4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Persiapan Umroh Pertama Kali

persiapan umroh pertama kali

Pernah nggak sih kamu kepikiran mau pergi haji? Bagi generasi milenial, mungkin pergi haji ke tanah suci menjadi hal yang masih jauh di pikiran. Dibandingkan pergi haji, usia muda seperti kamu sekarang, minat dan pikiran mungkin masih berpusat tentang usaha untuk memapankan diri. Punya mobil baru, DP rumah sendiri, punya furnitur mewah, punya gadget yang mahal, dan seterusnya.

Apalagi, biaya untuk haji dikenal mahal. Umroh pun menjadi pilihan generasi milenial. Umroh menjadi alternatif pilihan bagi kamu yang ingin beribadah dan merasakan pengalaman berhaji kecil. Tak mengapa, ibadah umroh menjadi ibadah yang memiliki pahala tinggi juga lho.

Untuk itu, penting mengetahui segala hal tentang umroh sejak sekarang.  Salah satu yang sering kali luput diperhatikan oleh mereka yang hendak berumroh adalah persiapan umroh. Kesalahan ini biasanya dialami oleh mereka yang baru pertama kali pergi umroh.

Karena merupakan pengalaman pertama kali, banyak calon jamaah umroh yang melakukan kesalahan dalam mempersiapkan diri. Apa sajakah kesalahan saat persiapan umroh pertama kali yang dimaksud? Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

SEDANG SIBUK PERSIAPAN UMROH? JANGAN LUPAKAN 4 HAL INI, YA!

Tidak Cek Musim dan Prakiraan Cuaca

Photo by Rachio Community

Beribadah di negeri asing, kamu tentu tidak mengetahui betul tentang seluk beluk musim dan cuaca. Alih-alih hendak beribadah, kamu justru malah salah kostum. Lebih parahnya lagi, dari salah kostum itu, kondisi tubuh kamu malah ngedrop. Ujung ujungnya, ibadah umroh menjadi kurang maksimal deh. Itulah kenapa mencari tahu musim dan perkiraan cuaca begitu penting dilakukan. Pencarian informasi tentang musim dan perkiraan cuaca akan memudahkan kita mempersiapkan pakaian.

Abai Terhadap Kesehatan Fisik dan Mental

CNN Indonesia

Bila dibandingkan dalam hal jarak, bepergian ke tanah suci mungkin sama jauhnya dengan bepergian ke negara Eropa atau Amerika. Tapi, apa iya persiapan yang harus dilakukan sama? Nyatanya tidak lho. Untuk pergi umroh, kamu tidak boleh abai terhadap kesehatan fisik dan mental. Karena selama ibadah umroh, kamu perlu untuk beribadah dalam intensitas yang cukup sering. Coba deh bayangkan, kalau tidak siap fisik dan mental, mungkin kamu jadi nggak fokus ibadah karena kelelahan dan lebih memilih beristirahat di hotel dibanding ke Masjidil Haram atau makam Rasulullah SAW.

So, supaya kondisi fisik dan mental mendukung, berikut hal-hal yang sebaiknya kamu lakukan sebelum berangkat umroh:

  • Olahraga secara teratur seperti rajin berjalan kaki
  • Makan makanan bergizi
  • Mempersiapkan mental dengan menghilangkan perasaan dan pikiran negatif yang dapat mengganggu konsentrasi ibadah

Tidak Mencari Tahu Do’s and Dont’s Umroh

Photo by Quibus Trainings

Ke Makkah dan Madinah harus berpakaian seperti apa, ya? Bolehkah menggunakan wewangian? Hal-hal tersebut sebaiknya kamu riset dan pelajari sebelum berangkat umroh. Di Arab Saudi, peraturannya cukup ketat, lho. Saking ketatnya, bahkan sampai diawasi langsung oleh pihak Kerajaan Saudi. Kalau melanggar, hukumannya tak main-main.

Kalau sudah begitu, penting untuk mencari tahu apa yang dapat dilakukan (Do’s) dan apa yang tidak (Don’ts). Daripada bingung, berikut beberapa hal yang sebaiknya kamu ketahui, ya.

Do’s:

  • Disunnahkan mandi besar atau janabah
  • Meminum air zam-zam
  • Mencukur rambut

Don’ts:

  • Mengambil rambut
  • Menggunakan wewangian
  • Memotong kuku
  • Berburu binatang

Tidak Melakukan Riset Mengenai Travel Agent

Photo by unsplash.com

Nah, kesalahan yang juga sering dilakukan adalah kesalahan dalam memilih travel agent saat umroh. Kesalahan itu berangkat dari tidak dilakukannya riset mengenai travel agent yang bersangkutan. Banyak kasus yang dapat merugikan calon jamaah seperti kamu, lho. Seperti harga yang terlampau mahal atau yang terparah adalah penipuan. Nggak mau kan hal tersebut terjadi sama kamu?

Maka dari itu, kamu perlu memastikan beberapa hal di bawah ini sebelum memutuskan membeli paket umroh:

  • Travel agent merupakan agen resmi yang sudah terdaftar
  • Jadwal keberangkatan dan itinerary yang jelas
  • Riwayat agen travel yang jelas (apakah terpercaya?)

Nah, itu dia 4 kesalahan yang sering dilakukan ketika persiapan umroh pertama kali. Kalau kamu masih bingung mau beli paket umroh di mana, Blibli.com menyediakan berbagai jenis paket umroh dari travel agent terpercaya yang sudah terdaftar di Kementrian Agama, lho. Jadi, nggak perlu khawatir kena penipuan. Soal harga pun nggak perlu diragukan lagi karena banyak penawaran menarik dan promo spesial untuk kamu. Yuk segera #BlibliSekarang paket umroh kamu!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY