outfit yang paling kamu sukai.

Mau tabrak warna, silahkan! Ingin memadupadankan dress dan sneakers? Kenapa nggak? Makeup polos atau menor, yang penting kamu sadar akan apa yang kamu pakai dan fokus pada kesenangan yang kamu rasakan, dari ujung rambut hingga sepatu, luar dan dalam. Bila dirasa berantakan, sisir, touch-up dan rapikan pakaianmu. Jangan berpikir terlalu banyak!

Rekomendasi: Make Over Liquid Lip Color Brilliant Caramel

5. Mindful ketika bersama teman

kondisi mindful
Via – Odyssey

Begitu juga saat pergi bersama teman. Terkadang kita khawatir bisa ketinggalan topik pembicaraan, tidak punya cukup uang karena belom gajian, atau bahkan nggak fokus karena mikirin pekerjaan yang terbengkalai.

Salah satu latihan kondisi mindful yang bisa kamu coba adalah mendengarkan dengan seksama. Bila terdistraksi, coba fokus lagi. Kamu juga bisa mengobservasi mereka ketika sedang belanja, makan di restoran, dan relaks ketika spa. Intinya adalah diam, mundur selangkah, dan sadar akan kehadiran mereka.

Oh ya, jangan main hape ketika bersama teman bahkan ketika mereka melakukannya ya. Ini penting sekali untuk melatih kondisi mindful kamu!

Rekomendasi: Paket Spa dan Potong Rambut Sainbelle Salon

6. Mindful ketika sendirian

kondisi mindful

kondisi mindful
Via – Entrepreneur

Waktu sendiri merupakan saat yang paling mudah untuk melatih kondisi mindful, sekaligus yang paling susah. Ketika sendiri, sulit mencari sesuatu untuk bisa fokus, sehingga mudah sekali untuk banyak pikiran dan capek.

Namun, kamu bisa menyiasati ini dengan menulis dan membaca. Menulis catatan kecil, cerpen, artikel, baik dalam buku maupun di laptop. Kamu bisa juga membaca blog dan coba melakukan apa yang disarankan.

Bila susah berdiam di tempat, kamu bisa coba untuk berlari. Bukan untuk kesehatan atau keringat, namun untuk lebih aware dengan dirimu, serta membantu pikiranmu untuk fokus.

Rekomendasi: adidas Unisex Originals Gazelle Sepatu Sneakers

Sebenarnya berada dalam kondisi mindful itu nggak susah. Kuncinya adalah jangan bikin pikiranmu melayang ke mana-mana dan mencemaskan berbagai hal. Buang paksa semua hal-hal negatif, dan fokuslah pada dirimu sendiri. Bila dibiarkan, akan sangat sulit untuk merasa bahagia!

Sebenarnya, ada cara lain lagi lho untuk membuang stres, bikin kamu semakin aware, dan terutama bahagia, yaitu belanja! Daripada banyak pikiran, mending kamu ikuti promo Rabu Cantik dari Blibli.com!

Kali ini, kamu bisa menemukan berbagai sepatu, tank top, celana, dan perlengkapan olahraga lainnya yang lucu-lucu untuk meningkatkan kepercayaan diri dan stress free! Kamu juga bisa menemukan berbagai vitamin dan produk kesehatan lainnya. Ingat, mindful adalah kunci utama menjadi sehat! Yuk, kunjungi promonya dan sehat bersama Blibli.com sekarang!


Baca juga: Yuk lari pagi dengan lebih baik dan efektif!


Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY