Tahun ini, Indonesia diramaikan oleh keberadaan travel blogger dan vlogger. Ya, mereka jadi sosok-sosok yang bisa menginspirasi orang lain untuk menjelajahi berbagai titik liburan. Kamu juga bisa jadi seperti mereka, simak caranya!

Katanya sih, travelling udah jadi salah satu prioritas utama para millennials dengan pola-pola perjalanan yang baru. Millennials di era kini lebih suka travelling sendirian untuk menemukan pengalaman budaya bahkan menjadikan travelling sebagai mata pencaharian. Hmm, menarik bukan?

Kisah nyatanya sudah ada di Indonesia. Fenomena travel blogger bermunculan sejak beberapa tahun lalu. Salah satunya adalah Alexander Thian yang dikenal dengan akunnya @Amrazing. Ia membagikan kisahnya mengenai dokumentasi perjalanannya pada Tim BBF.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Salah satu alasan Alex populer adalah karena konsistensinya dalam membagikan pengalaman dalam bentuk dokumentasi perjalanan. Sehingga, siapapun yang melihat konten yang disajikan jadi terinspirasi dan akhirnya melakukan perjalanan juga.

“Dokumentasi adalah pengingat bahwa saya sudah pernah berjalan ke tempat A, bertemu dengan manusia B, dan sebagai alat untuk belajar bahwa di masa depan ketika saya mengunjungi tempat itu lagi, saya bisa mengambil foto dengan angle/komposisi yang lebih baik,” paparnya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Di balik foto indah karyanya, kadang ada keberanian dan aksi nekat!

Pola-pola travel blogger ini makin lama makin bisa dikenali. Kamu bisa menerapkan beberapa di antaranya kalau berpendapat kalau dokumentasi perjalanan oleh-oleh perjalanan terbaik yang bisa bermanfaat untuk banyak orang!

1. Kunjungi tempat yang tidak biasa

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Sayang banget kan kalau orang-orang gak tau ada tempat seindah ini?

Hal paling penting dari sebuah blog atau vlog adalah konten. Cara mendapatkan konten kalau jadi travel blogger tentunya lebih menyenangkan dong karena artinya kamu harus pergi ke tempat-tempat baru, makan makanan baru, dan merasakan pengalaman baru.

2. Lakukan hal yang luar biasa

Yah ini sih harus duduk di tepi tebing ya biar hasil fotonya bagus.
Yah ini sih harus duduk di tepi tebing ya biar hasil fotonya bagus.

Selain menikmati budaya atau alam , kamu bisa mulai melakukan hal tidak biasa yang mungkin tidak akan kamu lakukan di kota asal. Jangan takut coba pengalaman baru, ingat, kamu akhirnya akan membagikan pengalamanmu pada orang lain. Orang suka banget hal-hal unik yang terjadi pada orang lain. Tapi ingat agar selalu hati-hati ya.

Alex bercerita kala dia pernah mengalami kejadian karena keinginannya untuk mendokumentasikan foto. Ia pernah diberi jari tengah saat mengambil gambar, padahal katanya sih dia gak terang-terangan memotret. Kejadian lain di Sumba, ia pernah menuruni tebing yang cukup terjal untuk mengambil foto pantai.

“Sempat terpikir kalau saya sampai salah melangkah, nyawa taruhannya,” ujarnya pada Tim BBF.

Sekali lagi, selalu berhati-hati ya.

3. Konsisten mendokumentasikan perjalanan sebanyak-banyaknya

Halo, Supermoon!
Halo, Supermoon!

Tujuan orang jadi blogger atau vlogger adalah membagikan pengalaman pada orang-orang yang penasaran. Nah, dokumentasi ini jadi hal paling penting selain perjalanan itu sendiri karena orang biasanya bisa mencerna visual lebih cepat dibanding medium lain. Jadi, maksimalkan kemampuan untuk mendokumentasikan perjalanan.

“Untuk foto outdoor, waktu terbaik adalah sebelum pukul 11 siang dan setelah pukul 4 sore, ketika sinar matahari nggak terlalu harsh sehingga kontras yang dihasilkan nggak terlalu tinggi,” kata Alex.

Katanya, sinar matahari dari samping juga membuat pencahayaan lebih baik. Ia cenderung lebih suka memotret dengan tak terlalu banyak orang di dalam frame, untuk menghindari kesan ramai, walaupun di beberapa kasus, banyak orang di satu frame justru memperkuat foto itu sendiri.

Pintar-pintar menganalisa cahaya untuk hasil yang menakjubkan!
Pintar-pintar menganalisa cahaya untuk hasil yang menakjubkan!

Gunakan kamera yang cocok untuk kegiatanmu. Kamera adalah investasi dalam perjalanan agar kamu bisa menciptakan konten yang sesuai dengan ekspektasi. Yuk coba manfaatkan potongan harga hingga 1 juta rupiah yang ada di Blibli.com untuk pembelian semua jenis kamera untuk memaksimalkan pengalaman yang kamu alami.

4. Menciptakan ciri khas dalam postingan

Salah satu ciri khas Alex adalah foto milky way.
Salah satu ciri khas Alex adalah foto milky way.

Setiap orang unik adanya, makanya, kamu bebas menciptakan format postinganmu sendiri. Apalagi blog atau vlog adalah karya yang bisa banget disisipi opini. Temukan ciri khas-mu, misal kamu travelling memang untuk mencari makanan-makanan unik yang ada di berbagai daerah di Indonesia, kemudian tunjukkan dengan bangga!

Alex berkisah, kalau kadang ia suka berjalan bersama banyak orang ke tempat wisata yang mainstream. Tapi, di waktu lain Alex lebih suka berjalan sendiri dan menatap pemandangan menakjubkan di sekelilingnya.

Mau tahu kenapa foto Alex bisa mengejutkan dan bikin geleng-geleng kepala? Dia ternyata bisa banget ambisius bergadang mengambil foto milkyway. Jadi dia memilih untuk tiduran di luar sampai dapet foto yang ia inginkan.

5. Memanfaatkan media sosial sebaik-baiknya

Kalau kamu sudah punya “rumah” untuk konten, hal yang berikutnya adalah metode penyebaran. Sekarang seru banget karena kamu bisa membagikan pengalamanmu di media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, hingga aplikasi seperti Steller.

Masukkan juga ciri khas yang kamu miliki di medium penyebaran konten, biar orang-orang makin kenal sama konten dan gayamu. Alex membagikan pengalamannya di berbagai media sosial yang ia miliki dengan gaya yang “khas” banget!

6. Membangun koneksi yang berkualitas

Blogger atau vlogger biasanya punya lingkungan pertemanan yang bisa dijadikan sebagai tempat berbagi pengalaman. Ya, kamu juga bisa jadi seperti mereka. Jangan ragu untuk menyapa dan menanyakan hal-hal yang tidak kamu ketahui, bangun pertemanan dengan baik, siapa tahu akhirnya kamu jadi punya kesempatan untuk travelling bersama.

Walau sudah banyak, potensi menjadi travel blogger atau vlogger masih terbuka luas. Mungkin dengan beberapa saran di atas, kamu jadi ingin memulai pengalaman menarik blogger atau vlogger?

Gimana? Udah kepingin jalan-jalan belum?
Gimana? Udah kepingin jalan-jalan belum?

Sebelum melakukan perjalanan untuk membuat konten, pastikan kamu sudah punya semua yang dibutuhkan untuk acara jalan-jalanmu. Ya, selain kamera, kamu butuh berbagai perlengkapan liburan mulai dari pakaian yang oke, produk perawatan kulit agar senantiasa menawan, hingga tiket atau akses lokasi.

Jangan khawatir karena Blibli.com sudah menyediakan semua yang kamu butuhkan untuk keperluan liburanmu, dari mulai kamera, action cam sampai kebutuhan perawatan kulit. Selamat merencanakan konten, membuatnya dengan gembira, kemudian membagikannya pada orang lain ya, Friends!

Images by Alexander Thian/@Amrazing

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY