Ini Lho Komponen Sepeda Listrik, Ingin Coba Merakit?

Komponen Sepeda Listrik — Sepeda listrik belakangan ini jadi populer banget. Dibandingkan sepeda gowes biasa, sepeda jenis ini memang beda. Sepeda listrik adalah jenis sepeda yang dialiri oleh listrik. Jadi, kamu nggak perlu mengayuh terlalu keras saat melewati tanjakan. Sepeda listrik cocok banget buat kamu yang memiliki lutut lemah, anak-anak, maupun orang tua.

Nah, dari segi harga, memang harga sepeda listrik lebih mahal. Untungnya, Blibli Friends bisa banget kok merakit sepeda listrik sendiri. Selain lebih murah, kamu juga bisa bikin sepeda listrik dengan spesifikasi yang sesuai dengan keinginanmu. Tapi, kamu harus tahu terlebih dulu apa saja sih komponen sepeda listrik?

BACA JUGA: MACAM-MACAM SEPEDA

___________________________

  1. Dinamo atau Motor Penggerak

Bukan sepeda listrik namanya kalau nggak punya dinamo. Motor penggerak ini memang jadi salah satu komponen sepeda listrik yang paling utama. Dinamo ini punya fungsi sebagai penghasil tenaga yang menggerakkan sepeda. Dinamo sepeda listrik biasanya terbagi jadi 2, yaitu Brushed DC dan BLDC.

Buat kamu yang cari dinamo dengan harga murah, memang jenis Brushed DC lebih direkomendasikan. Dinamo jenis ini sering digunakan di jenis mainan otoped. Tapi, kamu juga bisa kok menggunakannya buat dinamo sepeda listrik. Buat satu set dinamo jenis DC, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp 800 ribuan. Kalau Blibli Friends tertarik beli versi second, biasanya tersedia dengan kisaran harga Rp 300 ribuan.

Nah, tapi kalau kamu ingin sepeda listrikmu punya performa maksimal, siap-siap saja sediakan kocek cukup besar. Soalnya, harga dinamo BLDC juga nggak murah. Jenis dinamo BLDC yang paling banyak ditemui adalah jenis buat Motor E-Bike Planetary 350 W. harganya saja sudah mencapai 1,8 jutaan, lho. Semakin besar output watt yang dihasilkan, harganya juga bisa lebih mahal. Apalagi, ada yang bisa mencapai sampai 3 jutaan, lho.

  1. Kontroller

Selain dinamo, Blibli Friends juga butuh kontroller buat sepeda listrikmu. Kontroller sepeda listrik memang jauh lebih simple kalau dibandingkan dengan kontroller sepeda motor. Kontroller sepeda listrik biasanya terbagi jadi beberapa jenis. Contohnya, seperti kontroller standar, kontroller LED/LCD Function, kontroller full fitur, dan kontroller sinewave.

Kalau kamu nggak ingin ribet, Blibli Friends bisa saja pilih jenis kontroller buat dinamo Brushed DC yang memang cuma terdiri dari satu jenis saja. Tapi, kalau kamu ingin sepeda listrikmu punya fitur yang lebih bervariasi, sebaiknya pakai jenis kontroller BLDC.

  1. Handle Gas

Sepeda listrikmu juga butuh banget komponen handle gas. Handle gas ini punya fungsi yang kurang lebih sama dengan handle gas dari sepeda motor. Handle gas sepeda listrik ini terbagi jadi dua, yaitu handle gas model thumb throttle dan handle gas tarik. Model thumb throttle biasanya memanfaatkan dorongan jempol tangan buat memicu tarikan gas.

Sedangkan, handle gas tarik punya pengoperasian yang mirip banget dengan handle gas milik sepeda motor. Blibli Friends bisa pilih manapun yang sesuai dengan kenyamanan, ya.

  1. Baterai

Komponen sepeda listrik yang paling mahal adalah baterai dan chargernya. Jadi, kamu harus siapkan budget yang lumayan besar buat part satu ini. Jenis-jenis baterai buat sepeda listrik ada banyak banget macamnya. Rata-rata baterai sepeda listrik standar punya kisaran harga sekitar Rp 3.5 juta hingga Rp 5 jutaan.

Kalau kamu butuh baterai yang lebih murah, kamu bisa pakai jenis aki kering biasa. Walaupun lebih murah, tapi Blibli Friends harus siap-siap kenyamananmu bersepeda jadi berkurang. Soalnya, aki ini memang punya bobot yang lebih berat.

___________________________

BACA JUGA: REKOMENDASI SEPEDA LISTRIK TERBAIK

Itulah beberapa komponen sepeda listrik paling penting yang wajib Blibli Friends tahu. Ingin dapatkan komponen di atas dengan harga terjangkau. Belanja saja sekarang juga di Blibli. Blibli punya banyak banget penawaran promo dan diskon yang sayang banget buat dilewatkan. Ada juga garansi retur yang bisa kamu pakai seandainya barang yang sampai cacat atau nggak sesuai dengan yang kamu beli. Daripada rakit pc, rakit sepeda listrik saja bareng Blibli.

BELI SEPEDA LISTRIK BERKUALITAS DENGAN HARGA TERBAIK DI SINI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY