Oat jadi makanan yang dibenci sekaligus dicintai. Penampilan dan baunya memang tidak bisa membangkitkan selera makan, tapi si gandum ini ternyata punya banyak kandungan yang membuat tubuh sehat di balik semua kekurangannya. Oat bisa membantu menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap normal. Selain kandungan serat yang tinggi, oat juga menyediakan magnesium, protein, fosfor, dan vitamin B1 yang bisa menambah energi.

Penasaran dengan berbagai manfaat yang terkandung di balik si sehat oat? Simak yuk informasi yang dikumpulkan dari beberapa sumber ini.

Menurunkan Kolesterol

Oatmeal merupakan sumber makanan yang kaya serat larut. Serat larut adalah kandungan yang biasa ditemukan pada apel dan pir. Nah, manfaat serat larut adalah menghambat tubuh menyerap kolsterol LDL yang biasa dikenal sebagai kolesterol jahat. Satu setengah cangkir oatmeal mengandung lebih dari lima gram serat yang cukup untuk mengurangi tingkat kolesterolmu.

Mengurangi Risiko Hipertensi

Berbagai iklan oatmeal menyebutkan bahwa makanan ini bisa mengurangi risiko hipertensi. Ternyata, kandungan serat tinggi pada oatmeal-lah yang membuat oatmeal cocok sebagai penurun risiko tekanan darah tinggi.

Tinggi Antioksidan

Oatmeal ternyata mengandung tipe antioksidan khusus bernama avenanthramide. Jenis antioksidan ini mampu melawan radikal bebas yang menyerang. Di samping itu, kandungan ini juga melindungi kolesterol jahat dari proses oksidasi yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Mencegah Pengembangan Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan penyakit rawan yang bisa menyerang siapa saja. Tapi, ternyata dengan rajin mengonsumi oatmeal, risiko terserang bisa menurun karena gandum mengandung serat tidak larut dalam tubuh. Serat tidak larut ini akan menuju karsinogen dan menurunkan kadar estrogen dalam tubuh. Studi di Inggris menemukan bahwa wanita pra-menopause mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 41 persen hanya dengan makan serat dari biji-bijian.

Selain empat manfaat di atas, oat ternyata bisa jadi sumber karbohidrat yang memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga membantu mengendalikan berat badan. Selain itu, oat adalah makanan bebas garam sehingga bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Kandungan serat yang sudah dituliskan di atas ternyata tinggi, mencapai 3,4 g per sajian atau setara dengan 2,5 mangkuk nanas, 2,5 mangkuk pepaya, atau 2 buah tomat.

Yuk beli stok oat kamu sekarang juga di Blibli.com. Manfaatkan berbagai fasilitas yang ada mulai dari cicilan 0%, beragam cara pembayaran, kualitasnya yang terjamin, hingga gratis pengiriman. Tinggal pesan, oat sehat untuk keluarga sudah bisa dinikmati!

 

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY