me

8 Kelebihan Alat Masak Berbahan Granit, Sudah Tahu Belum?

Jan 21, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com
8 Kelebihan alat masak berbahan granit wajib kamu tahu

Peralatan masak yang tepat rasanya seperti memiliki senjata terbaik untuk berperang. Kamu mungkin punya satu set alat masak yang super lengkap untuk berperang di dapur setiap hari. Nah, karena kamu memakainya setiap hari tentu kamu butuh alat masak yang sehat dan bebas dari bahan kimia berbahaya. 

Beberapa peralatan masak mengandung bahan berbahaya lho, yang bisa menyebabkan penyakit mematikan seperti kanker. Salah satu bahan kimia berbahaya yang ada di alat masak yaitu PFOA. Biasanya ini ada di teflon anti lengket. Nah, karena bahan ini berbahaya, banyak brand yang sampai mengklaim produknya bebas PFOA. 

Salah satu peralatan masak yang bebas bahan kimia berbahaya yaitu yang berbahan granit. Di bawah ini ada pembahasan lengkap tentang kelebihan alat masak berbahan granit, siapa tahu kamu tertarik punya satu di dapur. Simak yuk!

Baca juga :


Lebih Sehat & Aman

Lebih Sehat & Aman
freepik.com/stockking

Bahan granit dikenal sehat dan aman saat dipakai untuk memasak makanan. Banyak panci yang beredar di pasaran yang nggak sehat nih, karena punya komposisi bahan kimia yang berbahaya seperti timbal, PFOA, APEO, PTFE dan PFOS. 

Beda halnya sama bahan granit nih, Blibli Friends. Bahan ini nggak beracun dan bakal tetap lembab. Bahan ini juga nggak bakal menimbulkan reaksi asam dengan makanan. Bahan granit nggak mengandung bahan PFOA tapi tetap anti lengket kok. Beberapa merk sampai melabeli produknya anti PFOA nih untuk semakin meyakinkan calon pembeli. 

Inilah yang akhirnya membuat bahan granit jadi salah satu pilihan yang lebih sehat dan aman untuk membuat alat home & living seperti peralatan masak. Cocok banget nih buat kamu yang ingin memasak dengan minyak atau mentega yang sedikit untuk mencegah kolesterol. 

Fleksibel

Fleksibel
gcica.org

Peralatan masak yang berlapiskan atau berbahan granit lebih fleksibel karena bisa dikombinasikan dengan beberapa bahan lain saat pembuatan. Biasanya banyak yang mengkombinasikan granit dengan alumunium.

Kombinasi beberapa bahan inilah yang membuat alat masak granit lebih tahan lama, anti lengket dan estetik. Selain itu, makanan juga jadi lebih cepat masak nih, Blibli Friends. 

Retensi dan Distribusi Panasnya Baik

Retensi dan Distribusi Panasnya Baik
mycarote.com

Beberapa orang penasaran nih, bukannya semakin tebal bahan maka panasnya lebih susah merata? Nah, kamu nggak perlu khawatir. Lapisan batu seperti granit ini justru distribusi panasnya lebih bagus dan merata. Ini karena melalui baja karbon atau inti aluminium yang dikombinasikan dengan lapisan porselen.

Nah, kombinasi apik inilah yang menyebabkan proses memasak bisa lebih cepat dan lancar karena kandungan inti tersebut bisa bikin panasnya lebih merata. Walaupun panasnya tidak bisa ditahan cukup lama, tapi kamu bakal lebih nyaman saat memasaknya. Bagian bawah alat masak yang lebar dan tebal juga berperan nih dalam konduksi yang lebih merata dan baik. 

Anti Karat

Anti Karat
apartmentabc.com

Bahan granit bebas karat. Bahan ini bisa mengurangi kerumitan kamu saat membersihkan. Selain itu, peralatan masak dengan bahan granit juga lebih tahan lama nih dibandingkan yang lainnya. Ini karena alat masak dengan bahan granit punya permukaan porselen yang dikenal awet. 

Nah, karena bahan penyusunnya yang anti karat ini, kamu bisa memakai peralatan masak berbahan granit ini di semua tipe kompor, seperti induksi, listrik, gas, kaca dan lain sebagainya. 

Ringan

Ringan
mycarote.com

Peralatan dapur yang memakai bahan granit itu konstruksinya ringan lho, Blibli Friends. Jadi kamu nggak bakal kesusahan nih saat memakainya karena nggak perlu banyak tenaga. Bobotnya yang ringan ini juga akhirnya memudahkan kamu kalau ingin membawanya, misal dibawa pergi piknik atau camping dengan teman atau keluarga.

Selain ringan, peralatan masak berbahan granit ini juga ergonomis lho. Kamu bisa memasak dengan nyaman tanpa mengalami masalah dengan pergelangan tangan. Sebagian besar alat masak berbahan granit ini juga dikenal memakai bingkai aluminium pengukur berat, yang tujuannya untuk memberi daya tahan dan pemanasan yang lebih merata. 

Mudah Dibersihkan

Mudah Dibersihkan
allrecipes.com

Nah, ini mungkin kabar baik yang banyak ditunggu-tunggu nih. Buat kamu yang merasa bagian paling melelahkan dalam perang di dapur adalah mencuci, ini bisa jadi angin segar.

Peralatan masak berbahan granit itu lebih mudah dibersihkan lho! bagian permukaan lebih halus, ini bikin peralatan masak kamu bisa dicuci dengan mudah. Kamu hanya membutuhkan sedikit sabun dan air hangat untuk membersihkannya.

Lebih baik kamu mencuci peralatan masak setiap selesai memasak makanan ya. Jangan didiamkan terlalu lama. Kalau ada makanan yang menempel, cukup rendam beberapa menit lalu pakai spons yang lembut untuk mengelapnya. Sebaiknya jangan pakai pembersih dengan permukaan yang kasar ya karena bisa menimbulkan baretan di alat masak kamu. 

Tips mencuci lainnya, kalau kamu menggoreng dengan minyak yang banyak, pastikan setelahnya cuci dulu dengan sabun lalu gosok pakai tangan dengan dua kali bilas. Ini akan lebih aman untuk permukaan granit dan minyak bisa benar-benar hilang. Walaupun resiko terkelupas kecil, sebaiknya kamu tetap berhati-hati saat mencucinya ya, Blibli Friends!

Anti Lengket

Anti Lengket
mycarote.com

Wajan, panci dan peralatan masak lain yang memakai bahan granit punya lapisan yang nggak berpori dan anti lengket. Bahan granit inilah yang membuat peralatan masak kamu nggak lagi lengket dengan menyebalkan. Jadi kamu nggak bakal kerepotan lagi saat masak maupun mencuci karena ada sisa makanan yang menempel dan sulit diangkat. 

Bumbu, noda bakal meluncur dengan halus ke permukaan alat masak kamu nih, tanpa meninggalkan noda yang lengket. 

Tampilan dan Desain Estetik 

Tampilan dan Desain Estetik 
flipkart.com

Permukaan dari peralatan masak dengan bahan granit terlihat halus dan mengkilap. Inilah yang membuat panci, master pan dan wajan yang memakai bahan ini punya tampilan yang estetik dan enak dilihat. Kalau kamu menggantung peralatan ini di dapur, tempat masak kamu bakal kelihatan lebih cantik karena sifat alat masak kamu jadi lebih dekoratif. 

Peralatan masak granit punya cukup banyak pilihan warna, nah kamu bisa sesuaikan dengan tone warna dapur kamu nih. Beberapa orang suka banget menyamakan warna peralatan masak dengan desain dan konsep dapur nih. Selain tampilannya yang estetik, kamu juga jadi lebih semangat masak nih karena dapur juga jadi terlihat lebih cantik. Tertarik untuk membeli?


Baca juga :

Nah, itu dia 8 kelebihan dari peralatan masak berbahan granit yang lagi populer banget. Ingin punya salah satunya? Yuk kunjungi Master Pan Official Store yang ada di Blibli. Di sana ada banyak pilihan alat masak yang sesuai dengan kebutuhan kamu di dapur. Tunggu apa lagi? Yuk buka Blibli sekarang dan checkout produk incaran kamu!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya