Tidak Sulit, Begini Cara Mendapat Kompensasi Pembayaran Listrik

Buat kamu yang tinggal di wilayah pulau Jawa bagian barat, termasuk area Jabodetabek, tanggal 4 Agustus 2019 sempat jadi mimpi buruk ketika aliran listrik terputus seharian penuh. Saat itu adalah hari Minggu yang seharusnya bisa digunakan untuk bersantai, malah mebuat kita mati gaya karena bingung harus beraktivitas apa di tengah kondisi tidak ada daya elektrik sama sekali.

Meski secara tidak langsung membuat banyak orang keluar rumah dan kembali berinteraksi dengan tetangga sekitar saat mati listrik, tetap saja jengkel rasanya mengingat kala itu akses internet tersendat, televisi hanya jadi pajangan, dan hunian gelap gulita tanpa lampu.

Mereka yang punya genset pun tidak semuanya berhasil selamat dari mati gaya saat listrik padam, karena insiden tersebut terjadi bervariasi antara 10 hingga 24 jam lamanya, sehingga risiko biaya yang dikeluarkan bisa sangat mahal.

via:merdeka.com

Bahkan, mati listrik juga berpengaruh pada lalu lintas dan layanan transportasi. Banyak lampu lalu lintas mati sehingga memicu kekacuan di banyak titik. Angkutan kereta Comuter Jabodetabek terganggu perjalanannya sehingga membuat sebagian penumpang terpaksa turun di tengah rel.

Kerugian tentu sangat besar sehingga tidak heran jika pemerintah pun turun tangan menanggapinya. Melalui wewenang Perusahaan Listrik Negara (PLN), pemerintah menginstruksikan pemberian kompensasi atas kondisi listrik padam itu, sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 27 Tahun 2017.

Pelaksana (Plt) Direktur Utama PLN Sripeni Inten, kompenssi itu otomatis akan diberikan kepada pelanggan pada September nanti, berupa potongan tagihan biaya beban penggunaan listrik selama bulan Agustus, demikian dikutip dari Kompas.com pada Jumat (30/8/2019).

Kompensasinya sendiri dibagi menjadi dua kategori, yaitu potongan sebesar 20 persen untuk pelanggan subsidi dan 35 persen untuk pelanggan nonsubsidi –termasuk pengguna token.

Hanya saja, mekanisme kompensasi tersebut berbeda untuk pelanggan listrik prabayar maupun pascabayar yang menggunakan token.

SIAPKAN LAMPU DARURAT TERBAIK UNTUK RUMAHMU, CEK DI SINI

Mekanisme Kompensasi untuk Pelanggan Pascabayar

Via: Bisnis.com

Untuk pelanggan pascabayar, PLN secara otomatis mengurangi tagihan dan akan tercantum di dalam akun bernama ‘Rupiah Kompensasi TMP’ sebagai komponen pengurang tagihan listrik.

Misalnya nih, kalau jumlah tagihan listrik di rumah kamu sebesar Rp1 juta, akan ada pemotongan otomatis ‘Rupiah Kompensasi TMP’ senilai Rp350 ribu. Jadi, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp650 ribu saja.

Tapi ingat, tagihan tersebut belum mencakup Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen dan tagihan lain-lain. Jika kamu membayar tagihan listrik melalui ATM atau m-banking, jumlah yang tertera sudah dikurangi dengan diskon kompensasi.

BAYAR TAGIHAN LISTRIK TANPA REPOT DI BLIBLI.COM

Skema Kompensasi untuk Pelanggang Prabayar

Via: Beritabali.com

Untuk kamu yang menggunakan listrik secara prabayar, kompensasinya akan diberikan dalam bentuk tambahan kuota listrik saat membeli token terbaru.

Sebagai contoh, sebuah rumah menggunakan daya listrik sebesar 1.300 Volt Ampere (VA). PLN menghitung biayanya dengan menggunakan asumsi energi minumum selama 40 jam, sehingga dasar kalkulasinya adalah 1.300 dikali 40, yakni 52.000 VA.

Dikutip dari CNN Indonesia pada Jumat 30 Agustus, hasil kalkulasi di tas kemudian dikonversi menjadi satuan energi listrik, yaitu sebesar 52 kiloWatthour (kWh). Jadi, dengan kompensasi 35 persen, kamu akan mendapat tambahan daya sebesar 18,2 kWh.

BELI TOKEN PLN DI BLIBLI.COM

Perhatikan juga bahwa di pembelian token terbaru setelah listrik padam, kamu akan mendapatkan dua kode dalam struk. Kode pertama adalah token listrik sesuai nominal pembelian, dan yang kedua adalah untuk mengaktifkan tambahan kWh yang telah tersesuaikan secara otomatis.

Kabar baiknya lagi, kamu tidak perlu lagi susah payah pergi ke minimarket atau outle tertentu, karena kini hal tersebut bisa dilakukan via Blibli.com. Ada banyak keuntungan selain manfaat praktisnya, seperti misalnya kesempatan potongan harga melalui promo-promo tertetu yang digelar berkala.

BUTUH GENSET MINI UNTUK KEBUTUHAN LISTRIK DARURAT, CEK DI SINI

Jangan khawatir tidak mendapat kompensasi karena PLN telah mengalokasikan dana sebesar Rp865 miliar untuk mengakomodasi pelanggan pascabayar dan prabayar yang terdampak di wilayah Pulau Jawa bagian barat.

Jika pelanggan di area terdampak tidak memperoleh kompensasi atau terkendala dalam menerimanya, sangat disarankan untuk segera menghubungi pusat informasi (call center) PLN atau kantor operasionalnya yang terdekat. Jangan sampai terlewat, guys!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY