me

Kompetisi Film Pendek "Save Our Socmed"

Nov 18, 2022.By Nadine
Bagikan

hariansurabaya.com

Blibli Friends pernah mendengar tentang kompetisi film pendek “Save Our Socmed”? Kompetisi ini diselenggarakan oleh IOH atau INDOSAT Ooredoo Hutchison dan bekerja sama dengan CGV. Kompetisi ini keren banget karena memiliki tujuan untuk kampanye masyarakat yang lebih melek terhadap literasi.

Baca juga: Rekomendasi Film Perang Terbaik yang Kaya akan Sejarah


Kompetisi Film Pendek “Save Our Socmed”

Voucher Digital CGV Cinemas Rp 100.000 - Voucher Value

Apa saja sih yang termasuk ke dalam kompetisi film pendek “Save our Sosmed” ini? Program ini ternyata skalanya nggak main-main karena juga mengajak beberapa peran penting dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk mengenalkan dan mendukung lombanya.

Tentang Kompetisi

Voucher Digital CGV Cinemas Rp 75.000 - Voucher Value

Kompetisi ini mengusung tema “Waspada Flex Culture, Stay Humble!”. Tentu saja tema ini cocok banget untuk era sekarang dimana banyak masyarakat Indonesia yang sudah mengenal sosial media namun masih kurang bijak untuk menggunakannya. Sehingga mereka sering terhanyut pada flex culture dan hal-hal yang dirasa kurang bermanfaat.

Kompetisi ini berperan penting dalam eksplorasi bakat dan ekonomi kreatif dari generasi muda Indonesia masa kini. Selain itu, dampak yang bakalan dirasakan oleh generasi muda adalah lebih mampu menyikapi banyak macam gejala sosial yang ada di sekitarnya. Mereka nggak hanya belajar, namun mampu mengubah gejala yang ada menjadi karya yang mahal.

Tentunya hal ini sesuai dengan perkembangan ekonomi yang banyak diminati dimana mereka mengembangkan ekonomi kreatif berbasis kekayaan intelektual. Kompetisi ini diawali dengan pelatihan di sepuluh kota yang ada di Indonesia yakni Balikpapan, Makassar, Mataram, Medan, Palembang, Solo, Surabaya, Bandung, Bogor sampai Jakarta.

Apa saja kegiatan menarik yang dilakukan saat kompetisi film pendek ini berlangsung? Kamu bisa cek penjelasannya di bawah ini:

Pelatihan tata cara pembuatan film

Kompetisi ini diawali dengan adanya pelatihan yang diadakan di 10 kota seperti yang disebutkan di atas. Pelatihan yang diberikan adalah mendalami tentang dampak dari flex culture dan juga tata cara pembuatan film yang baik dan benar. Banyak peserta yang antusias dan semakin tertarik untuk ikut lombanya.

Submit film pendek

Para peserta yang sudah mendaftar diharuskan untuk mengirim ide kreatif terbaiknya dan menuangkannya dalam bentuk film pendek. Film ini dibatasi durasinya yakni maksimal 10 menitan untuk setiap karya. Sehingga lebih padat makna dan nggak bertele-tele untuk dilihat.

Bakat baru terlahir

Ternyata kompetisi ini nggak hanya memberikan kesempatan karya terbaik untuk menang, namun juga mampu melahirkan bakat-bakat baru yang lebih baik lagi dari generasi muda. Dengan adanya kompetisi ini banyak sekali ide kreatif dan bakat muda yang berani unjuk diri terhadap kemampuannya.

Harapan besar

Nggak hanya muncul bakat baru namun harapan baru juga bakalan muncul dengan banyaknya ide baru dan film berkualitas untuk Indonesia yang lebih baik. Tentunya hal ini bisa menjadi wadah menarik untuk penggerak industri perfilman di Indonesia masa depan.

Pemenang dan trailer film

Voucher Digital CGV Cinemas Rp 50.000 - Voucher Value

Kamu perlu tahu kalau kompetisi ini bisa dibilang sukses banget yakni telah mendapatkan animo tertinggi. Dalam pelatihannya telah mampu mengajak sekitar 467 peserta bergabung di dalamnya, nominasi video sampai dengan 124 dan telah ditonton sebanyak 6,7 juta penonton di semua platform yang telah disediakan.

Tentunya menjadi ajang bergengsi dan banyak ditunggu penyelenggaraannya lagi. Kira-kira siapa saja yang berhasil mendapatkan kejuaraan di kompetisi film bergengsi ini?

Pemenang pertama

Pemenang pertama atau juara satu dari kompetisi ini adalah tim ActFilm. Mereka membawakan film dengan judul “Bayangan”. Tentu saja mereka telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan juri baik dari segi kemampuan akting, sinematografi, jalan cerita sampai dengan kesesuaian tema dan makna yang ada di dalamnya.

Pemenang kedua

Nggak hanya ada pemenang utama, namun di kompetisi ini juga ada pemenang kedua. Pemenang keduanya adalah tim Unlimite. Judul film yang mereka buat adalah “An Xin”. Mereka sangat bekerja keras untuk memberikan karya terbaik sesuai dengan bekal ilmu dan pengalaman selama pelatihan.

Pemenang ketiga

Pemenang berikutnya adalah tim Ruang Tengah Media yang menjadi juara ketiga dengan ide kreatif filmnya berjudul “FOMO”. Jalan ceritanya cukup bagus lengkap dengan penataan sinematografi dan adu akting yang menarik di dalamnya. Jadi, layak banget untuk menduduki juara ketiga.

Pemenang lainnya

Hanya itu saja? Tentu saja nggak dong karena di kompetisi ini juga ada banyak pemberian penghargaan lain untuk para peserta yang ada biar lebih semangat untuk berkompetisi. Jika ditotal semua pemenang ini bakalan mendapatkan total hadiah sekitar Rp100 jutaan rupiah.

Beberapa penghargaan yang diberikan adalah Best Actor, Best Actress, Most Views, Most Likes, Most Shared, Best Director, Best Cinematography, Best Screenplay, Best Teaser, dan Best Poster. Sehingga makin banyak peserta yang termotivasi untuk berkarya lebih baik setelah kompetisi ini berakhir.


Baca juga: Rekomendasi Film tentang Persahabatan

Blibli Friends juga berniat untuk memajukan dunia film Indonesia? Kamu juga bisa mendukung dengan cara menonton karya anak bangsa! Yuks cek voucher bioskop terbaru yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan hanya di Blibli saja!

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel