Kenali Diet Plant Based yang Akan Hits di 2020

Beberapa bulan belakangan, istilah diet plant based sedang hangat-hangatnya dibicarakan. Apalagi banyak seleb turut menerapkan pola makan ini dan menceritakan pengalamannya di media sosial. Termasuk dalam jenis diet vegetarian, diet plant based menekankan pada pola makan dengan menu yang 100% berasal dari tumbuhan. Sebut saja di antaranya buah-buahan, sayuran, juga kacang dan biji-bijian.

Mereka yang benar-benar menaati pola makan ini umumnya menghindari ayam, ikan, daging–termasuk beragam turunannya seperti telur dan susu sapi. Kathy McManus dalam jurnalnya yang dirilis oleh Harvard Medical School mengemukakan bahwa meski hanya memperbolehkan tumbuhan, namun pada dasarnya diet yang satu ini bisa menjawab semua kebutuhan protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Manfaatnya sendiri sudah banyak dirasakan oleh mereka yang mencoba. Mulai dari menekan risiko penyakit jantung, memperbaiki kelancaran metabolisme, menjaga kestabilan tekanan darah, menjaga kondisi kulit, hingga memperlambat risiko penuaan.

Hanya saja, tentu kita perlu mempelajari menu yang kita santap setiap hari. Gunanya ialah untuk memastikan paduan menu yang kita santap memang seimbang nutrisinya. Apabila diperlukan, konsumsi suplemen atas rekomendasi nutrisionis juga bisa ditempuh untuk mencapai kondisi tersebut.

Terkait menunya sendiri, saat ini kita bisa dengan mudah menemukan informasi rancangan diet plant based yang bisa dipelajari secara online. Beberapa tips dasar yang bisa diikuti:

Selalu lakukan meal prep

stainless steel and black gas range oven
Photo via Unsplash

Bisa dibilang yang satu ini wajib hukumnya untuk kamu yang ingin menjalani diet plant based. Sebab hanya dengan cara inilah kamu bisa mengkaji kebutuhan nutrisimu dalam jangka waktu tertentu, dan apa saja yang masih harus dilengkapi. Buatlah catatan menu yang akan kamu santap selama beberapa hari ke depan. Persiapkan semuanya dengan baik, dan penuhi aturan yang telah kamu tentukan sendiri. Sediakan banyak tempat makan di rumah untuk memisah-misahkan masakanmu.

FOOD CONTAINER SET ISI 14, AMAN UNTUK MICROWAVE

Ya, memang memasak sendiri akan lebih menguntungkan. Selain lebih hemat, kamu juga bisa menakar sendiri kualitas dan jumlah bahan makanan yang dibutuhkan. Biar tak repot, belanja bisa lho dilakukan secara online di Blibli.com. Bisa diantar langsung dan gratis biaya ongkir, kualitasnya pun tetap terjamin. Mudah, bukan?

BELANJA SAYUR DAN BUAH BERKUALITAS PRAKTIS, KLIK DI SINI

Manfaatkan dressing minimalis

green salad on white plate
Photo via Unsplash

Menu makanan yang serba ‘tumbuhan’ terkadang membuat kita kalap untuk menggunakan menu pelengkap, seperti dressing mayo misalnya. Padahal, dressing yang kita gunakan seringkali memiliki kadar lemak ataupun protein yang besar, sehingga melebihi batas asupan harianmu. Itulah sebabnya penting untuk mengetahui betul kandungan nutrisi dari tiap bahan makanan yang tersaji di piringmu. Lebih baik gunakan yang simpel saja, seperti olive oil yang bisa menambah kelezatan tanpa merusak citarasa bahan makanan yang lainnya.

OLIVE OIL MURNI UNTUK MASAKAN DAN KESEHATAN, DISKON 15%

Ganti gula dengan stevia

open glass jar near brown wooden spatula
Photo via Unsplash

Bagi yang ingin menurunkan berat badan secara stabil, plant based diet memang bisa jadi pilihan. Namun, bukan berarti kamu menghindari konsumsi gula sama sekali ya. Bagaimanapun, tubuhmu tetap memerlukannya lho. Coba deh ganti dengan alternatif stevia, yang lebih alami dan juga rendah kalori. Dari segi rasa, tak banyak kok yang berbeda dengan gula biasa.

BELI STEVIA, GULA ALAMI RENDAH KALORI COCOK UNTUK DIET

Bagaimana, mudah juga ya ternyata! Eits, kalau bisa berkonsultasilah terlebih dahulu ke ahli gizi sebelum kamu melakukan diet ini. Karena setiap orang memiliki karakteristik tubuh dan kebutuhan yang berbeda, pastikan kamu mempersiapkan diri sebaik mungkin ya. Semoga bermanfaat!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY