Negara Indonesia sangat kaya akan buah-buahan yang bisa kamu nikmati berbagai macam manfaatnya. Nah, buah-buahan juga biasanya diolah kembali jadi snack supaya bisa dikonsumsi dengan cara berbeda, mulai dari keripik pisang, nangka, sampai durian. Bahkan, sekarang ini udah ada keripik pepaya, yang diproduksi oleh Gandoel Mercon, lho!

Founder Gandoel Mercon, Arief Joko, berani mengklaim kalau produknya merupakan satu-satunya keripik olahan pepaya yang ada di Indonesia! Darimana ya Arief mendapatkan inspirasi untuk membuat Gandoel Mercon? Yuk lihat cerita lengkap finalis Top 20 The Big Start Indonesia Season 3 yang berasal dari Magelang ini!

SIAPA AJA SIH FINALIS TOP 20 THE BIG START SEASON 3 INDONESIA? CARI TAHU DI SINI!!

Melihat kebun pepaya yang nganggur

gandoel mercon
Via – @gandoelmercon

Everything really does happen for a reason! Kalau Arief nggak pulang ke Magelang untuk mengurus orang tuanya yang sakit, mungkin dia nggak akan terpikir untuk berbisnis keripik pepaya. Kebetulan, orang tua Arief memiliki kebun pepaya dengan jumlah kurang lebih 500 pohon pepaya! Sayangnya semua yang ada di kebun itu hanya dijadikan makanan sapi.

Arief akhirnya terinspirasi untuk mengolahnya menjadi makanan. Setelah melewati fase trial and error selama 3 bulan, Arief akhirnya berhasil mengolah keripik pepaya menjadi snack yang nikmat. Supaya lebih unik dan enak, dia menambahkan bumbu pedas yang terinspirasi dari snack-snack pedas kekinian yang lagi hits banget saat itu. Dari situ, lahirlah ide untuk menamakan bisnisnya Gandoel Mercon karena produk pertamanya memiliki cita rasa pedas yang nendang dan sedap banget untuk dimakan!

BELUM TAU HADIAH APA YANG AKAN DIPEROLEH JUARA THE BIG START? LIHAT DI SINI!!

Lebih dari sekedar rasa khas pepaya

gandoel mercon

Karena semakin disukai konsumen, Arief mulai menciptakan rasa-rasa baru yang lebih familiar supaya bisa dinikmati berbagai kalangan, seperti original, keju, coklat, barbeque, rumput laut, dan jagung manis. Nggak disangka-sangka, respon pasar pun menunjukkan sinyal-sinyal positif dengan banyaknya order yang mulai berdatangan.

Semua itu nggak diperoleh dengan cara yang mudah, lho. Arief memulai semuanya dengan menjualnya secara satu per satu lewat Instagram. Ia pun masih ingat betul momen saat Arief menunggu respon pembeli pertamanya. Perlahan-lahan, keripik ini ditawarkan dari satu orang ke orang lain sampai akhirnya dikenal banyak kalangan.

“Awalnya COD (cash on delivery) sampai ke Tangerang. (Pembeli) cuma beli dua. Nggak ada untung sama sekali, malah nombok. Tapi biarin aja nggak apa-apa. Supaya orang tahu dulu (Gandoel Mercon),” ujar Arief. Hebatnya, dalam waktu kurang lebih setahun, udah ada 30 reseller yang tersebar di kota-kota besar, seperti Semarang, Jakarta, Jogjakarta, dan lain-lain!

YUK, CARI TAHU 5 DEWAN JURI YANG AKAN MENILAI PARA KONTESTAND DI TBS SEASON 3!!

Terdorong masalah finansial keluarga

gandoel mercon

Kesuksesan ini tentu menjadi sebuah keharuan tersendiri buat Arief. Dulu, Arief sering mendapat cemoohan karena idenya dianggap kurang menarik bahkan mustahil untuk diwujudkan. Nggak sedikit juga lho yang awalnya memandang rendah Arief karena sebenarnya ia sudah meraih gelar sarjananya dan pernah menjadi pegawai di bea cukai. “Semua bilang, ‘sarjana kok ngiris pepaya, jemur pepaya.’ Banyak yang ngatain saya,” ceritanya.

Tapi, Arief nggak membiarkan semua itu menghalangi langkahnya untuk menjadi seorang pengusaha kuliner. Memang, Arief sedang terhimpit masalah finansial saat memulai bisnis. Bahkan, untuk meneruskan usaha, dengan berat hati Arief harus menjual cincin kawin istrinya. Jadi, Arief harus terus berjuang menafkahi keluarganya lewat usaha ini.

“Saya terpaksa harus jual cincin kawin. Sedih sekali sebenarnya. Tapi, itu kan satu-satunya sumber penghasilan saya (Gandoel Mercon). Itu pun cuma untuk DP 50 persen (tenant acara festival kuliner),” ungkapnya sambil menitikkan air mata.

JANGAN SAMPAI KETINGGALAN INFO-INFO PENTING SOAL TBS!

Ingin membuktikan diri di The Big Start

gandoel mercon

Terlepas dari semua itu, Arief bersyukur istrinya masih mendukung dengan sepenuh hati. Makanya, di The Big Start, Arief bertekad untuk bisa menang supaya bisnisnya pun bisa turut ikut berkembang. Karena, ia masih terbentur masalah modal buat merealisasikan mimpi-mimpinya dengan Gandoel Mercon. Lebih dari itu, dia mau membuktikan kehebatannya pada orang-orang yang meremehkannya selama ini.

Arief pun sebenarnya sedang sakit saat berangkat ke Jakarta untuk mengikuti karantina TBS. Tapi, dia nggak memperdulikan itu semua karena semangatnya berkompetisi dan membuktikan diri. Berhasil masuk ke TBS merupakan pencapaian super besar dan mengharukan untuk Arief, Friends. Saat dikabari, dia sampai berhenti di jalan untuk sujud syukur karena terlalu senang dan terharu.

Arief bertekad akan terus mengembangkan bisnisnya sendiri walaupun banyak yang mau mengambil alih bisnisnya karena prospeknya yang menjanjikan. Karena, di balik Gandoel Mercon, banyak cerita tentang perjuangan dan air mata yang sudah dilalui Arief. “Saya nggak mau lepas. Karena ini udah kayak anak saya sendiri. Semoga saya bisa ngembangin dan memperluas Gandoel Mercon. Prinsip saya, apa yang saya lakukan, pasti saya bisa maju,” katanya.

INFO-INFO MENARIK TENTANG THE BIG START ADA DI SINI!!


Cerita Arief di atas merupakan salah satu contoh kalau perjuangan keras nggak akan mengkhianati hasil, Friends. Mudah-mudahan, kisah ini bisa menjadi inspirasi buat kamu dan banyak orang lainnya untuk terus memajukan bisnis lokal sambil memberdayakan sumber daya Indonesia yang sangat kaya ini, ya!

Apakah Arief berhasil membawa Gandoel Mercon menjadi juara di The Big Start Indonesia Season 3? Jangan kelewatan aksinya di web series The Big Start Indonesia Season 3 yang akan mulai tayang bulan Oktober ini di akun Youtube resmi The Big Start Indonesia, ya!

ADA JUGA INFO-INFO SEPUTAR BISNIS YANG MENARIK, LHO!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY