Ketularan Roadtrip, Cek Dulu Part-Part Ini di Mobil Kamu

Yakin ketularan roadtrip? Foto-video Instagram bolehlah dituding sebagai “penyebab”. Apalagi vlog-vlog yang bertebaran di YouTube. Seru banget kayaknya ya bisa menempuh jalan darat, datang dari satu kota ke kota lain. Makin panjang perjalanan, pastinya makin banyak tempat, makanan, suvenir, dan obyek-obyek yang bisa jadi cerita.

Intinya sebebas mungkin. Kamu bisa berhenti di mana pun yang kamu suka. Namun sebebas-bebasnya perjalanan, semuanya butuh kesiapan. Bukan cuma dana, fisik, melainkan juga mobil kamu. Apalagi buat mereka yang berpikir “ah apa bedanya naik mobil di dalam kota dan roadtrip“.

Misalnya begini. Dalam sehari, kita bisa naik mobil paling lama 3-4 jam. Namun saat touring, kota demi kota dilewati dan tanpa sadar kita sudah menghabiskan bahkan 7-8 jam perjalanan untuk sampai di penginapan sebelum akhirnya besok melanjutkan perjalanan lagi.

Nah, lama di jalan, artinya masa pakai kendaraan juga lebih lama. Bukan cuma lama, jarak tempuh pasti tembus ratusan sampai ribuan kilometer. Kalau lalai perawatan, yang ada malah repot cari bengkel di daerah antah-berantah.

Padahal, kendaraan sendiri terdiri dari part-part atau suku cadang yang dalam periode tertentu butuh ditengok atau sudah sangat wajb untuk diganti. Untuk itu, coba cek part-part apa saja yang mesti diperhatikan di bawah ini

1. Filter oli, penangkal agar kotoran oli tak bersarang di mesin

Photo by Cloudfront

Banyak pengguna mobil merasa sudah rajin mengganti oli. Namun, filter jangan-jangan malah dinomorduakan. Padahal, filter oli adalah penangkal kotoran agar oli kotor tidak ikut masuk dan mengganggu kerja mesin.

Sebab, oli yang merupakan cairan pelumasan kerap menampung kotoran yang masuk ke sela-sela mesin. Nah, tugas filter inilah yang menyaring kotoran agar kualitas oli dalam bekerja menjaga suhu mesin tetap jempol.

Sejumlah produsen sudah membuat filter oli dengan kualitas material hingga ulir yang sesuai dengan kendaraannya. Semuanya sudah diperhitungkan, makanya carilah yang orisinal dan berfungsi sesuai seharusnya

CARI FILTER TERBAIK UNTUK MOBIL KAMU DI SINI.

2. Kampas rem, penghenti laju yang berbahaya jika aus

Photo by Pixabay

Lamanya perjalanan mobil tentu saja berefek pada segala macam part, termasuk juga kampas rem. Sewaktu kamu roadtrip, bagian ini penting untuk dicek karena rem yang tidak pakem tentu berujung malapetaka.

Kampas rem sendiri terdiri dari dua bagian. Alas logam dan material gesek yang biasanya kini berbahan keramik. Material gesek inilah yang bersentuhan langsung dengan cakram. Makanya, kalau bergesekan terus, dia bisa menipis. Umumnya, kampas rem akan aus saat mobil sudah menempuh 35.000 km atau lebih.

Pertanyaannya, kapan terakhir kamu ganti kampas rem? Kalau mobil sudah sering dipakai bepergian untuk kegiatan sehari-hari, kampas rem mungkin sudah menipis. Pasti dia akan aus lebih cepat lagi saat roadtrip karena perjalanannya lebih jauh

JANGAN SAMPAI KAMPAS MOBIL KAMU TIPIS, YA!.

3. Pelat kopling, mobil melaju karenanya seusai pindah gigi

Photo by Negosentro

Saat pindah gigi, mobil akan melaju lagi sesuai kemampuan daya mesinnya. Namun itu tetap berlaku normal jika kampas kopling dan pelat kopling yang berbentuk seperti piring masih dalam kondisi laik pakai.

Kalau kedua benda tadi sudah aus, putaran dari mesin tidak akan sampai sempurna hingga ke roda penggerak selepas pindah gigi. Alhasil, mobil bergerak sangat lambat sekalipun gigi sudah dipindahkan dan pedal gas sudah diinjak dalam-dalam.

Ini PR banget loh buat kamu. Soalnya, ganti pelat kopling dan kampas kopling butuh waktu lama. Sebaiknya, bagian tersebut sudah diganti dengan yang sesuai peruntukannya supaya mobil tidak “mengejan”, apalagi jika kita sedang di jalur antara dua kota yang sep

PILIHAN KAMPAS KOPLIK TERBAIK BUAT MOBIL KAMU

Nah, sudah ada rencana untuk touring atau roadtrip dalam waktu dekat? Jangan lupa cek kondisi mobil kamu. Kalau menang mau mencari suku cadang, coba cek juga Blibli.com yang menawarkan diskon hingga 60%. Nah, tunggu apa lagi?

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

Latest posts by Rio (see all)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY