me

Komponen Sepeda Listrik, Begini 7 Tahapan Cara Merakitnya!

Oct 31, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: Eike Cycle

Komponen Sepeda Listrik — Sepeda listrik belakangan ini jadi populer banget. Dibandingkan sepeda gowes biasa, sepeda jenis ini memang beda. Sepeda listrik adalah jenis sepeda yang dialiri oleh listrik. Jadi, kamu nggak perlu mengayuh terlalu keras saat melewati tanjakan. Sepeda listrik cocok banget buat kamu yang memiliki lutut lemah, anak-anak, maupun orang tua.

Nah, dari segi harga, memang harga sepeda listrik lebih mahal. Untungnya, Blibli Friends bisa banget kok merakit sepeda listrik sendiri. Selain lebih murah, kamu juga bisa bikin sepeda listrik dengan spesifikasi yang sesuai dengan keinginanmu. Tapi, kamu harus tahu terlebih dulu apa saja sih komponen sepeda listrik?

BACA JUGA: MACAM-MACAM SEPEDA


Komponen Sepeda Listrik

  1. Dinamo atau Motor Penggerak

Bukan sepeda listrik namanya kalau nggak punya dinamo. Motor penggerak ini memang jadi salah satu komponen sepeda listrik yang paling utama. Dinamo ini punya fungsi sebagai penghasil tenaga yang menggerakkan sepeda. Dinamo sepeda listrik biasanya terbagi jadi 2, yaitu Brushed DC dan BLDC.

Buat kamu yang cari dinamo dengan harga murah, memang jenis Brushed DC lebih direkomendasikan. Dinamo jenis ini sering digunakan di jenis mainan otoped. Tapi, kamu juga bisa kok menggunakannya buat dinamo sepeda listrik. Buat satu set dinamo jenis DC, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp 800 ribuan. Kalau Blibli Friends tertarik beli versi second, biasanya tersedia dengan kisaran harga Rp 300 ribuan.

Nah, tapi kalau kamu ingin sepeda listrikmu punya performa maksimal, siap-siap saja sediakan kocek cukup besar. Soalnya, harga dinamo BLDC juga nggak murah. Jenis dinamo BLDC yang paling banyak ditemui adalah jenis buat Motor E-Bike Planetary 350 W. harganya saja sudah mencapai 1,8 jutaan, lho. Semakin besar output watt yang dihasilkan, harganya juga bisa lebih mahal. Apalagi, ada yang bisa mencapai sampai 3 jutaan, lho.

  1. Kontroller

Selain dinamo, Blibli Friends juga butuh kontroller buat sepeda listrikmu. Kontroller sepeda listrik memang jauh lebih simple kalau dibandingkan dengan kontroller sepeda motor. Kontroller sepeda listrik biasanya terbagi jadi beberapa jenis. Contohnya, seperti kontroller standar, kontroller LED/LCD Function, kontroller full fitur, dan kontroller sinewave.

Kalau kamu nggak ingin ribet, Blibli Friends bisa saja pilih jenis kontroller buat dinamo Brushed DC yang memang cuma terdiri dari satu jenis saja. Tapi, kalau kamu ingin sepeda listrikmu punya fitur yang lebih bervariasi, sebaiknya pakai jenis kontroller BLDC.

  1. Handle Gas

Sepeda listrikmu juga butuh banget komponen handle gas. Handle gas ini punya fungsi yang kurang lebih sama dengan handle gas dari sepeda motor. Handle gas sepeda listrik ini terbagi jadi dua, yaitu handle gas model thumb throttle dan handle gas tarik. Model thumb throttle biasanya memanfaatkan dorongan jempol tangan buat memicu tarikan gas.

Sedangkan, handle gas tarik punya pengoperasian yang mirip banget dengan handle gas milik sepeda motor. Blibli Friends bisa pilih manapun yang sesuai dengan kenyamanan, ya.

  1. Baterai

Komponen sepeda listrik yang paling mahal adalah baterai dan chargernya. Jadi, kamu harus siapkan budget yang lumayan besar buat part satu ini. Jenis-jenis baterai buat sepeda listrik ada banyak banget macamnya. Rata-rata baterai sepeda listrik standar punya kisaran harga sekitar Rp 3.5 juta hingga Rp 5 jutaan.

Kalau kamu butuh baterai yang lebih murah, kamu bisa pakai jenis aki kering biasa. Walaupun lebih murah, tapi Blibli Friends harus siap-siap kenyamananmu bersepeda jadi berkurang. Soalnya, aki ini memang punya bobot yang lebih berat.

Cara Merakit Sepeda Listrik

Bedanya sepeda listrik dengan sepeda konvensional adalah adanya motor listrik yang bekerja menggunakan motor listrik yang digerakkan oleh baterai. Sama seperti sepeda biasa, kini juga banyak pengendara yang tertarik untuk merakit sepeda listrik sendiri. Ini dia langkah-langkah cara merakit sepeda listrik yang simpel selengkapnya:

1. Siapkan Sepeda Biasa

Kita bisa merakit sepeda listrik dari 0. Tapi sebaiknya dipertimbangkan lebih dulu, karena biaya yang dikeluarkan bakal sama saja dengan membeli sepeda listrik baru. Jadi kalau sudah punya sepeda biasa di rumah, ini bisa dimanfaatkan untuk jadi sepeda listrik.

Jenis sepedanya bisa apa saja, mulai dari sepeda gunung, sepeda ontel, bahkan sepeda lipat sekalipun. Pilih jenis sepeda yang sesuai kebutuhan kita masing-masing. Untuk merek juga bisa pilih apa saja. Yang paling penting adalah sepeda masih dalam kondisi baik.

2. Siapkan Komponen Sepeda Listrik

Sebelum cari tahu cara merakit sepeda listrik sendiri, pastikan sudah menyiapkan berbagai komponen lengkapnya berikut ini:

Dinamo

Dinamo yang berfungsi sebagai motor penggerak. Jenis dinamo yang digunakan untuk sepeda listrik biasanya ada 2 yaitu:

  • Dinamo Brushed DC, biasanya digunakan di otoped untuk anak-anak. Harga dinamo jenis ini biasanya sekitar Rp 650 ribuan – Rp 800 ribuan. Kalau kepingin hasil dinamo nggak cepat panas dan torsi yang dihasilkan lebih kuat, disarankan beli dinamo yang sudah dilengkapi dengan gigi redusi.
  • Dinamo Brushless DC, ini adalah jenis dinamo yang sering digunakan sepeda listrik jadi. Kelebihannya adalah mudah dipasang dan efisien. Harganya memang lebih tinggi, mulai dari Rp 1.5 juta – Rp 5 jutaan. Jenis dinamo brushless DC ada dua. Yang pertama ada hub motor yang sudah menyatu dengan roda. Yang kedua ada mid drive yang biasanya diletakkan di gear depan sepeda. Harga mid drive lebih tinggi karena komponennya yang lebih rumit.

Controller

Controller motor yang tugasnya mengatur kelistrikan dan kecepatan motor. Controller kapasitasnya beragam, jadi pastikan pilih sesuai kebutuhan berkendara kita. Jenisnya antara lain ada:

  • Controller standar, dengan fitur standar.
  • Controller full fitur, yang dilengkapi assist sensor, brake switch fitur regen, auto kalibrasi arah putaran, 3 shifting, dan masih banyak lagi.
  • Controller sinewave, yang sudah full fitur. Jenis ini cocok untuk dinamo brushless DC. Keunggulannya adalah hampir nggak bersuara dan kekuatan dorongnya jadi lebih besar.
  • Controller LED/LCD function, controller yang sudah lengkap dengan panel display.

Alat Kendali

Alat kendali berupa handle gas, gunanya untuk menghidupkan motor dan mengatur kecepatan listrik. Model yang sering digunakan ada 3 yaitu handle gas tarik atau throttle control, thumb throttle control dan pedal assist system (PAS)

Pedal Sensor

Pedal aAssist sensor gunanya memberi sinyal dari pedal ke controller. Jadi saat pedal dikayuh, maka motor akan otomatis berputar.

Handle Rem

Handle rem tugasnya sama dengan tuas rem di kendaraan lainnya.

Panel LED/LCD

Panel berguna untuk menampilkan tampilan kecepatan laju sepeda dan kapasitas baterai. Display yang full fitur mampu menampilkan info lebih lengkap.

Boks

Boks untuk controller, supaya lebih terlindung dari hujan dan debu. Memang nggak wajib, tapi lebih baik pakai biar controller lebih awet.

Baterai dan charger

Baterai biasanya sekarang digunakan jenis baterai Lithium-Ion. Ini adalah komponen sepeda listrik yang paling mahal. Pastikan sesuaikan tegangan aki baterai dengan tegangan controller.

3. Pasang Controller

Kalau komponen sudah lengkap, cara merakit sepeda listrik sederhana berikutnya adalah memasang controller. Pastikan controller sesuai dengan dinamonya. Jadi sepeda listrik rakitan pun mampu bekerja dengan optimal.

4. Pasang Handle Gas

Biasanya handle gas dipasang di setang sebelah kanan. Apa pun model handle gas yang Blibli Friends gunakan, pastikan shifter mampu bekerja dengan baik. Jadi setelah dipasang, coba dulu gerakkan shifter. Kalau sudah mantap, baru beralih ke langkah selanjutnya.

5. Pasang Baterai Li-Ion

Biasanya kita pasang dulu holder baterai. Banyak yang memilih di rangka tengah sepeda. Kalau pakai sepeda gunung ukuran kecil, biasanya digunakan baterai Lithium model slim. Jadi holder pas di rangka sepeda ini. Setelah itu pasang baterai dan hubungkan dengan kabel handle gas dan controller.

6. Pasang Dinamo

Setelah itu, pasang dinamo sepeda. Ada yang lebih suka memasangnya di roda depan dan ada yang di roda belakang. Semuanya kembali ke pilihan masing-masing. Sambungkan kabel dinamo dengan kabel controller.

7. Rapikan Kabel

Setelah semua komponen dipasang, pastikan semua kabel terpasang dengan rapi. Jadi saat digunakan, kabel sepeda listrik nggak bakal mengganggu gerak kaki maupun tangan kita. Kalau sudah rapi, sepeda pun siap digunakan!


BACA JUGA: REKOMENDASI SEPEDA LISTRIK TERBAIK

Itulah beberapa komponen sepeda listrik paling penting yang wajib Blibli Friends tahu. Ingin dapatkan komponen di atas dengan harga terjangkau. Belanja saja sekarang juga di Blibli. Blibli punya banyak banget penawaran promo dan diskon yang sayang banget buat dilewatkan. Ada juga garansi retur yang bisa kamu pakai seandainya barang yang sampai cacat atau nggak sesuai dengan yang kamu beli. Daripada rakit pc, rakit sepeda listrik saja bareng Blibli.

BELI SEPEDA LISTRIK BERKUALITAS DENGAN HARGA TERBAIK DI SINI

Tag: