Kelebihan Apple Watch 5 yang Perlu Kamu Ketahui

Apple Watch Series 5 telah resmi dijual di pasaran pada bulan Desember 2019. Smartwatch terbaru dari Apple ini melengkapi seri flagship lainnya dengan beberapa fitur terbaru ataupun perubahan pada material yang digunakannya. Namun, dengan banderol harga mulai dari Rp6,5 jutaan, apakah kamu harus meng-upgrade Apple Watch Series 3 atau 4 kamu ke seri yang terbaru ini?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, mari kita simak keunggulan dan kelemahan dari Apple Watch 5 berikut ini.

Keunggulan pertama: Punya fitur always-on display

Source : 9to5mac.com

Perubahan terbesar yang dibawa oleh Watch 5 adalah apa yang selama ini diinginkan oleh penggunanya, yaitu fitur always-on display. Fitur ini bisa disertakan berkat penggunaan Low-Temperature Polycrystalline Oxid OLED. Dengan layar ini, Apple bisa menjaga pengguna tetap bisa melihat layar jam tanpa mengorbankan daya baterai sebesar 18 jam mereka.

Ini adalah pertama kalinya Apple menerapkan fitur always-on display pada perangkat wearable-nya. Dengan fitur ini pengguna tidak perlu lagi menekan tombol untuk melihat jam. Selain menampilkan jam, fitur ini juga bisa menampilkan data-data lainnya yang muncul di layar Home-nya, seperti cuaca dan persentase baterai.

Ingin memiliki Apple Watch 5 berlayar 44mm? Cek barangnya di sini.

Keunggulan kedua: Ada fitur kompas yang terintegrasi

Source : theapplepost.com

Dalam beberapa fungsi, fitur kompas yang ditanamkan di Apple Watch 5 ini sangatlah berguna. Misalnya, kompas yang terintegrasi ini dapat dimanfaatkan saat sedang naik gunung ataupun aktivitas luar ruang lainnya. Apple juga mengembangkan API khusus untuk fitur ini sehingga para pengembang aplikasi dapat menyambungkan fitur ini ke dalam aplikasi mereka.

Keunggulan ketiga: Layar lebih lebar dan casing yang bervariasi

Source : digitaltrends.com

Layar sebesar 40mm dan 44mm yang dimiliki Watch 5 dan 4 mungkin tidak begitu mengganggu proporsi di lengan. Namun, layar yang lebih besar jelas bisa menampung tampilan antarmuka yang lebih lebar. Ditambah lagi, sudutnya membulat sehingga tampilan screen clocks ataupun gambar dapat terlihat lebih pas.

Watch 5 juga hadir dengan casing yang lebih bervariasi. Jika Watch 3 hanya hadir dengan warna Silver dan Space Grey, Watch 5 memiliki varian warna tambahan, yaitu Gold, Ceramic, Titanium, hingga Stainless Steel.

Ingin yang lebih kecil? Cek Apple Watch Series 5 berukuran 40mm di sini.

Keunggulan keempat: Punya App Store sendiri

Source : Venturebeat.com

Sebelumnya, pengguna harus memasang aplikasi Watch melalui iPhone atau iPad. Sekarang Apple menghadirkan watchOS 6 yang memiliki Watch App Store terintegrasi di dalamnya. Hal ini membuat para pengembang dapat dengan lebih mudah membuat aplikasi khusus untuk Apple Watch.

Keunggulan kelima: Muat banyak

Source : idgseg.net

 

Kapasitasnya biasanya bukan menjadi prioritas saat memilih smartwatch. Namun, dengan hadirnya App Store langsung di perangkatnya, penggunabisa mengundung lebih banyak aplikasi dari sebelumnya. Watch 3 hanya memiliki kapasitas sebesar 8GB (16GB untuk versi LTE). Dari 8GB tersebut hanya sekitar 5GB yang bisa dipakai untuk menyimpan. Ini hanya bisa menampung dua atau tiga aplikasi, lagu-lagu dan beberapa podcast saja.

Jika kamu ingin ruang yang lebih luas, Watch 5 hadir dengan kapasitas penyimpanan sebesar 32GB (sudah seperti iPhone pada era-era awalnya). Harusnya jumlah ini sudah lebih dari cukup untuk menyimpan aplikasi-aplikasi harian yang biasa digunakan.

Nah, sekarang kita masuk ke poin kelemahannya

Kelemahan pertama: Daya tahan baterai tak berubah

Source : Mspoweruser.com

Salah satu kelemahan terbesar dari Apple Watch adalah baterainya harus diisi setiap hari dan hal ini belum juga berubah di Watch 5. Meskipun Apple telah menerapkan always-on display tanpa memakan daya baterai, pengguna akan mendapatkan baterai berdaya tahan 18 jam saja.

Lagi cari smartwatch yang bisa terkoneksi dengan Android dengan desain mirip Apple Watch? Cek Amazfit GTS di sini.

Kelemahan kedua: Punya banyak sensor yang sama

Source : Gearpatrol.com

Jika kamu telah memiliki Watch 3 atau 4, sebaiknya pertimbangkan baik-baik sebelum meng-upgrade-nya ke Watch 5. Ketiga wearable ini sama-sama memiliki sensor optical heart, NFC, GPS, wireless chip, altimeter, speaker, Wi-Fi, emergency SOS, LTE, dan tahan air sedalam 50 meter.

Watch 5 hanya memiliki penambahan berupa kompas, ECG Sensor, dan heart sensor yang lebih bagus saja. Namun, untuk keseluruhan, ketiga wearable ini bisa dibilang tidak berbeda jauh.

Masih mempertimbangkan Apple Watch Series 4? Cek barangnya di sini.

Apple membuat gebrakan pada seri Watch saat menggunakan ECG Sensor pada Watch 4. Meskipun kompas dan always-on display ini sangat berguna, belum ada yang mengalahkan fitur ECG Sensor pada Watch 4 saat pertama kali diperkenalkan. Namun, pembaruan tetaplah pembaruan dan jika kamu bersedia mengeluarkan kocek lebih dalam tak ada salahnya merasakan pengalaman menggunakan salah satu smartwatch paling canggih saat ini.

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY