Ini Dia 5 Kebiasaan Buruk yang Tanpa Kamu Sadari Bisa Memicu Stres Makin Tinggi!

kebiasaan buruk

Setiap harinya, kamu pasti sering mendengar kata “stres” dari orang di sekitar ataupun dari mulutmu sendiri. Memang, stres itu tak dapat dipisahkan dari hidup karena stres jugalah yang dapat memotivasi kamu untuk melakukan sesuatu. Akan tetapi, bila tingkat stresmu terlalu tinggi dan pemicunya adalah kebiasaan buruk yang tanpa sadar kamu lakukan setiap hari, maka hal ini nggak akan baik bagi psikis maupun tubuhmu!

Untuk itu ketahui dulu yuk 5 kebiasaan buruk yang kerap kali kamu lakukan dan cara mengatasinya!

INTIP DULU PRODUK-PRODUK YANG BISA MENGHILANGKAN STRES

1. Kurangnya waktu istirahat

Via - psychprofessionals

Kebiasaan buruk pertama yang pastinya sering kamu lakukan adalah menunda-nunda waktu tidur. Alasannya karena ingin menyelesaikan semua pekerjaan hari itu juga. Alhasil, waktu istirahat kamu pun berkurang. Padahal jika kebiasaan ini terus menerus dilakukan, tubuh kamu akan cepat merasa lelah, lesu, sakit kepala dan mudah marah.

Solusinya, pastikan kamu selalu mengatur waktu seefisien mungkin. Contohnya jika sudah jam 9 malam, sebaiknya tinggalkan semua pekerjaan dan selesaikan pada keesokan harinya. Jangan terlalu memaksakan diri dan pergilah tidur lebih awal. Ingat bahwa kamu butuh tidur setidaknya 7-8 jam per hari.

Jika dirasa masih sulit tidur, membeli bantal yang empuk hingga mendekorasi kamar menjadi lebih nyaman, sangat dianjurkan. Jika perlu, gunakan aromaterapi yang dapat membantumu cepat terlelap.

BELI PERLENGKAPAN TIDURMU DI SINI

2. Mengabaikan pola makan sehat

Via - prima

Karena alasan kesibukan yang menggila, mengonsumsi makanan siap saji sering kali menjadi pilihan. Padahal mengonsumsi junk food nggak hanya bisa memperburuk kondisi kesehatan, namun juga dapat meningkatkan stres.

Solusinya, aturlah pola makanmu secara teratur dan pastikan untuk memilih makanan organik yang sehat. Misalnya kamu bisa membawa granola dan susu ke kantor. Untuk snack kamu bisa mengonsumsi dry fruit. Selain baik untuk tubuh, makanan sehat juga dapat meningkatkan produksi hormon kebahagiaan, lho. Sehingga kamu pun terhindar dari stres berlebihan.

PILIHAN MAKANAN ORGANIK UNTUK POLA MAKAN SEHATMU ADA DI SINI

3. Jarang berolahraga

Via - workouttrends

Tahukah kamu bahwa olahraga dapat melepaskan senyawa kimia alami (endorfin) yang berfungsi untuk mengurangi rasa stres, cemas dan rasa sakit? Meski selalu sibuk dengan rutinitas setiap hari, kamu bisa siasati waktu olahraga kamu misalnya pada malam hari setelah bekerja agar tidur kamu semakin lelap.

Jika masih malas, kamu nggak perlu pergi ke gym atau melakukan olahraga yang berat. Lakukan saja gerakan olahraga yang ringan di rumah, seperti senam lantai, lari di treadmill atau yoga.

LENGKAPI RUMAHMU DENGAN ALAT FITNESS AGAR BISA OLAHRAGA SETIAP SAAT

4. Konsumsi kafein terlalu banyak

Via - Healthy News

Mengonsumsi kopi sering kali menjadi salah satu cara jitu untuk meredam rasa ngantuk saat bekerja. Bahkan, sebagian orang justru menganggap kafein dalam kopi dapat membantu mereka dalam menyelesaikan pekerjaan karena membuat tubuh lebih segar dan berenergi. Apakah kamu salah satunya?

Mengonsumsi kopi sekali-kali memang nggak berbahaya. Namun, jika dilakukan secara terus-menerus, kafein dalam kopi justru dapat memicu tingkat stres kamu menjadi semakin tinggi. Solusinya, kurangi frekuensi minum kopi kamu dalam sehari. Jika memang butuh asupan cairan, beralihlah pada teh hijau, jus buah-buahan atau air putih yang jauh lebih sehat.

Biar nggak cepat ngantuk, pastikan juga kamu selalu tidur 7-8 jam setiap harinya!

BIKIN JUS SEHAT LEBIH MUDAH DENGAN ALAT INI

5. Suka menunda-nunda pekerjaan

Via - everyinterviewtips

Sering kali ketika rasa malas menyerang, pekerjaan yang seharusnya diselesaikan sebelum deadline malah tertunda. Padahal menunda pekerjaan hanya akan berujung pada kepanikan dan membuat kamu semakin stres.

Solusinya, aturlah kembali ritme kerjamu dengan menyusun jadwal. Untuk menghindari lupa, kamu bisa setel alarm di smartphone atau menulisnya di kalender. Patuhi jadwal yang kamu buat dan hindari mengerjakan pekerjaan di detik-detik terakhir sebelum deadline.

KALENDER UNIK BISA KAMU TEMUKAN DI SINI


Dari kelima kebiasaan buruk di atas, mana yang sering kamu lakukan? Sekarang setelah kamu tahu bahwa kebiasaan-kebiasaan di atas dapat memicu stres, sebaiknya segera kurangi intensitasnya atau langsung dihilangkan, ya!

Nggak perlu stres untuk menghilangkan kebiasaan buruk kamu, karena Blibli.com siap membantu! Kamu bisa temukan beragam jenis produk untuk bisa membantu kamu meredam tingkat stres yang meningkat. Mulai dari multivitamin hingga makanan sehat. Yuk cek #BlibliSekarang dan mulailah hidup sehat tanpa stres berlebihan!

HIDUP SEHAT TANPA STRES BERSAMA BLIBLI.COM

6. - January 16, 2019