me

Kegiatan Berpahala Bulan Ramadhan

Apr 10, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/EyeEm
kegiatan berpahala di bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan memang terkenal dengan bulan penuh berkah yang dinanti-nantikan umat Muslim di seluruh dunia. Nggak heran mangkanya di bulan yang suci ini, banyak yang berlomba-lomba buat meningkatkan amal ibadah dan mendekatkan diri serta ketaqwaan kepada Allah SWT. Salah satu caranya adalah dengan melakukan berbagai kegiatan yang berpahala. 

Nah, Blibli Friends tentunya pengen dapat pahala dan meningkatkan ibadah kan? Berikut ini adalah 7 kegiatan berpahala yang bisa kamu lakukan di bulan suci Ramadhan:

Baca Juga:


1. Shalat Tarawih di Masjid

freepik.com/author/rawpixel-com

Siapa di sini yang suka mager kalau habis buka puasa? Eits, stop dulu magernya setelah baca artikel ini, ya. Karena salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan pas bulan Ramadhan adalah shalat tarawih. Shalat tarawih dilakukan setelah shalat Isya dan biasanya dilaksanakan secara berjamaah di masjid. 

Dengan mengikuti shalat tarawih, kamu bakal mendapatkan pahala yang besar. Sekalipun shalat tarawih bisa dilakukan di mana saja, tapi sebenarnya shalat tarawih di masjid punya pahala dan manfaat lain, lho. Kamu juga dapat merasakan kebersamaan dan kekhidmatan dalam menjalani ibadah bersama umat Muslim lainnya.

2. Membaca Al-Quran

Pasti banyak tempat kerja atau sekolah yang memangkas waktu operasionalnya selama bulan puasa. Nah, ini kesempatan baik buat kamu baca Al-Quran. Dari pada istirahat nggak ngapa-ngapain atau malah ghibah, jadi mending kamu baca Al-Quran. Kegiatan ini juga bermanfaat banget karena penuh pahala apalagi kalau dilakukan di bulan Ramadhan. 

Tau nggak sih dalam hadits ada yang menyebutkan,

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Artinya: “Abdullah bin Mas’ud r.a. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الٓمٓ (Alif Lam Mim) satu huruf, melainkan Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (HR Tirmidzi)

Keren kan manfaatnya? Kamu bisa mengambil waktu di siang hari untuk membaca Al-Quran, baik sendiri maupun secara berkelompok. Membaca Al-Quran nggak hanya membantu kamu memperdalam pemahaman tentang ajaran Islam, tapi juga dapat memberikan ketenangan dan kebahagiaan di hati, bahkan jaminan Surga dari Allah SWT.

3. Berbuka Puasa Bersama

Berbuka Puasa Bersama
freepik.com/author/odua

Berbuka puasa bersama keluarga, teman, atau jamaah di masjid jadi salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. Jadi sebenernya kegiatan ini nggak cuma trend aja, ya Blibli Friends! Selain ajang silaturahmi, berbuka puasa bersama juga dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan persaudaraan di antara umat Muslim. 

Kegiatan ini juga kesempatan buat saling berbagi rezeki dan kebahagiaan di bulan yang penuh berkah ini. Tentu bukan tanpa dasar ya, Rasulullah juga pernah bersabda: “Makanlah kalian bersama-sama dan bacalah basmalah, maka Allah akan memberikan berkah kepada kalian semua.” 

Menurut sahabat Rasulullah pernah menyebut kalau Rasulullah nggak pernah makan sendiri, lho. Justru makanan yang baik adalah yang dimakan dengan banyak tangan yang artinya makan bersama.

4. Memberi Sedekah dan Infaq

Memberi Sedekah dan Infaq
freepik.com/author/EyeEm

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan adalah memberikan sedekah dan infaq kepada yang membutuhkan. Kita bisa menyumbangkan sebagian dari rezeki buat membantu yang kurang beruntung. Dengan memberikan sedekah dan infaq, kamu nggak hanya membantu sesama, tetapi juga mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah SWT.

Salah satunya anak yatim dan fakir miskin. Hal ini tertuang dalam hadits Rasulullah: “Barang siapa yang memelihara anak yatim di antara anak-anak yatim kaum Muslimin sampai dia dewasa, maka dia akan bersamaku di surga seperti ini,” dan beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya dan beliau merapatkan keduanya. (HR. Muslim)

5. Mengikuti Kajian Ramadhan

Mengikuti Kajian Ramadhan
freepik.com/author/garakta-studio

Dari pada war takjil terus, ada baiknya kamu nabung dan ngisi waktu ngabuburit dengan ikut kajian Ramadan. Banyak masjid dan lembaga keagamaan yang mengadakan kajian-kajian agama selama bulan Ramadhan. 

Biasanya membahas berbagai tema keislaman, tafsir Al-Quran, atau hadis-hadis Rasulullah SAW. Mengikuti kajian Ramadhan bisa membantu kamu lebih memahami ajaran agama Islam dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT. Selain itu kamu bisa juga berdiskusi dengan ahli agama tentang hidup kamu sehingga bisa lebih ikhlas menjadi hari selama puasa.

6. Berdoa di Malam Lailatul Qadar

Berdoa di Malam Lailatul Qadar
freepik.com/author/reewungjunerr

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang mulia dan sering disebut malam seribu bulan. Wajar aja di 10 hari terakhir Ramadhan, malam mini jadi malam yang paling spesial karena belum tentu umur kita bisa sampai di titik ini. Banyak umat muslim yang berlomba untuk mendirikan sholat demi mengumpulkan pahala. 

Kamu bisa memperbanyak sholat, dzikir, membaca sholawat nabi dan membaca Alquran. Abu Hurairah pernah meriwayatkan kalau Nabi SAW menuturkan, “Barang siapa yang bangun di malam Lailatul Qadar dengan iman dan harapan, maka Allah akan mengampuni dosanya yang telah lampau.” (HR Bukhari Muslim).

Malam ini jelas tertulis dalam firman Allah SWT tepatnya Q.S Al-Qadr ayat 1-5:

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ ۝١ وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ ۝٢ لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ ۝٣ تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ ۝٤ سَلٰمٌۛ هِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِࣖ ۝٥

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada Lailatul Qadar. Tahukah kamu apakah Lailatul Qadar itu? Lailatul Qadar itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Rūḥ (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam) itu sampai terbit fajar.”

7. Menjaga Ucapan

Sekalipun banyak beribadah tapi kalau ucapan kamu sembrono, pahala kamu juga bisa hilang, lho. Mangkanya di bulan puasa ini lebih baik menjaga lisan supaya pahala kamu dilipat gandakan. Salah satu caranya dengan mengucap  tasbih, tahmid, dan takbir.

Abu Hurairah pernah meriwayatkan, Nabi SAW bersabda, “Barang siapa yang bertasbih kepada Allah sebanyak 33 kali, bertahmid kepada Allah sebanyak 33 kali, dan bertakbir kepada Allah sebanyak 33 kali; maka semuanya berjumlah 99.”

Lalu beliau berkata lagi, “Dan ke-100 nya mengucapkan, “Laa ilaha illa Allahu wahdahu laa syariika lahu, lahul-mulku wa lahul- hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir (Tiada sesembahan melainkan Allah yang tidak ada sekutu bagi-Nya. 

Bagi-Nya kekuasaan dan puji-pujian; dan Dia adalah Dzat yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu)”, maka diampuni kesalahan-kesalahannya walaupun sebanyak buih yang ada di lautan.” (HR Muslim, Abu Dawud & Ahmad)


Baca Juga:

Nah, semoga ketujuh kegiatan tadi bisa kalian lakukan selama bulan Ramadan biar batin makin suci dan bersih. Kalau batin sudah baik, yang lahir jangan mau kalah, ya. Siapkan pakaian lebaran terbaikmu biar makin baik lahir batin. Temukan berbagai referensi fashion muslim terkini dengan harga terbaik cuma di Blibli!