Orang Indonesia rasanya nggak pernah kehabisan pilihan jenis kuliner karena inovasi model makanan baru selalu bermunculan. Salah satunya yang unik dan jarang ditemui adalah makanan olahan salak! Ternyata, pohon salak itu punya segudang manfaat seperti pohon kelapa, Friends. Makanya, salah satu pengusaha kuliner asal Bekasi bernama Shelly terinspirasi untuk membuat olahan salak yang diberi nama Salaku.

Founder Salaku ini juga nggak tanggung-tanggung dalam bereksperimen, mulai dari brownies, cookies, sampai sambal salak pun dicobanya dan berhasil! Kreativitas dan kegigihan Shelly selama dua tahun ini berhasil membawanya menjadi Top 20 The Big Start Indonesia Season 3. Kalau mau tau cerita lengkapnya, simak yuk hasil obrolan Blibli Friends dengan Shelly berikut ini!

IKUTI KESERUAN FINALIS TOP 20 THE BIG START SEASON 3 INDONESIA DI SINI!!

Mengolah buah salak sampai ke limbah-limbahnya!

salaku
Via – @salaku_olahansalak

Ide membuat makanan olahan salak pertama kali muncul saat Shelly sedang mengupas salak untuk anaknya. Setelah melakukan riset dan dapat informasi kalau belum ada pebisnis yang secara serius mengolah salak, Shelly semakin yakin untuk memulai bisnisnya. “Saya mikir, anak saya aja malas buka (salak) karena sering luka. Kenapa saya nggak bikin makanan olahan salak aja (supaya mudah dimakan)?” ungkap pebisnis berusia 43 tahun ini. Pasalnya, salak memiliki banyak vitamin dna nutrisi yang sehat untuk tubuh.

Ia pun memulai usahanya dari olahan yang mudah, yaitu brownies salak. Tapi, ternyata banyak banget rintangan yang harus dilalui buat mendapatkan resep yang pas supaya produk bisa bertahan lama dalam berbagai suhu ruangan. Begitu juga saat Shelly membuat produk Salaku yang lain. “Kami ingin produk (yang dihasilkan) punya manfaat lebih, nilai jual tinggi, dan mudah didapat. Harus beda (unik) juga,” ungkapnya.

Dari brownies, Shelly terus menciptakan berbagai macam jenis olahan, mulai dari keripik, asinan, cookies, praline, selai, sari buah, sampai sambal salak! Sesuai dengan tagline-nya yang berbunyi ‘cara enak makan salak’, Salaku mau menyajikan pilihan baru untuk menikmati salak. “Intinya lanjut terus, harus diapain (salaknya). Harus tau banget juga (informasi) tentang salak. Harus nguasain (informasinya),” jelasnya.

Nggak cuma buahnya, limbah salak pun juga diolah sama Shelly menjadi teh kulit salak dan kopi biji salak! Shelly nggak mau meninggalkan limbah untuk lingkungan, apalagi Salaku masih diproduksi di rumahnya sendiri. “Kami mau (Salaku) bermanfaat untuk lingkungan. Jadi, kita terapin sistem zero waste,” jelasnya.

CARI TAHU CERITA FINALIS TOP 20 THE BIG START INDONESIA DI SINI!!

Oleh-oleh khas Bekasi yang dicintai penduduk Indonesia

salaku

Shelly mencoba mengenalkan Salaku lewat berbagai macam cara. Karena keunikannya, produk ini berhasil menarik perhatian media dan sekarang sukses lolos ke babak Top 20 TBS. Hebatnya lagi, Salaku sudah diakui oleh Pemkot Bekasi sebagai UKM binaan plus oleh-oleh khas Bekasi, lho!

Saat ditanya tentang inspirasi perjuangannya, ia mengaku hanya ingin membahagiakan anak-anak dan membantu perekonomian keluarga. Dari kecil, ia dididik menjadi wanita mandiri yang bisa menghidupi keluarganya. Jadi, saat keluarga mengalami krisis, Shelly nggak berdiam diri dan berjuang susah payah mengembangkan Salaku. Bahkan, proses branding-nya aja memakan waktu kurang lebih dua tahun!

INI DIA HADIAH YANG AKAN DIDAPAT PEMENANG THE BIG START SEASON 3!

Ingin mengenalkan Salaku lebih jauh lagi lewat TBS

salaku

Salah satu usaha yang dulu dilakukan Shelly adalah dengan mendaftarkan Salaku ke The Big Start Season 2. Tapi, karena satu dan lain hal, Salaku nggak sempat melengkapi persyaratan yang diminta dan daftar lagi tahun ini. Makanya, pas tau kalau Salaku masuk ke Top 20 TBS Season 3, Shelly senang bukan main. “Nggak nyangka. Kami merasa Salaku dihargai sebagai UKM yang layak,” ungkapnya dengan senang.

Dari acara ini, Shelly ingin Salaku bisa lebih dikenal masyarakat. Ilmu yang ingin dicarinya dalam kompetisi ini juga banyak, salah satunya ilmu keuangan karena ia masih kesulitan dalam hal itu. Operasional Salaku sampai sekarang masih dikerjakan sendiri oleh Shelly. Kalaupun ada yang membantu, paling hanya untuk proses produksi. “Mau tau juga gimana caranya mengemas makanan dengan baik, gimana supaya bagus (enak dilihat) untuk dijual,” terangnya.

Shelly sangat bersyukur dengan kesempatan yang diberikan The Big Start dan Blibli.com untuk para pebisnis UKM. Menurutnya, penyelenggaraan TBS merupakan bukti kalau Blibli.com peduli dengan UKM dan menjadikan Blibli.com unggul dibandingkan pesaing lainnya di mata Shelly. Dia sendiri sangat familiar dengan Blibli.com dan sering belanja di sana untuk keperluan sehari-hari, apalagi karena banyak promo yang menguntungkan.

PELAJARI INFO SEPUTAR DUNIA BISNIS DI SINI!

Punya mimpi membangun Rumah Salaku

salaku
Via – @salaku_olahansalak

Salaku masih menjalankan sistem pre-order, padahal banyak yang ingin membeli langsung produknya. Kalau berhasil membawa Salaku jadi juara pertama, Shelly mau mendirikan toko pertama Salaku yang diberi nama Rumah Salaku supaya lebih mudah dijangkau pembeli. Nggak cuma di Indonesia, WNI yang tinggal di luar negeri aja banyak yang membawa Salaku ke negara tempat tinggalnya.

Makanya, untuk menentukan lokasi Rumah Salaku kelak, Shelly akan melakukan riset buat mencari tahu domisili dari mayoritas pembelinya. Semua itu dilakukan supaya bisa menjangkau seluruh pelanggan tanpa menyusahkan proses pembelian. Pembeli jadi bisa memilih langsung produk olahan Salaku favoritnya masing-masing deh, termasuk kamu!

SIMAK CERITA FINALIS THE BIG START INDONESIA UNTUK INSPIRASIMU!


Dari cerita Shelly, kamu bisa belajar kalau inovasi adalah kunci dari keberlangsungan suatu bisnis. Shelly sendiri juga mau membuktikan kalau usia nggak menghalangi usaha dan kreativitas, apalagi kalau kamu cepat belajar dan gigih berusaha. Makanya, dalam waktu dua tahun, Shelly bangga bisa sampai ke titik ini, di mana ia bisa membawa Salaku menjadi finalis Top 20 TBS Season 3!

Apakah Shelly berhasil membawa Salaku menjadi juara? Yuk, cari tahu jawabannya dengan menonton web series The Big Start Indonesia Season 3 yang akan mulai tayang tanggal 18 Oktober 2018 di akun Youtube resmi TBS!

JANGAN SAMPAI KETINGGAL INFO TERBARU DARI THE BIG START INDONESIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY