7 Kesalahan Perawatan Wajah Ini Sering Kamu Lakukan Tanpa Sadar, Lho!

kesalahan perawatan wajah
Via - Miss Bish

Bagi wanita, melakukan perawatan wajah itu sama pentingnya seperti makan tiga kali sehari! Alasannya, kulit wajah bisa menua dengan lebih cepat bila nggak melakukan perawatan. Akan tetapi, seringkali ada saja beberapa kesalahan perawatan wajah yang kamu lakukan tanpa sadar hingga mengakibatkan wajah kusam dan berjerawat, lho.

Yuk, coba ingat-ingat! Apakah kamu melakukan 7 kesalahan perawatan wajah ini?

1. Lupa cuci tangan dengan bersih

kesalahan perawatan wajah
Via – Janine Lamontagne

Apakah kamu sering menggunakan tangan yang kotor untuk membasuh wajah? Nah, enggak heran kalau wajahmu jadi cepat berjerawat! Semua ini karena tanganmu yang kotor membuat wajah jadi tercampur bakteri dan kuman sebelum memakai pembersih muka.

Untuk menghindari kesalahan perawatan wajah ini, ingatlah untuk selalu mencuci tanganmu dengan sabun anti kuman terlebih dahulu. Baru deh digunakan untuk membersihkan wajah. Wajahmu pun bebas dari jerawat, deh!

2. Langsung mencuci wajah tanpa membersihkan sisa makeup

kesalahan perawatan wajah
Via – Beautylish

Setelah seharian beraktivitas menggunakan makeup, seringkali kamu langsung membersihkan wajah dengan sabun pencuci wajah tanpa memastikan bahwa wajahmu sudah bebas dari sisa-sisa makeup yang masih menempel. Ini berbahaya lho!

Sisa-sisa makeup yang menyumbat pori-pori kulit dapat menghambat keluarnya kotoran dari wajah. Padahal, tujuan utama dari membersihkan wajah adalah untuk membersihkan kotoran yang menumpuk di pori-pori.

Baiknya, sebelum membersihkan wajah dengan sabun pencuci wajah, pastikan untuk membersihkan sisa makeup yang menempel dengan makeup removal!

3. Tidak memerhatikan bahan kandungan produk yang sesuai dengan kulit wajah

kesalahan perawatan wajah
Via – Sazan

Ada produk kecantikan yang lagi hits dari Korea dan kamu enggak tahan untuk membelinya biar dibilang kekinian! Tapi, saat membelinya kamu enggak memperhatikan apakah kandungan yang ada di dalamnya cocok atau nggak dengan kulit wajahmu. Hal seperti ini nih yang bisa membuat kulit wajahmu jadi rusak.

Ingat, mau harganya semahal apapun, jika produknya nggak cocok dengan kulit malah menimbulkan reaksi alergi. Bukannya tambah cantik malah sebaliknya! Karena itu, sebelum membeli produk kecantikan, selalu perhatikan dulu komposisinya. Jika mengandung bahan yang nggak cocok dengan kulitmu, langsung buang jauh-jauh deh!

4. Mengunakan air hangat untuk membilas wajah

kesalahan perawatan wajah
Via – Miss Bish

Konon, banyak orang percaya bahwa membilas wajah setelah memakai masker haruslah menggunakan air hangat. Cara ini dipercaya akan berefek baik pada kulit wajah karena dapat membuat pori-pori kulit wajah terbuka sehingga kotoran dapat keluar dengan mudah.

Padahal, untuk membersihkan wajah dari masker dengan benar itu cukup dengan menggunakan air suhu ruangan atau air dingin. Air hangat justru bisa menimbulkan kulit kering, iritasi ataupun membuat kulit wajah memproduksi minyak berlebih, lho! Lebih hati-hati lagi ya, girls!

5. Terlalu kuat saat menggosok wajah

kesalahan perawatan wajah
Via – Garnierusa

Setelah membasuh wajah dengan air, selanjutnya kesalahan perawatan wajah yang sering kamu lakukan adalah cara untuk mengeringkannya. Saat mengeringkan wajah, selalu gunakanlah handuk kering atau tisu wajah yang lembut. Pastikan juga untuk mengeringkan wajahmu dengan cara menepuk lembut dan perlahan! Menggosok wajah terlalu keras hanya akan membuat wajahmu iritasi dan juga lebih cepat keriput. Lebih sayang pada kulit wajah ya!

6. Menggunakan alat makeup yang kotor

kesalahan perawatan wajah
Via – scstylecaster

Entah karena terlalu malas atau nggak peduli, kamu jadi sering menggunakan peralatan makeup yang kotor. Alat makeup yang kotor mengandung banyak kotoran, kuman, dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan kulit wajah lho!

Bersihkan alat makeup minimal dua atau tiga minggu sekali. Bila peralatan makeup-mu mulai mengeluarkan bau nggak sedap, langsung segera bersihkan ya!

7. Membiarkan rambut terurai pada saat tidur

kesalahan perawatan wajah
Via – Huffingtonpost

Mengikat rambut saat kamu tidur memang nggak dianjurkan karena dapat berdampak buruk pada kesehatan rambutmu. Tetapi, beda kasusnya kalau kamu memiliki wajah yang sangat berjerawat!

Membiarkan rambut terurai pada malam hari hanya akan membuat kandungan minyak pada rambut masuk ke dalam pori-pori dan menyumbat pori-pori wajah. Sebaiknya ikat rambutmu jika ingin jerawatmu segera hilang! Tapi, pastikan mengikat rambut dengan longgar ya agar rambutmu tetap terawat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan 7 kesalahan perawatan wajah yang tanpa sadar sering kamu lakukan? Mulai sekarang, cobalah untuk mengubah kebiasaan burukmu ya girls. Semuanya demi kecantikan kulit wajahmu!

Selain merawat wajah dengan cara yang benar, tentunya kamu juga memerlukan produk perawatan kulit wajah yang tepat untukmu. Nggak perlu bingung harus mencari kemana, karena Blibli.com punya segudang barang untuk menunjang kecantikan kamu. Yuk borong produk kecantikanmu sekarang!

Bila kulitmu sudah bebas dari kusam dan jerawat, percaya deh makin banyak yang akan mendekatimu!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY