Guys, Sebelum Puasa Dimulai Cari Tahu Dulu Yuk Cara Menjaga Kesehatan!

Wah, bulan Ramadan sudah tiba. Udah siap buat menjalankan ibadah puasa belum? Buat ibadah, jangan asal-asalan, ya. Meskipun kamu harus menahan lapar dan haus, kamu harus tetap sehat saat puasa. Jangan mentang-mentang puasa, kamu jadi malas-malasan dan nggak menjaga kesehatan. Kalau begitu, cobaan dan godaannya justru makin berat, lho!

Makanya, salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan, ya kesehatanmu biar nggak ada penyesalan di hari kemenangan nanti! Udah tahu caranya belum? Yuk, simak cara agar tetap sehat saat puasa di bawah ini!

Isi perut dengan karbohidrat kompleks dan protein

menjaga kesehatan
Via – Onedio

Entah kenapa gorengan justru tampak semakin menggoda saat puasa. Setuju, nggak? Padahal kamu udah biasa tuh liatnya di pinggir jalan. Jangan mudah tergoda! Gorengan itu, baik saat puasa maupun saat hari biasa nggak baik buat kesehatan.

Sebaliknya, kamu harus mengonsumsi makanan berkarbohidrat kompleks, seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum, dan nasi merah agar bisa tahan lapar lebih dari 6 jam. Buat boost stamina kamu saat puasa, jangan lupa juga konsumsi protein, misalnya susu murni. Oh ya, hindari makanan yang bersifat pedas dan asam, ya. Dijamin, lambung kamu nggak akan tersiksa dengan perubahan jam makan saat puasa dan kamu akan tetap bertenaga.

Santap buah dan sayur segar

menjaga kesehatan
Via – Verywell

Selain karbohidrat dan protein, kamu juga perlu asupan buah dan sayur yang kaya akan serat serta vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Tapi, jangan pilih buah yang bersifat terlalu manis, ya. Makanan dan minuman manis justru akan membuat badanmu lemas di siang hari karena akan membuat air dalam tubuh keluar dengan cepat.

Kamu juga bisa konsumsi buah seperti apel, pear, dan semangka yang mengandung banyak air. Untuk buka puasa, jangan lupa makan kurma kalau bisa!

Jaga tubuh tetap terhidrasi dan fokus

menjaga kesehatan
Via – sites.psu.edu

Kamu juga pasti udah tahu kalau tubuh kita mengandung seenggaknya 80% cairan. Sayangnya, karena terkesan sepele, kita jadi sering lupa untuk minum air mineral yang cukup. Kamu juga harus jaga pola tidur agar tetap sehat dan fokus saat bekerja dan berpuasa.

Untuk menjaga kesehatan kamu selama puasa nanti, coba atur linimasa satu bulan ke depan agar semua agenda bisa dijalankan dengan rapi. Minum air mineral plus tidur yang cukup juga bisa mempercantik kulitmu, lho!

Jangan tinggalkan olahraga

menjaga kesehatan
Via – hercampus

Nah, ini dia penyakit orang puasa. Mentang-mentang nggak makan sejak sahur, ada aja alasan untuk bermalas-malasan. Tidurnya orang puasa itu memang termasuk ke dalam ibadah, tapi bukan berarti kamu boleh meninggalkan semua kewajiban dan semua rutinitas saat nggak puasa, dong!

Untuk menjaga kesehatan, kamu harus tetap aktif bergerak, termasuk berolahraga. Nggak mesti berkeringat banyak, kok. Sekadar jalan kaki atau perenggangan atau beres-beres kamar juga bisa jadi olahraga pilihan saat puasa. Sulit, lho untuk memulai ulang hidup sehat dan latihan yang udah kamu lakukan secara rutin selama ini. Jadi, daripada malah drop, mending kamu bergerak sekarang!

Konsumsi suplemen tambahan

menjaga kesehatan
Via – NetDoctor

Mungkin kamu belum terbiasa mengonsumsi suplemen tambahan, seperti vitamin atau booster lainnya. Tapi, nggak bisa dipungkiri juga kalau kamu butuh bantuan mereka. Yang perlu kamu perhatikan agar tetap sehat saat puasa adalah bahan suplemen dan dosis konsumsi yang dianjurkan.

Contohnya, kamu bisa cobain Blackmores Bio C Vitamin C. Suplemen multivitamin yang satu ini mengandung bioflavonoid alias vitamin P. Bioflavonoid-lah yang bertugas untuk memaksimalkan penyerapan vitamin C serta mengurangi hipertensi dan pendarahan, menjaga kolagen antarsel, hingga menghindari infeksi. Di samping itu, Blackmores Bio C Vitamin C juga mengandung ascorbate yang ramah terhadap perut ketika berfungsi sebagai antioksidan dan regulator asam yang menjadi kadar pH dalam tubuh. Yoi, kan? Inilah yang kamu butuhkan agar tetap sehat saat puasa!

Ternyata menjaga kesehatan menjelang puasa itu mudah banget dilakukan kok! Bergantung pada niat dan ketahananmu terhadap godaan aja! Kalau butuh bantuan, Blibli.com siap mengantarkan yang kamu butuhkan. Jadi kamu nggak perlu khawatir dengan banyak hal sampai ibadah puasamu terganggu, ya!

Jadi, udah siap melaksanakan ibadah tahun ini? Sebelum “bertempur”, yuk, cek Blibli.com dan #BlibliSekarang

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY