Kenali Gaya Belajar Si Kecil; Visual, Auditori atau Kinestetik?

Setiap anak itu unik. Mereka punya cara masing-masing untuk bisa menyerap, mengatur, dan mengolah informasi. Moms perlu mengenali gaya belajar anak tersebut agar bisa membimbingnya dengan baik.

Menurut Presiden Quantum Learning Network, Bobbi DePorter, ada tiga gaya belajar yang berbeda: visual, auditori, dan kinestetik. Anak yang bertipe visual bisa belajar optimal dengan menggunakan indra penglihatan. Sementara anak tipe auditori menggunakan indera pendengaran untuk menangkap informasi. Adapun anak tipe kinestetik perlu melakukan gerakan fisik agar bisa mengingat sesuatu.

Bagaimana gaya belajar si kecil? Yuk, kita simak penjelasan berikut ini.

Visual

Photo by Pexels

Moms bisa mengenali anak dengan gaya belajar visual dengan gampang. Perhatikan saja binar matanya yang bersinar ketika moms mengajaknya membaca buku cerita bergambar atau menonton video. Ia akan bersemangat, dan bahkan bisa menceritakan ulang dari hal-hal yang dilihat.

Tetapi, ketika moms menyuruhnya melakukan sesuatu dengan memberi perintah lisan, ia mungkin akan melakukan kesalahan. Eits, jangan anggap si kecil tidak patuh ya moms. Soalnya, anak yang punya gaya belajar visual memang harus mendapat contoh dalam bentuk gerakan yang bisa dilihat. Setelah itu, ia baru bisa menangkap dan melaksanakan perintah dengan baik.

Ketika tiba waktunya belajar atau mengerjakan PR, moms harus fokus dalam membimbingnya. Sebab, ia perlu melihat mata dan gerak bibir pengajarnya. Kalau perlu, moms mesti mendemonstrasikan materi pelajarannya juga. Selain itu, moms juga bisa menggunakan media untuk membantunya belajar seperti papan tulis atau gambar-gambar menarik.

PAKET FLASHCARD DARI ABACA INI BISA MEMBANTU ANAK TIPE VISUAL UNTUK BELAJAR MEMBACA, BAHASA INGGRIS HINGGA MENGAJI

Auditori

Photo by Pexels

Buat anak tipe auditori, buku saja tidak cukup. Si kecil perlu suara moms yang menceritakan isi buku dengan menarik. Ia akan menyimak cerita dan bisa menangkap informasi dengan baik. Usai membaca, moms akan takjub melihatnya menirukan suara, nada bicara, sampai cara bertutur dengan fasih.

Setelah memahami kebutuhan anak tipe auditori, moms bisa menyetel CD berisi materi belajar, atau membekalinya buku yang dilengkapi pena bicara. Memang sih, harga talking bookyang 100% asli biasanya mahal. Maka, moms harus bijak memilih tempat belanja terpercaya, kalau perlu yang menawarkan secure payment dan kebijakan pengembalian barang jika rusak.

Psst, anak tipe auditori biasanya butuh suasana yang tenang supaya bisa menangkap pelajaran yang didengarkan. Jadi, pas waktu belajar, moms mesti mematikan televisi, hingga menghentikan aktivitas masak di dapur sementara. Moms juga bisa menciptakan ruang belajar yang cocok untuk anak auditori dengan mengatur tata letak kamar anak yang jauh dari kebisingan jalan di depan rumah atau dapur.

TALKING ENGLISH BOOK DARI GROLIER INI DILENGKAPI PENA BICARA YANG COCOK BUAT GAYA BELAJAR AUDITORI

Kinestetik

Photo by Pexels

Nah, kalau anak tipe kinestetik biasanya terkesan tidak mau belajar. Ia tak tahan duduk diam berlama-lama untuk mendengarkan cerita atau penjelasan yang disampaikan oleh moms atau gurunya. Bukannya nakal, ia hanya butuh bergerak.

Buat anak tipe kinestetik, moms bisa memulai memberinya motivasi belajar dengan teka-teki yang harus dijawab dengan cara menunjuk tangan dan berdiri. Ketika mood sudah terbangun, moms baru bisa mengajaknya bermain sambil belajar. Alat bantu belajar yang cocok buat anak kinestetik seperti balok susun, magnet huruf, dan media lain yang bisa membuat tangannya sibuk bergerak. Bahkan, permainan tradisional seperti engklek yang disisipi materi belajar juga dapat membantunya menangkap informasi baru.

Agar si kecil lebih semangat belajar, moms bisa mengajaknya ke tempat wisata edukasi pada akhir pekan, mulai dari kebun binatang mini sampai museum ilmu pengetahuan dan teknologi. Di kebun binatang mini, anak bisa memelajari karakteristik hewan dengan menyentuh, hingga memberi makan. Sementara di museum iptek, ia bisa mencoba berbagai alat peraga sains.

ANAK TIPE KINESTETIK AKAN MENYUKAI PERMAINAN MENYUSUN MAGNET HURUF DARI ELC INI

Setiap anak terlahir istimewa dengan kelebihannya masing-masing. Moms harus jadi orang pertama yang mengenalinya agar bisa membimbing dan menonjolkan kebaikan yang ada dalam dirinya.

Setiap kali moms perlu mainan edukasi dan alat peraga belajar untuk anak, cek saja di Blibli.com. Blibli.com akan membantu melayani pelanggan dengan 24/7 customer care, seperti moms yang selalu ada buat si kecil.

CEK BUKU INTERAKTIF ETL LEARNING YANG COCOK BUAT ANAK DENGAN BERBAGAI GAYA BELAJAR

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY