Bagi moms, tentunya kebahagiaan dan kehangatan keluarga kecil milik moms adalah nomor satu! Akan tetapi, terkadang kesibukan moms merupakan tantangan terbesar untuk menghidupkan suasana dalam rumah.

Moms pasti pernah: pulang malam, kerja di akhir pekan, dan rapat skype dari rumah. Kita seperti dituntut untuk memilih: bekerja lebih keras atau banyak menghabiskan waktu berkualitas.

momsday-alodita-1302-1
Andra Alodita selalu ingin meluangkan waktu untuk menciptakan kebahagiaan di rumah bersama suami dan Aura Suri.

Tapi, dengan kesibukan seperti itu, Moms udah resmi jadi Modern Moms! Seperti kata Andra Alodita bahwa modern Moms adalah seorang perempuan yang harus bisa membagi waktu untuk pekerjaan sekaligus memberikan yang terbaik untuk keluarga.

“Modern Moms itu seorang ibu yang bisa mengejar cita-citanya, mimpinya, sekaligus mengurus keluarga,” kata Andra pada Tim BBF.

Salah satu cara untuk mengurus keluarga adalah memastikan semuanya hangat dan ceria, apapun yang dialami di tempat lain. Intinya, rumah harus senantiasa membahagiakan agar bisa menjalani rutinitas dengan lebih semangat! Simak yuk beberapa caranya!

1. Main boardgame bersama

keluarga-kecil
Via – kerncountylibrary

Setelah menghadapi kesibukan masing-masing setiap harinya, moms, dads dan si kecil harus memiliki waktu untuk refreshing bersama. Caranya? Mulai dari mainan seru yang bebas dari gadget, yaitu boardgame.

Moms dan dads bisa mengajak mereka bermain monopoli, ludo, ataupun UNO stacko sembari bercerita bagaimana serunya pengalaman bermain bersama teman dulu! Si kecil pun bisa semakin merasa dekat dengan moms setelah tahu pengalaman moms dan dads.

2. Sempatkan untuk selalu makan malam bersama

keluarga-kecil
Via – Valley Living

Suasana rumah yang hangat paling bisa kerasa ketika makan malam bersama-sama. Karena selama seharian semuanya memiliki kesibukan, acara makan malamlah saat untuk connect dengan keluarga kecil moms!

Ajaklah mereka semua untuk menceritakan apa saja yang terjadi di hari itu secara bergiliran. Buktikan bahwa moms sangat tertarik dan peduli dengan kejadian menyenangkan maupun keluh kesah mereka! Tapi tetap pastikan suasana makan malam tetap menyenangkan ya moms.

Jangan lupa juga untuk membiasakan mereka menyebutkan hal apa saja yang mereka syukuri di hari itu. Meningat pentingnya, jangan sampai makan sendiri-sendiri saat malam tiba ya moms!

3. Buatlah ritual untuk keluarga kecil moms

keluarga-kecil
Via – Huffington Post

Meski aktivitas setiap anggota keluarga berbeda-beda, moms bisa membuat sebuah ritual untuk keluarga kecil kesayangan, agar kalian memiliki sebuah kebiasaan yang sama yang pasti akan dilakukan pada waktu tertentu.

Misalnya seperti nonton film favorit bersama setiap minggu ditemani minuman coklat hangat. Atau makan cookies spesial buatan moms setiap hari minggu pagi. Dengan melakukan ritual ini, kehangatan dalam keluarga kecil akan lebih terasa! Coba stok Energen yang bisa Moms beli di Monday Momsday-nya Blibli.com!

4. Hugging time!

keluarga-kecil
Via – Utah Citizen Network

Menurut hasil penelitian, berpelukan sekali-kali bisa meningkatkan kehangatan keluarga loh! Prilaku sederhana ini bisa membuat semua anggota keluarga kecil moms merasa dekat satu sama lain loh!

Pelukan juga bisa muncul saat anggota keluarga mendapatkan reward karena berhasil melakukan sesuatu yang membanggakan. Salah satunya, saat si kecil mau latihan berjalan dan akhirnya bisa jalan tanpa dipegangi lagi! Nah, agar kebahagiaan ini bisa Moms rasakan, coba pakai Fisher Walker yuk agar si kecil bisa belajar jalan dengan cara yang lebih menyenangkan!

fisher-price_fisher-price-musical-lion-walker_full02

5. Ganti suasana rumah dengan warna baru

keluarga-kecil
Via – comfenalcoantioquia

Percaya nggak percaya, warna dinding dan perabotan di rumah bisa mempengaruhi suasana di rumah loh moms! Kalau moms ingin suasana rumah lebih hangat, moms bisa membeli perabotan baru yang bernuansa warna kuning, oranye, ataupun pink.

Moms juga bisa menyimpan bunga berwarna warni untuk dekorasi rumah moms. Warna-warna tersebut bisa mencerahkan suasana dan membuat hati lebih bahagia. Semuanya menjadi lebih menyenangkan!

6. Adopsi hewan peliharaan!

keluarga-kecil
Via – Medic Animal

Adanya kehadiran hewan peliharaan yang lucu juga bisa membuat keluarga kecil moms lebih ceria. Moms pun bisa sekalian mengajari si kecil mengenai tanggung jawab dan juga kasih sayang saat merawat hewan peliharaan itu. Dengan merawat hewan peliharaan baru bersama-sama, moms, dads dan si kecil akan semakin kompak! Peliharaan yang lucu bakal jadi mood booster banget!

7. Tunjukkan bahwa moms dan dads saling mencintai

keluarga-kecil
Via – LDS

Suasana yang hangat di rumah tentunya nggak akan hadir apabila nggak ada perasaan cinta yang terpancar di antara moms dan dads. Si kecil juga bisa merasakannya lho moms!

Karena itu moms dan dads nggak hanya harus menunjukkan kalau kalian sayang sama si kecil, melainkan juga harus selalu menunjukkan bahwa kalian saling mengasihi. Mulai dari hal sederhana, seperti memberikan sambutan hangat kepada dads saat pulang kerja.

Selain itu, moms dan dads juga nggak perlu malu untuk berpelukan di depan si kecil. Dengan menunjukkan kasih sayang seperti ini, si kecil pun akan merasa senang karena kalian selalu akur!

Melakukan ketujuh hal ini bisa menjadi langkah awal bagi moms untuk mengembalikan suasana hangat nan ceria pada keluarga kecil moms. Tapi tentunya moms nggak boleh berhenti sampai disini saja!
Kehangatan keluarga memiliki dampak yang besar untuk perkembangan psikologis si kecil. Jadi, moms harus mencoba lebih kreatif lagi untuk memikirkan aktivitas apa saja yang bisa dilakukan supaya keluarga kecil selalu memiliki quality time bersama! Ajak dads untuk ikut merencanakan juga ya!

Yuk, cari inspirasi aktivitas quality time bersama Blibli Friends. Temukan juga berbagai hal yang moms butuhkan untuk aktivitas seru sekeluarga hanya di Blibli.com!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY