Apakah kamu sedang berencana untuk mempunyai hewan peliharaan baru, tapi masih bingung harus mencari di mana? Mungkin opsi yang pertama kali muncul di pikiran kamu adalah pet shop karena sebagai tempat yang menyediakan berbagai hal seputar hewan peliharaan, pet shop sudah pasti menjadi tempat terpercaya.

Tapi, apakah kamu tahu bagaimana suatu hewan peliharaan bisa dijual di pet shop? Fakta ini belum diketahui banyak orang, tapi hewan yang berakhir di pet shop awalnya berasal dari “pabrik” hewan.

Menurut PETA.org, di “pabrik” hewan, khususnya untuk anjing, anjing betina diharuskan untuk mereproduksi setiap beberapa saat dan terkadang anjing ini tidak diberikan waktu istirahat sehabis reproduksi. Setelah anjing betina tersebut tidak bisa mereproduksi lagi, mereka akan langsung dilelang atau bahkan dibunuh begitu saja karena tidak menguntungkan lagi bagi “pabrik.

Selain itu, “pabrik” hewan ini cenderung meminimalisir pengeluaran demi menghemat pengeluaran, termasuk perawatan seperti kandang, makanan, dan sebagainya. Memang belum tentu semua “pabrik” hewan berlaku kejam seperti ini, tapi sebaiknya kamu menghindarinya demi kesejahteraan hewan.

Tidak hanya itu saja, ada beberapa keuntungan lain jika kamu memilih untuk mengadopsi daripada membeli hewan peliharaan.

1. Harga bukan merupakan prioritas bagi pengadopsian

harga bukan prioritas

Via Rileysplace.org

Pada umumnya, jika kamu memilih untuk mengadopsi hewan peliharaan, kamu akan mendapat biaya yang lebih murah daripada pet shop. Kebanyakan agensi adopsi akan mengikutsertakan biaya vaksinasi, dimana di pet shop biaya vaksinasi justru menambah biaya pembelian.

Namun, untuk memelihara seekor hewan, kamu tetap harus memilih peralatan dan produk-produk terbaik supaya hewan peliharaan kamu tetap fit. Semua produk berkualitas untuk hewan peliharaan bisa didapatkan via Blibli.com loh, dan pastinya juga dengan keamanan yang terjamin.

2. Hewan lebih terlatih

hewan lebih terlatih

Via Petfinder.com

Hewan yang ada di tempat pengadopsian sudah pasti lebih terlatih daripada hewan-hewan pet shop. Tidak semua hewan yang ada di sini bermasalah, terkadang bisa disebabkan karena ketidaksanggupan pemiliknya untuk terus menjaga hewan-hewan ini.

Hewan yang tidak diinginkan oleh pemilik lamanya pun akan dititipkan di tempat pengadopsian. Karena sudah pernah dipelihara sebelumnya, hewan-hewan ini pun sudah terbiasa dengan manusia dan lebih mudah untuk dilatih.

Hewan-hewan yang sudah dilatih tidak akan merusak perabotan rumah kamu, menyerang tamu yang mengunjungi rumah, atau buang air sembarangan di dalam rumah.

3. Hewan lebih sejahtera

hewan lebih sejahtera

Via DailyNewsDigs.com

Hewan-hewan yang ada di tempat pengadopsian juga lebih bahagia dan sejahtera karena orang yang mengurusnya ini adalah para pecinta hewan. Karena inilah hewan-hewan ini akan lebih terawat dan mempunyai kepercayaan kepada manusia.

Jika kamu memilih untuk mengadopsi hewan yang sudah di usia tua, kamu akan membuat hari-hari akhir hewan ini lebih baik. Mereka akan merasa disayangi dan ditemani. Bukankah ini merupakan hal yang penting?


BACA JUGA Jaga Peliharaan dengan Aneka Gizi Ini


4. Mengurangi populasi hewan liar

mengurangi populasi hewan liar

Via PetsinTexas.org

Tidak hanya menerima hewan peliharaan yang sudah tidak diinginkan lagi, tempat pengadopsian pun memberi penampungan bagi hewan liar. Tujuannya adalah untuk melindungi hewan-hewan liar tersebut dari kelaparan atau kekejaman manusia.

Jadi, jika kamu mengadopsi hewan peliharaan, kamu sudah melindungi satu nyawa hewan liar. Tempat pengadopsian tetap membutuhkan ruang untuk merawat hewan lain. Maka dari itu, jika kamu membantu mengadopsi hewan di tempat ini, kamu sudah membantu mengurangi populasi hewan liar secara tidak langsung.

5. Rasa pencapaian pribadi

pencapaian pribadi

Via Anthony Kelley in Flickr

Keuntungan yang paling mendalam dari mengadopsi hewan peliharaan adalah rasa pencapaian yang memuaskan bagi kamu. Memamerkan keimutan hewan peliharaan di media sosial juga akan terasa berbeda. kamu juga secara tidak langsung mempromosikan tindakan baik ini. DIbanding membeli hewan dari pet shop, kamu mengajarkan orang-orang untuk mengadopsi saja.

Anda akan mempunyai rasa bangga terhadap diri sendiri karena telah melakukan hal baik untuk keselamatan nyawa-nyawa hewan tersebut.

Bagi kamu yang memang masih memilih antara adopsi atau beli, kamu bisa mempertimbangkan hal-hal di atas. Memang hewan adopsi memiliki beberapa hal negatif juga. Hewan-hewan ini bisa memiliki sejarah buruk dengan manusia, seperti mengalami luka fisik maupun mental. kamu bisa kehilangan minat karena penampilan mereka yang kurang cantik dibanding hewan di pet shop. Tapi jangan lupa juga apa yang harus mereka lalui di “pabrik” hewan.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY