Menjaga Kesehatan Wajah Nggak Boleh Lalai! Selalu Disiplin Lakukan 8 Hal Ini!

kesehatan wajah

Menurut Kak Ira Buchara, dokter kulit dan pemilik klinik kecantikan Ruby Beauty & Wellness, para wanita Indonesia biasanya belum sadar akan pentingnya menjaga kesehatan wajah sampai timbul keluhan.

Dari hal-hal kecil seperti lupa pakai tabir surya ketika cuaca kering, atau pelembab di ruangan AC dingin. Apakah kamu termasuk orang yang sering lupa itu?

Jika ya, lebih baik mulailah rawat kulit wajah kamu sebelum terlambat. Untuk membantumu, Blibli Friends akan berbagi tips yang super doable dari Kak Ira untuk menjaga kesehatan wajah kamu! Apa katanya?

1. Hidrasi tubuhmu selalu!

kesehatan wajah
Via – Yabaiii

Iklim Indonesia dapat membuat kulitmu rentan kehilangan kelembabannya! Karena itu Kak Ira mengingatkan untuk menghidrasi tubuhmu selalu, biar halus, lembab dan juga tampak bercahaya! Kak Ira sendiri pun selalu minum air putih atau infused water minimal 8 gelas setiap harinya. Semuanya demi kulit wajah sehat!

2. Kurangi junk food, perbanyak buah dan sayuran

kesehatan wajah
Via – Cairo Portal

You are what you eat,” itulah kata Kak Ira saat menjelaskan bahwa makanan yang dikonsumsi itu memiliki pengaruh penting dalam menjaga kesehatan kulit. Kandungan nutrisi yang ada dalam buah dan sayuran sangatlah dibutuhkan oleh kulit.

Sedangkan junk food yang mengandung lemak jenuh yang tidak baik untuk kulit wajah. Hindari makanan pedas dan junk food ya! Nutrisi baik atau buruk, semua tergantung pilihanmu.

3. Hindari radikal bebas, perbanyak anti-oksidan

kesehatan wajah
Via – Lebanon

Kata Kak Ira, bila nggak mau kena radikal bebas yang ada pada suasana terik dan berpolusi, biasakanlah untuk memakai masker saat bepergian dan membersihkan wajah setelah beraktivitas. Perbanyak juga mengkonsumsi makanan yang mengandung anti-oksidan untuk memerangi radikal bebas! Selain itu, kamu juga bisa memberi kulitmu nutrisi anti-oksidan dengan menggunakan produk pelembab seperti yang satu ini.

4. Berhati-hatilah dalam menggunakan makeup

kesehatan wajah
Via – Avo Skin Beauty

Buat kamu yang senang makeup, sekarang harus lebih waspada lagi nih! Pastikan untuk mengetahui dulu apa jenis kulitmu untuk menghindari kerusakan pada wajah. Selain itu, segeralah bersihkan wajah setelah selesai beraktivitas. Karena sabun cuci muka nggak menjamin wajahmu terbebas dari makeup, Kak Ira menyarankan untuk selalu bersihkan wajah dengan facial cleanser. “Pastikan cleanser yang kamu gunakan itu nggak mengandung alkohol ya supaya kulit wajah nggak kering!” peringat Kak Ira.

5. Selalu bersihkan wajah setiap selesai beraktivitas

kesehatan wajah
Via – Verywell

Lagi-lagi Kak Ira menekankan untuk selalu membersihkan wajahmu setiap selesai beraktivitas meski kamu nggak menggunakan makeup! Membersihkan wajah itu langkah perawatan yang sangat esensial untuk menjaga kulitmu dari kotoran serta polusi yang bisa merusaknya. Karena itu, bersihkanlah wajahmu dengan urutan tepat, yaitu facial cleanserfacial washtoner.

6. Gunakan pelembab setiap pagi dan malam!

kesehatan wajah
Via – Style Caster

Menurut Kak Ira, wajah yang terjaga tingkat kelembabannya adalah kunci dari kulit yang sehat. Karena itu, kamu harus selalu menggunakan pelembab setiap pagi dan krim malam saat sebelum tidur.

Jangan lupa juga untuk menggunakan eye cream setiap sebelum tidur agar matamu terbebas dari kerutan! Kamu juga bisa menggunakan masker sebagai salah satu langkah melembabkan wajahmu.

7. Jangan lupa pakai ulang sunscreen-mu

kesehatan wajah
Via – She Knows

Kak Ira menyarankan agar kamu memakai sunscreen setiap hari dengan pengulangan pemakaian setiap 3 jam sekali di lokasi outdoor. Karena sunscreen baru bekerja efektif setelah 30 menit pemakaian, gunakan dulu sunscreen setengah jam sebelum waktu kamu pergi beraktivitas.

Untuk produk sunscreen, Kak Ira sangat menyarankanmu untuk memilih sunscreen non-comedogenic dengan kandungan minimal SPF 30. Sedangkan untuk kamu yang berjerawat gunakanlah sunscreen khusus yang mengandung niacin.

Nah, buat kamu yang sering bingung dengan urutan pemakaian produk wajah, Kak Ira sudah memberi bocoran untuk langkah yang tepat, yaitu: facial wash – tonerpelembabsunscreenfoundationbedak. Jadi, jangan sampai salah urutan lagi ya!

8. Exfoliate wajahmu biar sel-sel kulit mati kabur

kesehatan wajah
Via – Women and Sports

Bila wajahmu sekarang tampak kusam, bisa jadi wajahmu sedang penuh dengan sel-sel kulit mati, lho! Untuk menghindari masalah ini, Kak Ira menyarankanmu untuk selalu meng-exfoliate wajah dengan melakukan scrubbing di rumah setiap seminggu sekali. Tapi bila kamu ingin perawatan exfoliate yang lebih maksimal, kamu bisa melakukannya di klinik kecantikan bersama dokter minimal 2 minggu sekali.


Menjaga kesehatan wajah itu ternyata nggak susah bukan? Dengan terus melakukan hal-hal sederhana dari Kak Ira ini, wajahmu pasti bisa terhindar dari berbagai masalah seperti jerawat, penuaan dini dan juga bercak-bercak. Bisa tampil cantik setiap saat deh!

Bila setelah melakukan hal-hal tersebut ternyata masih ada masalah yang terjadi dengan wajahmu, Kak Ira menyarankanmu untuk segera konsultasikan dengan dokter yang terpercaya.

Jangan pernah malas merawat kesehatan wajah sejak dini! Daripada menyesal di kemudian hari, pilih mana? Yuk, langsung siapkan semua perlengkapan untuk menjaga kesehatan wajah yang kamu butuhkan di Blibli.com sekarang! Segala hal yang kamu butuhkan ada deh di Blibli.com!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY