Yuk, Kenalan dengan Ketupat Lebaran yang Identik dengan Hari Raya

ketupat lebaran
Image Source: selerasa.com

Ketupat Lebaran – Blibli Friends, nggak terasa ya Lebaran sebentar lagi tiba. Udah nyiapin apa aja, nih? Yang utama tentu aja makanan untuk disantap bersama keluarga, ya. Kalau berbicara tentang menu khas Lebaran, ketupat tentu jadi salah satu makanan yang wajib hadir. Makanan sederhana yang sering dijadikan pengganti nasi ini ternyata punya sejarah panjang, lho. Selain itu, ada banyak informasi menarik tentang ketupat yang perlu kamu tahu!


Baca juga: Lemparan Ketupat Jadi Tradisi Takbiran di Kampung

Sejarah Ketupat yang Identik dengan Lebaran

ketupat lebaranAda banyak sekali versi dari sejarah ketupat. Tapi salah satu yang paling terkenal adalah ketupat merupakan makana yang sudah ada sejak abad ke-15 dan diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga, salah seorang wali yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa. Dalam istilah bahasa Jawa, nama sebenarnya bukanlah ketupat melainkan kupat, yang berarti ngaku lepat.

Ngaku artinya mengaku dan lepat artinya kesalahan, jadi dengan kata lain kupat mengusung filosofi dari mengakui kesalahan yang sering dilakukan umat muslim pada saat Lebaran. Di Pulau Jawa, saat Lebaran ada tradisi sungkeman atau saling bermaafan dengan cara bersimpuh di depan orang yang lebih tua sambil memohon maaf atas segala kesalahan alias ngaku lepat.

Tapi selain artian ini, ada juga yang menyebutkan jika kupat adalah singkatan dari laku papat. Laku adalah perilaku dan papat adalah empat dalam bahasa Jawa, jadi laku papat bisa diartikan sebagai empat perilaku. Yang disebut dengan laku papat adalah lebaran, luberan, leburan dan juga laburan. Masing-masing punya arti berbeda, lebaran menandakan usainya berpuasa dan menjadi tanda pintu ampunan yang terbuka lebar. 

Sedangkan luberan memiliki makna meluber atau melimpah, yang dimaksudkan saat Lebaran harusnya ada kebiasaan membagi harta yang melimpah kepada orang yang lebih membutuhkan. Leburan berarti melebur, yang dimaksud pada saat Lebaran maka seluruh kesalahan dan dosa akan habis lebur dengan ibadah yang sudah dilakukan selama 30 hari penuh. Dan yang terahir laburan berarti kapur, menandakan warna putih sebagai simbol kesucian setelah beribadah selama bulan Ramadan.

Kandungan Gizi dan Ketupat Lebaran

ketupat lebaran
Image Source: blog.roomme.id

Unik banget kan, sejarah di balik ketupat Lebaran? Nggak cuma punya sejarah yang menarik, ketupat Lebaran ternyata juga cukup menyehatkan untuk dikonsumsi. Ketupat memang terbuat dari nasi, namun kandungan kalorinya cenderung lebih rendah karena saat memasak ketupat dicampurkan lebih banyak air.

Nah, dalam satu buah ketupat berukuran sedang dengan berat sekitar 160 gram, kalorinya cuma 32 kkal aja. Bandingnya dengan nasi yang berukuran sama, kalorinya mencapai 206 kkal. Nutrisi lain yang ada di dalam ketupat adalah karbohidrat sebesar 43,2 gram, lemak 0,112 gram yang termasuk sangat rendah, dan juga protein sebesar 2,24 gram. Jadi kebayang kan, ketupat sebenarnya termasuk salah satu jenis karbohidrat yang sehat banget untuk dikonsumsi tiap hari bukan saat Lebaran aja.

5 Macam Ketupat yang Ada di Indonesia

Selama ini ketupat jenis apa yang paling sering Blibli Friends konsumsi? Yang paling umum pasti ketupat dengan bentuk segi empat, terbungkus janur alias daun kelapa dengan anyaman selang-seling. Tapi ternyata, ada cukup banyak jenis ketupat di Indonesia. Simak yuk, infonya!

  • Ketupat Bareh

ketupat lebaran
Image Source: ussfeed.com

Ketupat satu ini berasal dari Sumatera Barat, tepatnya Minang. Berbeda dengan ketupat biasa yang cenderung hambar dan memiliki rasa seperti nasi putih biasa, ketupat Bareh dibuat dengan campuran santan sehingga rasanya super gurih.

  • Ketupat Sipulut

Image Source: http://mydeliciousrecipes4u.blogspot.com/

Masih berasal dari daerah Sumatera Barat juga, ketupat Sipulut punya tekstur yang super lunak dan kenyal karena bagian luarnya disiram dengan santan kental. Jika biasanya ketupat dikonsumsi dengan makanan asin seperti gulai atau kare, ketupat Sipulut justru nikmat disantap dengan tape ketan hitam yang punya rasa asam manis.

  • Ketupat Katan Kapau

Image Source: https://merahputih.com/

Ketupat Katan Kapau juga berasal dari Sumatera Barat tepatnya daerah Kapau. Berbeda dengan ketupat kebanyakan, ketupat satu ini bentuknya lebih kecil dan dimasak dengan kondisi berbumbu. Rasanya jelas lebih gurih, bahkan bisa disantap terpisah tanpa makanan lain.

  • Ketupat Palas

Image Source: resipi.netlify.app

Ketupat unik asal medan ini berbentuk segitiga dan dibungkus dengan daun palas alias daun palem. Ketupat ini paling nikmat disantap bareng gulai. Tapi di sisi lain, ketupat palas juga bisa dikonsumsi dengan gula merah yang sudah dicairkan.

  • Ketupat Cabuk Rambak

Image Source: cosmopolitanfm.com

Yang disebut dengan ketupat Cabuk Rambak adalah ketupat yang sudah diiris kecil dan tipis, biasanya disajikan dengan sambal wijen. Ketupat ini berasal dari Solo dan sering juga dikonsumsi bersamaan dengan karak nasi.

Cara Membuat Ketupat Lebaran

ketupatNgiler setelah membaca berbagai jenis ketupat yang ada di Indonesia? Blibli Friends bisa banget nih, bikin ketupat sendiri dengan cara mudah. Kalau baru pertama kali bikin ketupat, sebaiknya kamu membeli wadah janur yang sudah jadi, tinggal mengisinya dengan beras. Tapi kalau mau bikin wadahnya sendiri tentu juga boleh!

Bahan yang dibutuhkan untuk bikin ketupat cuma beras dan air. Beras harus dicuci bersih kemudian direndam minimal 2 jam. Setelah itu, tiriskan air dan masukkan beras ke dalam wadah janur menggunakan sendok. Jangan diisi sampai penuh ya, cukup 2/3 bagian aja. Setelah diisi, rapatkan wadah janur dan masukkan ke dalam panci yang sudah berisi air mendidih. Pastikan setiap ketupat terendam air supaya matang sempurna. Proses masak ketupat dilakukan dengan api kecil selama 3 sampai 4 jam.

5 Menu Makanan yang Bisa Didampingi Ketupat

Kalau udah jadi ketupatnya, saatnya disantap dengan makanan yang pas. Apa aja nih, kira-kira makanan yang cocok disandingkan dengan ketupat?

  • Opor Ayam

resep opor ayamOpor ayam adalah olahan kaldu ayam dengan bumbu putih, memiliki rasa cenderung manis dan gurih. Biasanya, opor ayam dipadukan dengan sambal goreng ati ampela yang sedikit pedas, memberikan keseimbangan rasa yang super nikmat. Cocok banget disantap dengan ketupat Lebaran!

  • Kare Ayam

Sama-sama hidangan berkaldu, kalau kare ayam memiliki kuah kuning karena ada campuran kunyit di dalam bumbunya. Berbeda dengan opor, kare ayam punya rasa gurih dan asin yang bikin ketagihan. Makin nikmat saat disantap dengan telur rebus yang diberi bumbu petis.

  • Gulai Kambing

Image Source: Bango

Hmm, ketupat juga nggak kalah nikmat saat dipadukan dengan gulai kambing yang gurih. Biar nggak lebus, pastikan proses masak daging kambing dilakukan dengan benar. Tambahkan acar mentimun dan nanas biar rasanya lebih segar.

  • Rendang Sapi

Ketupat pun cocok banget disantap dengan rendang sapi ala Padang. Kamu bisa memasak jenis rendang yang sedikit berkuah, biar ketupat bisa terndam sempurna dan terasa lebih mantap di lidah. Jangan lupa tambahkan sambal biar lebih istimewa.

  • Soto Ayam

Kalau ingin hidangan yang lebih ringan dan nggak bersantan, soto ayam bisa dijadikan pilihan. Soto ayam pas banget disantap dengan ketupat plus kerupuk udang, jangan lupa sambal bawang atau sambal kecap dengan sedikit kucuran jeruk nipis.


Baca juga: Kirim Parcel Lebaran Biar Silaturahmi Tetep Jalan Pas Pandemi Gini

Ingin makan ketupat pas Lebaran tapi nggak sempat bikin sendiri? Jangan khawatir, kamu bisa beli ketupat matang di Blibli yang super terjangkau dan rasanya dijamin enak! Lebaran pun tetap meriah dengan hidangan nikmat tanpa perlu repot!

Dapatkan Ketupat Terlezat untuk Melengkapi Lebaranmu Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY