Awal tahun sudah selayaknya dimulai dengan lembaran yang bersih. Hal tersebut juga termasuk kasur yang bersih, lho. Coba ingat-ingat, kapan terakhir kali kamu benar-benar take time buat bersihin kasur?

Memang, kasur itu terlalu besar untuk masuk ke mesin cuci, tapi bukan berarti nggak bisa dibersihkan secara mendalam. Kamu hanya perlu tahu tips-tipsnya. Yuk, simak!

1. Pencegahan selalu lebih baikpencegahan

Langkah paling penting untuk memiliki kasur bersih ya dengan menjaganya dari kotoran.

Kalau kamu tipe orang yang langsung menghajar ranjang ketika pulang dari luar, saatnya basmi kebiasaan tersebut. Debu, kuman, dan kotoran yang menempel pada baju, rambut, dan telapak kaki kamu akan menjadikan ranjangmu rumah baru. Nggak hanya kamu, tapi siapapun yang naik ke atasnya harus bersih!

Buat kamu yang sering makan-minum di ranjang, lebih baik menjadikannya tempat eksklusif untuk tidur saja. Bila masih dirasa sulit, andalkan mattresss protector!

2. Cara praktis untuk yang ingin bersih-bersih instaninstan

Via Good Housekeeping

Tahu nggak sama alat bersih-bersih super praktis yang namanya lint roller? Biasanya alat ini digunakan oleh pemilik hewan peliharaan untuk membersihkan baju mereka dari bulu-bulu.

Alat yang sama juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan kasurmu dari berbagai rambut (entah rambut kepala, bulu kaki, bulu tangan, atau bulu ketiak) yang menempel. Praktis sekali kan? Tinggal tempel dan gelindingkan. Bersih deh.

3. Untuk yang ingin membersihkan kotoran secara totaltotal

Jangan dikira alat yang satu ini hanya bisa digunakan untuk lantai saja. Vacuum cleaner ternyata juga amat efektif dalam menyedot habis kotoran-kotoran di ranjang. Tekan corongnya, arahakan ke setiap sudut dan sela untuk hasil yang memuaskan.

4. Untuk kebersihan yang lebih mendalammendalam

Untuk kamu yang nggak puas hanya dengan membersihkan debu dan kotoran di permukaan ranjang, siapkan senjata ampuh: baking soda dan essential oil.

Setelah kamu menyingkirkan seprai dan sarung bantal ke mesin cuci, campurkan satu kotak baking soda dengan 10 sampai 20 tetes essential oil. Kocok campuran tersebut hingga halus dan nggak ada gumpalan-gumpalan dalam campuran.

Taburkan seluruh campuran itu pada permukaan matras dan β€˜pijat’ matrasmu agar campuran bisa meresap maksimal. Setelah semua proses itu, diamkan campuran pada ranjangmu sekitar 1 jam

Terakhir, kamu tinggal sedot semua residu tersebut dengan vacuum cleaner. Campuran baking soda dan essential oil di sini adalah untuk membunuh bakteri, menyerap kelembapan, dan juga menyegarkan ranjang.

5. Ada noda di matras?matras

Apa kasurmu pernah ketumpahan kopi atau punya noda darah kering gara-gara nyamuk? Nggak usah pusing, nggak sulit kok membersihkannya.

Kamu bisa coba larutan 1 sendok detergen dan 2 sendok air dingin. Basahi kain pembersih dengan larutan tersebut dan gunakan untuk membersihkan noda.

Kamu bisa membasahi (bukan merendam) lokasi noda dengan kain basah dan mengeringkannya dengan kain kering. Kalau nggak pakai kain, sikat gigi juga oke!


BACA JUGAΒ Sudah Siapkah Rumahmu Menyambut Tahun Ayam Api?


6. Buat kasur kembali segar dengan minuman memabukkankasur

Apa kamu merasa gerah dan nggak nyaman di kasur?

Biarpun kamu selalu menjaga kebersihan diri sebelum naik ke kasur, kasurmu tetap akan kotor oleh keringat dan sel kulit mati yang nggak kasat mata.

Untuk membuat kasurmu kembali segar dan bebas dari bakteri, alkohol adalah temanmu. Sifat disinfektan dari alkohol akan membunuh bakteri dan membuat kasurmu kembali segar dalam sekejap

Jangan langsung siram kasurmu dengan alkohol ya. Tuangkan alkohol di spray bottle dan basahi kasurmu secara merata.

7. Senjata terakhir untuk masalah paling seriusserius

Apa kamu pernah bangun tidur dengan serangkaian bentol yang gatal di tubuh, tapi rumahmu sudah bebas dari nyamuk? Wah, jangan-jangan kamu punya masalah dengan kutu ranjang!

Kalau benar itu masalahmu, kamu perlu senjata yang lebih agresif. Kumpulkan silica gel dan tumbuk hingga halus. Taburi silica gel yang sudah halus ke seluruh penjuru ranjangmu.

Silica gel dapat membuat kutu kehabisan napas dan mati. Tapi, silica gel juga bisa menyebabkan iritasi. Jadi, jangan lupa untuk pakai masker ketike mengulek.

Bagaimana? Ternyata ada banyak cara ya untuk menjaga kebersihan dan kesegaran dari ranjang. Kalau ranjangmu sudah bersih, dijamin kamu pasti bisa tidur dengan maksimal dan selalu siap untuk beraktivitas ketika bangun.

Ingat, apapun metode dan senjata yang kamu pilih, semua bahan kebutuhanmu pasti ada di Blibli.com! Selamat tidur lebih nyenyak!

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY