Kelebihan Menstrual Cup Dibanding Pembalut

Kelebihan Menstrual Cup Dibanding Pembalut

wanita yang masih subur, pasti mengalami datang bulan tiap bulannya kalau memang sedang normal. Nah, setiap kali datang bulan, berapa banyak pembalut yang kamu pakai? Kemungkinan, dalam sehari saja bisa menghabiskan dua hingga empat pembalut. Satu pembalut biasanya tidak cocok karena bisa membuat iritasi atau pun daerah kewanitaan tidak nyaman. Untuk mengatasi hal itu, kamu sebenarnya bisa memakai menstrual cup, lho. Apa saja kelebihan menstrual cup dibanding pembalut? Simak ulasannya di bawah ini, ya.

BACA JUGA: PILIHAN PRODUK KEBUTUHAN PEREMPUAN DI HARI PEREMPUAN INTERNASIONAL

_______________

  1. Bisa Menampung Banyak Darah

Biasanya, di hari pertama atau hari kedua, kamu akan mengalami darah sedang sangat banyak-banyaknya. Beberapa di antara kamu mungkin juga akan mengalami masa menstruasi banyak di hari akhir. Kalau kamu memakai pembalut, mungkin butuh tiga bahkan lima pembalut per hari. Nah, kamu bisa mulai mengurangi sampah pembalut dengan memakai menstrual cup. Mens-cup ini bisa lebih efektif menampung darah. Bahkan, kamu bisa memakainya seharian! Kalau pun memang sedang “banjir-banjirnya”, kamu bisa membuka mens-cup setiap 4 hingga 5 jam sekali, ya.

  1. Ramah Lingkungan

Nah, seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, ketika darah mens sedang sangat banyak, seseorang bisa memakai bahkan hingga lima pembalut per hari. Bayangkan kalau kamu memakai pembalut selama seminggu! Sampah pembalut ini bisa menumpuk sangat banyak. Kamu perlu tahu bahwa bekas pembalut ini tidak bisa langsung terurai. Untuk itu, menstrual cup bisa menjadi alternatif karena satu menstrual cup bisa dipakai mulai dari lima hingga sepuluh tahun. Memakai menstrual cup berarti kamu mulai membantu menjaga lingkungan ya, Blibli Friends.

  1. Bebas Bahan Kimia

Berbeda dengan pembalut yang terbuat dari kapas dan beragam bahan campuran lain menstrual cup sudah divalidasi oleh WHO bahwa bahannya aman. Hal itu bisa dirasakan langsung oleh penggunanya ketika menggunakannya. Ketika itu, kamu tidak akan merasa gatal-gatal atau pun merasakan hal lainnya yang tidak nyaman. Bahkan, beberapa dioksin pada pembalut menjadi penyebab kanker pada manusia. Menstrual cup tidak mengandung bahan kimia berbahaya apa pun sehingga aman untuk kesehatan.

  1. Lebih Hemat

Alasan ketiga ini pasti sangat bisa diterima untuk Anda yang perlu jatah untuk membeli pembalut tiap bulannya. Satu menstrual cup memang tidak murah karena harganya dimulai dari 300 ribuan. Meskipun demikian, satu menstrual cup bahkan bisa dipakai hingga rusak. Kamu tidak perlu membeli menstrual cup yang baru setiap kali menstruasi, ya. Dengan begitu, tidak akan ada lagi jarrah pengeluaran pembalut per bulannya.

  1. Banyak Ukuran

Bentuk menstrual cup yang layaknya tampon membuat sebagian besar wanita merasa takut untuk menggunakannya. Meskipun demikian, menstrual cup ini sudah memiliki tiga ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, kamu masih baru dan takut memakainya bisa memakai bentuk yang paling kecil untuk melatih diri memakai mens-cup itu. Di bagian ujungnya bahkan kamu bisa memotongnya supaya bisa disesuaikan dengan kenyamanan pengguna.

  1. Mudah Dibersihkan

Berbeda dengan pembalut yang butuh banyak cairan untuk membersihkannya, menstrual cup ini sangat simpel untuk dibersihkan. Kamu bisa membuang darah menstruasi setelah mengeluarkannya dan menyiramnya dengan air. Setelah selesai masa menstruasi, kamu bisa merebus di air panas dan menyimpannya di tempat yang tersedia.

_______________

Itu dia kelebihan menstrual cup dibanding pembalut. Menstrual cup memanglah bukan termasuk pilihan umum di Indonesia. Meskipun demikian, kamu bisa menemukan dengan mudah di Blibli, ya.

CEK DAFTAR HARGA MENSTRUAL CUP SELENGKAPNYA DI SINI!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY