Kebiasaan yang Dilakuin Warga Sekampung Pas Nyambut Puasa

Photo via unsplash.com

Buat umat muslim, puasa jadi salah satu momen yang paling ditunggu. Selain jalanin kewajiban puasa biar dapet berkah sama hikmah-Nya, juga nungguin kegiatan yang cuma ada pas puasa, kayak terawehan, sahur, sama buka puasa. Eitss tapi ada juga nih yang bikin kita kangen sama kebiasaan yang ada pas di bulan puasa aja.

Nah, kita inget2 lagi yuk apa aja sih kebiasaan yang dilakuin sama warga sekampung pas nyambut puasa. Gas luurrr~

  • Ngabuburit

Hampir kebanyakan warga di berbagai daerah di Indonesia nyebut kegiatan nungguin waktu berbuka puasa itu ngabuburit. Nah, biasanya warga sekampung ada yang ngebikin ngabuburit di pos ronda atau di mesjid deket rumah. Ada juga warga yang tiap jam 4 sore keluar rumah buat jalan-jalan sambil cari takjil. Ada yang sama pacar, ada yang sama keluarga, ada yang sama mantan gebetan, ada juga yang sama warga sekampung. Tua, muda, bapak2, ibu2 jadi satu pokoknya, rame bener!

  • Bangunin Warga Lain Sahur

Banyak yang bilang kebiasaan bangunin warga lain sahur di tiap kampung jadi tradisi yang cuma ada di Indonesia. Kegiatan warga ini jadi kebiasaan yang dipake warga buat saling jaga, saling ngenal satu sama lain. Makanya, ini jadi kebiasaan rutin yang dilakuin warga sekampung pas nyambut puasa. 

  • Bikin Acara Bukber

Selain ngabuburit, kebiasaan yang dilakuin warga buat ngumpulin orang sekampung adalah dengan bikin acara buka puasa bareng. Kebiasaan ini bisa bikin warga sekampung ngumpul di mesjid. 

  • Bikin Kolak

Gak tau siapa penemunya, kebiasaan bikin kolak cuma ada pas puasa. Bener kan?

Coba deh cari kolak pas puasa, gampang banget. Dari kolak pisang, kolak salak, sampe kolak kalik… Eh salah itu kolang-kaling, maap…..

Puasa emang bikin warga sekampung punya banyak kegiatan, soalnya kampung jadi lebih rame dari biasanya. Semua warga ikut seneng pas puasa dateng, sampe2 ada kebiasaan warga yang cuma ada pas puasa doang. Kalo di kampung kamu, punya kebiasaan yang dilakuin warga sekampung pas puasa gak?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY