me

5 Kelebihan dan Kekurangan TV Plasma Samsung 43, Kenali Sebelum Membeli

Jun 18, 2024.By Jarvis
Bagikan

samsung.com
Kenali 5 kelebihan dan kekurangan TV Plasma Samsung 43 di bawah ini.

Cicilan 0% KAM

Saat berada di rumah, keluarga bakal mengandalkan TV sebagai peralatan elektronik yang bisa memberikan informasi serta hiburan bersama. Jadi, nggak heran kalau kebanyakan keluarga memilih TV ini sebagai peralatan elektronik yang wajib dimiliki di rumah. Sementara itu, sebelum membeli TV, tentu kamu bakal mempertimbangkan jenisnya terlebih dahulu yang cocok untuk dimiliki.

Umumnya, mereka bakal mengutamakan kontras yang dihasilkan tinggi, sama seperti yang ada pada TV Plasma. Menariknya, Samsung juga menawarkan TV Plasma 43 inci yang ternyata memiliki kelebihan dan kekurangan. Mungkin sebagian orang belum tahu apa aja kelebihan dan kekurangan dari TV Plasma Samsung 43 inci ini. Kamu bisa simak dulu spesifikasi dan penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: 


Fitur yang Menarik dan Lengkap

Fitur yang Menarik dan Lengkap
freepik.com/author/black-salmon

Kelebihan yang pertama ada pada TV Plasma Samsung 43 inci ini ada pada tampilan desainnya yang memiliki sudut pandang yang lebih lebar jika dibandingkan dengan jenis TV LED dan LCD. Tapi, sebelum membahas lebih jauh, kamu perlu kenali dulu spesifikasi mengenai TV Plasma Samsung 43 inci ini, ya. Meski begitu, TV Plasma Samsung ini sudah termasuk lama, namun masih digunakan.

Sementara itu, keluaran tahun berapa TV Plasma Samsung 43? Diketahui, TV Samsung ini dirilis sekitar tahun 2014 lalu dan sudah nggak diproduksi lagi hingga saat ini. Dari spesifikasinya, TV Plasma Samsung 43 inci untuk seri PS43E470A1M ini sendiri memiliki dimensi 1011 mm x 675 mm x 262 mm. Lantas, apakah TV Plasma Samsung 43 bagus? Tentu, ada banyak fitur yang bisa kamu temukan. 

TV Plasma Samsung 43 inci yang termasuk entry level ini, menawarkan fitur yang menarik dan kekinian, mulai dari ConnectShare, Mega DCR, Digital Nose Filter, HyperReal Engine, adanya Mode Permainan, terjemahan, dan masih banyak lagi. Terlebih lagi, untuk memudahkan konektivitas, TV ini juga dilengkapi dengan Anynet+ dan suara surround, yang mana dibuat oleh SRS Theatre Sound.

Menariknya, TV Plasma Samsung 43 inci ini juga sudah dilengkapi dengan Screen Burn Protection, di mana masa pakai pada layar bisa jadi lebih lama. Nggak cuma itu, buat kamu yang sering ketiduran dan membiarkan TV terus menyala, perangkat ini telah memiliki fitur Sleep Timer. Pastinya, dengan kemudahan ini TV bakal mati secara otomatis dan tagihan listrik kamu jadi lebih nggak membengkak.

Sudut Pandang yang Lebih Lebar

Sudut Pandang yang Lebih Lebar
freepik.com/author/dragonimages

Kelebihan kedua yang ada pada TV Plasma Samsung 43 ini juga ada pada tampilan desain yang dimilikinya. Pasalnya, TV Plasma Samsung 43 inci ini mengusung Clear Image Panel pada layarnya. Hal itu juga berlaku pada sudut pandang TV Plasma Samsung ini yang dibuat lebih luas jika dibandingkan dengan jenis TV LED atau OLED.

Selain itu, pada desain TV Plasma Samsung 43 inci ini juga dibuat lebih modern, meski memang waktu rilisnya sudah cukup lama. Bisa kamu lihat, bezel yang digunakan pada TV Plasma satu ini tampak lebih tipis namun tetap terlihat elegan, dengan begitu mendukung tampilan yang minimalis. Tentu aja, hal ini juga membuat TV ini cocok diletakkan atau digantung di ruang keluarga, loh.

Kualitas Layar yang Dihasilkan

Kualitas Layar yang Dihasilkan
freepik.com/author/pixel-shot-com

Kelebihan ketiga yang juga bisa kamu temukan pada produk TV Samsung 43 inci ini yaitu memiliki tampilan layar dengan kualitas yang lebih bagus. Sesuai dengan spesifikasinya, TV ini mengusung tampilan dengan resolusi 1024 x 768 dan sudah dilengkapi dengan Mega Dynamic Contrast Ratio. Menariknya, TV Plasma ini juga sudah dilengkapi dengan Mode Film, loh.

Selain itu, dengan resolusinya seperti yang disebutkan TV Plasma Samsung 43 inci ini dapat menghasilkan tampilan gambar yang lebih jelas dan jernih, serta minim kabur. Hal itu dikarenakan, TV ini juga memiliki response time dan refresh yang tinggi, yaitu 600 Hz. Terlebih lagi, adanya Subfield Motion pada TV Plasma Samsung 43 inci ini juga mendukung kualitas layar yang dihasilkan.

Nggak cuma itu, TV Plasma Samsung 43 inci ini juga memiliki contrast ratio yang tinggi, yaitu 1:2.000.000, dengan begitu hasil detail yang didapatkan bisa lebih banyak dan membuat warna yang dihasilkan juga lebih halus. Mengingat juga, kelebihan pada TV Plasma pada umumnya bisa menghasilkan warna hitam yang disebut lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis TV LCD, loh.

Ukurannya yang Berat

Ukurannya yang Berat
freepik.com/author/dragonimages

Dari kelebihan yang dimiliki pada TV Samsung 43 inci ini, ternyata ada juga beberapa kekurangannya yang perlu kamu tahu. Sayangnya, TV plasma kebanyakan dibuat dengan ukuran yang besar dan umumnya nggak tersedia dengan ukuran dibawah 42 inci. Maka dari itu, hal ini juga yang membuat TV Plasma Samsung ini memiliki bobot yang berat dan sulit untuk dipindahkan.

Sesuai spesifikasinya, TV Plasma Samsung 43 inci ini memiliki berat 19 kg jika dihitung bersama dudukannya. Terlebih lagi, TV Plasma ini juga disebut lebih berat jika dibandingkan dengan jenis TV LCD. Jadi, buat kamu yang mungkin masih sering berpindah tempat tinggal, pilihan TV Plasma seperti TV Plasma Samsung 43 inci, kurang direkomendasikannya, ya.

Disamping itu, penggunaan TV Plasma Samsung 43 inci ini juga kurang tepat untuk dipakai dalam waktu jangka panjang. Hal itu dikarenakan kualitas gambar yang diberikan pada TV Plasma ini bisa aja semakin menurun seiring usia pemakaiannya. Selain itu juga, gambar diam yang dihasilkan dalam waktu lama juga bakal menimbulkan bayangan dan burn-in.

Boros Listrik

freepik.com/author/kirisa99

Kekurangan pada TV Plasma Samsung 43 inci ini juga ada pada penggunaan listriknya yang ternyata lebih boros jika dibandingkan dengan jenis TV LCD. Bahkan, kamu bisa lihat pada spesifikasi kala TV Plasma Samsung ini bisa mengkonsumsi daya maksimal 230 watt. Maka dari itu, kamu perlu mempertimbangkan kembali penggunaan TV Plasma Samsung 43 inci ini, ya.

Sementara itu, buat kamu yang ingin mencari rekomendasi TV Samsung lainnya dengan harga lebih terjangkau, bisa gunakan program Blibli Elektronik Cicilan 0% tanpa ribet menggunakan kartu kredit. Tenang aja, dengan metode pembayaran cicilan ini kamu bisa membayar hingga 24 bulan. Pastinya, kamu nggak perlu bayar uang muka atau DP selama berbelanja peralatan elektronik di Blibli.


Baca juga

Kamu bisa temukan peralatan elektronik lainnya, mulai dari TV, mesin cuci, kulkas, dan lain sebagainya di Blibli. Pastikan, sebelum membeli peralatan elektronik ini kamu perlu pertimbangkan spesifikasinya, seperti kualitas, dimensi, hingga konsumsi daya listrik. 

Jangan lupa, pertimbangkan juga garansi resmi yang bisa jadi keamanan selama membeli peralatan elektronik. Temukan peralatan elektronik lainnya sesuai kebutuhan kamu juga di Blibli. Terlebih lagi, di Blibli juga ada garansi dan jaminan produk 100% original, sehingga kamu tetap aman untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga.