7 Cara Untuk Menjaga Kebersihan dan Kesegaran Udara Di Rumah

Memiliki rumah yang nyaman untuk menikmati momen relaksasi yang berkualitas memang impian semua orang. Namun, enggak cuma sekadar nyaman untuk dihuni, rumah juga harus bersih dan sehat. Salah satunya dengan menjaga kebersihan udara yang ada di rumah. Apalagi kalau kegiatan sehari-hari di luar rumah sudah memaksa kita untuk selalu bersinggungan dengan polusi udara yang membahayakan kesehatan.

Did you know? Selain hidup sehat, salah satu unsur yang enggak kalah penting bagi kesehatan adalah menghirup udara segar. Udara yang kita hirup enggak hanya akan berhenti berproses di paru-paru, tapi juga berlanjut ke otak bahkan darah. That’s why, penting sekali menjaga kesegaran udara di dalam rumah. Kabar baiknya, enggak sulit kok untuk menjadikan udara di dalam rumah lebih segar dan bersih. Enggak percaya? Coba baca tipsnya di sini!

Perhatikan sirkulasi udara

Photo by Pinterest

Ini bisa kamu lakukan dengan sering membuka pintu dan jendela rumah lebar-lebar agar udara bisa bersirkulasi. Tujuannya adalah untuk mengganti udara yang sudah dipenuhi racun dengan udara baru yang lebih segar. Selain itu, hal ini juga bisa meminimalisir kelembapan udara yang mengendap dan bisa menjadi sarang bakteri. Cara ini sekaligus menjadi cara alami dan lebih hemat untuk membersihkan udara layaknya yang dilakukan oleh humidifier.  Untuk menambahkan kesegaran, kamu bisa memasang aromaterapi yang juga punya manfaat buat kesehatan dan relaksasi tubuh sekaligus.

CEK PILIHAN AROMATERAPI DI SINI!

Letakkan ventilasi di ruangan yang tepat

Photo by Pinterest

Ventilasi dibuat untuk mengurangi kelembapan udara di dalam rumah. Buat ventilasi di tempat-tempat tertentu seperti kamar, kamar mandi, dan dapur. Adanya ventilasi memungkinkan uap keluar dari kamar mandi sehingga mencegah pertumbuhan jamur. Ventilasi juga memungkinkan adanya pertukaran udara dan mengurangi tingkat nitrogen dioksida yang dihasilkan dari kompor gas.

TEMUKAN RAGAM VENTILASI YANG PAS UNTUK RUANGAN DI RUMAH HANYA DI BLIBLI.COM

Pelihara tanaman hias

Photo by Pinterest

Selain memperindah tatanan rumah yang tengah jadi tren, tanaman hias bisa bantu kamu untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Pilihlah tanaman yang tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari, agar lebih tahan lama. Beberapa tanaman rumah, seperti lidah mertua, lidah buaya, lili, pakis dan sri rezeki, memiliki manfaat untuk membersihkan udara dengan menyedot racun dan memberikan oksigen ke seluruh ruangan.

CARI ANEKA TANAMAN HIAS UNTUK DI LETAKAN DI DALAM RUMAH DI SINI

Gunakan pembersih atau penyaring udara

Photo by pinterest

Pembersih udara atau air purifier  kini sudah marak menjadi senjata andalan dalam membersihkan udara di rumah. Fungsinya pun sangat banyak dalam memusnahkan bakteri dan jamur, serta menghilangkan bau, racun, atau kontaminasi lainnya dari udara. Sudah pasti ini bisa jadi investasi kesehatan yang patut kamu pertimbangkan.

YUK, MILIKI AIR PURIFIER YANG BERMANFAAT BUAT BERSIHKAN UDARA DI RUMAHMU SEKARANG!

Selalu jaga kebersihan karpet

Photo by Pinterest

Meletakkan karpet di beberapa bagian rumah memang bisa menambah estetika. Tapi kamu juga pasti sudah tahu kan kalau karpet juga bisa menyimpan debu, kotoran, racun, dan bakteri yang tidak baik untuk kesehatan kamu. Nah, makanya kamu perlu memberikan atensi lebih untuk membersihkannya secara rutin dengan vacuum cleaner yang kamu miliki agar kesehatan dan kebersihan udara senantiasa terjaga.

TEMUKAN VACUUM CLEANER YANG SESUAI UNTUK BERSIHKAN KARPET DI RUMAH DI SINI

Jadwalkan servis berkala untuk pendingin ruangan (AC)

Photo by Pinterest

Selain karpet, AC juga memiliki potensi menjadi tempat berkembangnya kuman dan jamur, terutama jika benda tersebut jarang digunakan. Jika kamu menggunakan AC di rumah, sebaiknya sering lakukan pembersihan seperti mengganti air dan mengganti penyaringnya agar udara yang bersirkulasi tidak tercemar, dan kamu tetap bisa menghirup udara segar. Dengan perawatan yang baik dan teratur akan mengurangi kemungkinan munculnya kuman dan jamur.

PILIH AC YANG LEBIH RAMAH LINGKUNGAN BESERTA TIPS MERAWATNYA HANYA DI BLIBLI.COM

Bebaskan rumah dari sampah

Photo by Pinterest

Sisa makanan, tisu toilet, dan bungkus makanan yang menumpuk di tempat sampah harus rajin kamu buang. Jangan sampai sampah-sampah tersebut tersimpan lama. Selain menimbulkan bau kurang sedap, ini juga bisa mengganggu kelegaan napas di area rumah dan memicu alergi. Dalam mencari tempat sampah, ada baiknya juga kamu memilih yang tertutup agar aroma yang kurang sedap juga bakteri enggak mencemari udara di dalam rumah.

KAMU BISA CARI PILIHAN TEMPAT SAMPAH YANG COCOK UNTUK DI RUMAH DI SINI

Yuk, mulai dari sekarang, pastikan udara di rumah selalu senantiasa bersih dan segar untuk turut mejaga kesehatan tubuh. Nah, sebagai sahabat yang akan memanjakan kamu, Blibli.com hadir untuk mendukung segala keperluan yang akan dukung kebersihan udara di dalam rumah. Dengan pengiriman yang cepat dan free ongkir, dijamin kamu akan puas dengan aneka pilihan barang yang 100% original. Tunggu apalagi? Yuk, kunjungi Blibli.com sekarang!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY