Koke: Alternatif Lain Nikmati Aroma Kopi

Berawal dari kegelisahan seorang teman yang suka aroma kopi namun tidak bisa meminumnya karena alasan kesehatan, Yudhi Prasetyo mendapatkan ide untuk menyelesaikan permasalahan tersebut melalui Koke.

Blog Blibli Friends mendapatkan kesempatan untuk ngobrol-ngobrol langsung bersama Yudhi di acara Folkaland x Blibli.com akhir Maret lalu. Simak yuk hasil obrolannya!

Yudhi, founder Koke

Koke merupakan singkatan dari Kopi Kreatif, sebuah brand asal Yogyakarta yang memfokuskan diri pada pengolahan kopi defect menjadi berbagai produk kreatif. Produk yang dihasilkan kini adalah gelang kopi, tasbih kopi, pengharum mobil kopi, aromatherapy roll on kopi, hingga parfum kopi. Kapasitas produksi biji kopi yang di awal hanya 100kg, kini sudah mencapai minimal 3 ton per bulan.

KOKE EDP Parfum
KOKE EDP Parfum

Kopi defect dipilih sebagai bahan utama karena ia melihat banyaknya biji kopi tidak layak jual saat panen di perkebunan Empat Lawang di Sumatera Selatan, tanah kelahiran Yudhi. Ia berharap bisa membantu para petani dengan menjadikan biji kopi defect ini sebagai komoditas utama bisnisnya. Tak hanya itu, Yudhi juga mengembangkan misi pemberdayaan masyarakat dengan menerapkan prinsip economy sharing.

Memberdayakan Ibu-Ibu di Yogyakarta

Tak hanya bijinya, Yudhi juga memanfaatkan karung goni yang biasa menjadi wadah kopi menjadi kemasan bagi produk pengharum mobil. Hmm, bentuk pengelolaan limbah yang menarik!

KOKE X Hope Pewangi Mobil
KOKE X Hope Pewangi Mobil

Produk Koke dibuat oleh para ibu di Randusari Prambanan dan Pendowoharjo Bantul Yogyakarta. Kini sudah ada 31 ibu-ibu yang bekerja dengan sistem borongan, bukan bulanan. Makin banyak yang dihasilkan, makin banyak yang didapatkan. Selain itu, Koke juga sudah punya distributor dan agen yang siap menyalurkan produk hasil buatan ibu-ibu ini.

“Produk yang paling unggul saat ini ada pewangi kopi, gelang kopi, parfum badan, dan aromaterapi roll on,” ujar pria yang pernah bekerja di salah satu perusahaan media Jakarta ini.

Tips Bisnis dari Koke

Ada beberapa tips bisnis dari Koke yang kini sudah bisa menembus omset 2 miliar per bulan. Katanya, sebisa mungkin konsisten dalam berbisnis dan mengerti supply chain. Yudhi investasi di kebun, merchandise, hingga ekspedisi. Selain itu, pelaku UMKM juga harus memiliki kesadaran akan brand dan menciptakan produk yang punya diferensiasi dan value proposition. Jangan lupakan juga dampak sosial yang bisa dihasilkan dari sebuah bisnis.

Tantangan Koke adalah produknya yang rawan ditiru. Maka itulah Yudhi sudah mematenkan produk-produknya dan mendaftarkan legalitas perusahaan.

 KOKE Lava Stone Gelang Kesehatan
KOKE Lava Stone Gelang Kesehatan

Penjualan online tentu sudah jadi salah satu metode utama bagi distribusi Koke. Walau punya toko fisik, Koke tetap ingin melebarkan sayap distribusi ke seluruh Indonesia.

“Apalagi kalau di online, seperti di Blibli punya free ongkir. Orang gagal beli online itu biasanya karena ongkir kan,” katanya.

Blibli Friends tertarik? Kamu bisa membeli produk Koke di Blibli.com. Jangan khawatir karena kamu bisa memanfaatkan gratis ongkirnya!

KLIK DI SINI UNTUK INTIP DAN BELI PRODUK KOKE DI BLIBLI.COM, GRATIS ONGKIR!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY