Saat menonton film-film kompetisi masak seperti Master Chef dan melihat para pesertanya dapat memasak dengan cepat, pasti kamu akan merasa masak itu sangatlah mudah. Tapi, saat kamu berada di dapur, ternyata masak itu nggak semudah yang terlihat!

Kamu bisa saja mengalami kesulitan saat memotong sayur dan daging. Belum lagi kamu nggak tahu komposisi bumbu yang tepat untuk masakan tersebut. Alhasil, rasa masakanmu kadang keasinan atau bahkan nggak ada rasa!

Apakah kamu salah satu orang yang mengalami hal ini? Jika ya, kamu nggak perlu khawatir lagi. Dengan memiliki 7 hal ini, kamu bisa memasak dengan lebih mudah lho! Yuk langsung saja disimak!

1. Buku masak

buku-masak

Saat ingin belajar masak, kamu harus selalu mengingat quotes dari film G.I Joe yang berbunyi “knowing is half the battle”. Memasak itu nggak hanya membutuhkan skill, namun juga membutuhkan pengetahuan tentang apa yang akan dimasak.

Agar memasak terasa lebih mudah, kamu harus tahu apa saja bahan dan peralatan yang kamu butuhkan untuk masakanmu. Kamu juga harus tahu apa yang harus kamu lakukan terhadap bahan masakanmu. Apakah dipotong atau diparut? Apakah direbus, digoreng, atau dikukus?

Semua informasi tersebut bisa kamu dapatkan dengan membaca buku masak. Buku masak itu memiliki panduan yang dapat kamu ikuti untuk membuat masakan sesuai resep. Kamu juga bisa langsung mengetahui bumbu apa saja yang akan digunakan serta komposisinya.

Ketika kamu sudah memiliki semua pengetahuan tersebut dan dapat mempersiapkan bahan serta peralatan sesuai yang ada pada resep, kamu pasti bisa memasak dengan lebih mudah!

2. Gelas dan sendok penakar

sendok-penakarVia The Delicious Life

Ketika membaca buku resep, kamu pasti melihat kata kata seperti sdt dan juga sdm untuk takaran bumbu-bumbu. Perlu kamu ketahui, sdt merupakan singkatan dari sendok teh sedangkan sdm adalah singkatan dari sendok makan.

Meski kamu memiliki sendok teh dan sendok makan di rumah, ini bukan berarti kamu bisa langsung menggunakannya untuk menakar bumbu. Kamu membutuhkan sendok penakar yang sebenarnya. Berbeda dengan sendok milikmu di rumah yang ukurannya bervariasi, sendok penakar ini memiliki ukuran pas sesuai dengan buku resep.

Selain membutuhkan sendok penakar, kamu juga membutuhkan gelas penakar untuk mengukur bahan-bahan yang berbentuk cairan. Dengan menggunakan alat ini, kamu bisa menakar bumbu secara tepat sesuai dengan resep.

Perlu diingat, terkadang takaran bumbu di resep nggak sesuai dengan seleramu. Karena itu, cicipilah makananmu setiap kali memasak. Jika kamu merasa bumbunya kurang sesuai dengan seleramu, kamu boleh banget menambah bumbunya tanpa perlu terlalu terpaku dengan takaran di resep. Ingat, kamu adalah kokinya disini!

3. Pemecah telur

ezcracker-handheld-egg-cracker-separator-pemecah-telur-3-1Via aksale.id

Apakah kamu masih sering kesulitan saat memecahkan telur dan masih ada kulit telur yang suka masuk ke dalam telurnya? Jika ya, kamu harus coba mulai menggunakan alat pemecah telur.

Alat pemecah telur membuat kamu nggak lagi repot memisahkan kulit telur dan isi telur. Selain itu, alat ini juga dapat langsung memisahkan kuning telur dan putih telur.

Selain telur mentah, kamu juga bisa membuka telur rebus dengan mudah tanpa perlu capek mengupas lagi. Kamu bisa mengolah telur layaknya seorang pro tanpa harus benar-benar menjadi pro deh. Hidup rasanya mudah banget kan?

4. Alat pemotong

alat-pemotongVia Andreas Stache

Dalam memasak, memotong-motong sayur serta bahan makanan lainnya merupakan tahap yang paling melelahkan dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Mungkin kalau kamu seorang ahli layaknya Chef Gordon Ramsay, kamu bisa memotong semua bahan dengan rapi dan cepat. Tapi, kalau kamu masih pemula, jangan harap deh bisa langsung memotong seperti dia. Yang ada, kamu malah menggores jarimu sendiri!

Nah, untuk membantu tugas memotong-motongmu dengan lebih cepat dan mudah, kamu bisa menggunakan alat pemotong yang membantumu memotong sayur hanya dengan satu gerakan.

Dengan menggunakan alat ini, kamu hanya perlu menaruh sayur atau buah di atas pisau yang memiliki berbagai macam pilihan bentuk. Kemudian, kamu hanya perlu menekan penutupnya. Voila! Sayuranmu pun sudah terpotong dengan sempurna.

Nggak hanya memotong, alat ini juga bisa membantumu memarut dengan lebih cepat lho. Dengan satu alat ini, kamu bisa langsung mulai memasak tanpa harus menghabiskan waktu memotong ini dan itu satu per satu. Hidupmu pun bisa jadi lebih produktif dan pastinya jarimu nggak akan terancam terpotong pisau.


BACA JUGA Tips Mengubah Dapur Mini jadi Trendi


5. Food processor

food-processorVia Hmall

Pernahkah kamu malas memasak karena membutuhkan terlalu banyak peralatan yang berbeda? Misalnya untuk membuat kue, kamu membutuhkan mixer. Untuk membuat jus, kamu harus menggunakan blender. Dan, untuk memotong-motong, tentunya kamu membutuhkan pisau yang berbeda-beda untuk setiap jenis bahan yang berbeda.

Banyaknya peralatan tersebut bisa membuat kamu batal belajar masak karena nggak memiliki alat yang sesuai. Nah, jika kamu merasa seperti ini, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli satu food processor yang bisa membantumu melakukan semuanya.

Berbeda dengan alat pemotong sebelumnya yang hanya bisa memotong sayur, kamu bisa menggunakan food processor untuk memotong apapun, termasuk daging lho! Kamu juga bisa membuat adonan kue dan juga jus pada food processor ini. Praktis banget kan?

6. Chef basketchef-basket

Via Fluffy Friends

Jika kamu merasa bahwa mengangkat dan meniriskan makanan dari panci itu adalah hal yang menyulitkan, kamu bisa banget mencoba chefbasket. Alat yang mirip seperti saringan ini bisa kamu gunakan saat ingin merebus ataupun menggoreng makanan yang menggunakan banyak minyak.

Kamu juga bisa menggunakannya untuk mengukus makanan dengan membalikkan jaringnya ke sisi yang satunya. Jika kamu ingin memasak pasta ataupun mie instan, alat ini bisa banget membantumu mengangkatnya sehingga nggak ada sisa mie yang tersisa di panci. Kamu juga bisa menggoreng french fries lho dengan alat ini! Nggak perlu takut kena minyak lagi deh.

7. Pengupas buah

alat-pengupas

Kamu pasti pernah mendengar pernyataan bahwa memakan apel setiap hari bisa membuatmu jauh dari dokter bukan? Karena itu, orang tuamu pasti sering menyuruhmu untuk memakan buah-buahan, terutama buah apel.

Akan tetapi, memakan apel itu memiliki tantangannya sendiri. Kamu harus mengupas kulitnya terlebih dahulu sebelum memakan buahnya. Padahal, kamu sendiri nggak begitu jago bermain dengan pisau. Kamu pun akhirnya mulai malas memakan buah berwarna merah ini.

Nah, kamu jangan malas dulu. Kalau kamu ingin memakan apel tanpa harus bergulat dengan kulitnya, kamu bisa memakai mesin pengupas kulit buah yang ada di Blibli ini.

Cukup dengan menancapkan apel pada jarum-jarum tempat menaruh buah dan memutar handle yang ada, kulit pada apel pun bisa langsung terkupas dengan sempurna!

Ketujuh hal di atas bisa membantumu untuk memasak di dapur dengan lebih mudah tanpa harus menjadi seorang pro bukan? Sekarang kamu bisa mulai berlatih memasak berbagai macam makanan dan memamerkannya pada pacarmu. Semakin jago masak, kamu jadi makin disayang deh sama pacar.

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY