Kasual dan Formal, Begini Gaya dengan Rok Tutu yang Elegan

Meski rok tutu identik dengan tari balet, tapi kehadirannya pun sebenarnya ikut dipuja oleh mereka yang senang bergaya anggun atau feminin (tanpa harus menjadi penari balet sungguhan). Dan dengan perkembangan dunia mode, rok tutu nggak melulu terlihat seperti yang biasa dipakai oleh penari balet atau yang senang dipakai oleh anak-anak, kok.

Kamu yang berusia dewasa bisa banget memakai rok tutu juga. Tentu dengan mix and match yang tepat. Karena, mix and match yang salah akan berkesan kekanak-kanakan dan gaya kamu lebih mirip kostum ketimbang pakaian ‘normal.’ Juga, dengan mix and match yang cerdas gaya rok tutu kamu akan berkesan elegan, bahkan dapat kamu pakai di kesempatan kasual sampai resmi, lho. Nggak percaya? Baca terus, ya.

ROK TUTU SEPERTI INI

Photo by Instagram @emmarosestyle

Cari rok tutu yang cukup panjang – setidaknya sebetis. Atau kamu bisa cari rok tutu yang merupakan gabungan dari rok mini dengan bahan tutu yang cukup panjang. Jadi ada dimensi dari rok tutu yang kamu pakai. Penting untuk memilih rok tutu dengan potongan yang nggak terlalu mengembang atau bersiluet A. Lebar di bawah, tapi nggak kelewat lebar. Nggak seperti rok tutu buat anak-anak.

Lalu, selain bahan yang tipis tadi coba cari rok tutu yang punya aksen-aksen tambahan yang manis – seperti mutiara-mutiara, atau taburan kerutan-kerutan. Dengan memilih rok tutu macam ini, nanti saat dipadu-padankan akan ada kesan mewah. Cocok dipakai pergi undangan atau event-event malam lainnya.

ROK TUTU YANG BISA DIPAKAI DENGAN SNEAKERS, BELI DI SINI

KASUAL KE KANTOR DENGAN ROK TUTU

Photo by Instagram @leeoliveira

Setelah menemukan rok tutu yang tepat, kumpulkan keberanian untuk memakainya di kesempatan yang enggak biasa, seperti ke kantor. Dengan catatan khusus, kalau memang nggak bisa nggak usah dipaksain, ya. Tapi, kalau lingkungan kantormu cukup fleksibel, silakan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kontraskan elemen rok tutu yang sangat feminin dengan atasan yang lebih konvensional, misalnya dengan blus.

Sebelum padu padan, pikirkan dulu palet macam apa yang ingin kamu adopsi. Monokromatis atau tabrak warna. Bila monokromatis, padukan rok tutu dengan blus yang gradasi warnanya hampir sama. Bila ingin tabrak warna, kamu bisa pilih warna apa saja tapi pastikan blus yang dipilih punya kesan rapi, seperti blus dari bahan satin. Jadi bukan blus dari bahan yang kasual. Jaman sekarang sudah banyak blus yang dibuat dengan ragam detail dan bahan. Tinggal pilih yang sesuai selera.

BLUS SATIN YANG BISA DIPAKAI KONDANGAN BAHKAN KE KANTOR, BELI DI SINI

LEBIH RESMI DENGAN ROK TUTU

Photo by Instagram @leeoliveira

Untuk kesan yang lebih resmi dengan rok tutu, kuncinya ada pada bermain aksen tumpuk. Pasangkan rok tutu warna gelap dengan kemeja putih bermodel ramping lalu lapisi lagi dengan blazer warna gelap berpotongan agak longgar (oversized). Ini padu-padan yang sudah lazim kita temukan di mana-mana, bahkan saat pekan mode. Padu-padan ini dengan mudah menghasilkan kesan rapi dan elegan yang unik. Kenapa unik? Karena rok tutu sebenarnya jauh dari kesan rapi. Tinggal sempurnakan gaya ini dengan sepatu yang tepat, kitten heels atau mary jane akan cocok.

BLAZER OVERSIZED YANG SEDANG TREN BUAT KE KANTOR, BELI DI SINI

KASUAL SPORTY DI KANTOR

Photo by Instagram @leeoliveira

Gaya dengan rok tutu yang dapat berkesan sporty adalah dengan memadukannya bersama sweater. Kombinasi sweater dengan jenis pakaian apapun dapat menghasilkan kesan sporty. Kenapa sweater?

Sweater adalah salah satu jenis pakaian paling konvensional. Kita sering melihat orang memadukan sweater dengan kemeja dan celana kerja. Kombinasi yang lumrah untuk dipakai ke kantor. Dengan kecenderungan rok tutu selalu berwarna pastel yang manis, maka sweater pasangannya harus dalam warna paling basic. Hitam, biru, abu-abu.

Kalau rok tutumu warna hitam, silakan bereksperiman dengan sweater berwarna-warna yang cukup terang (tapi hitam, biru, abu-abu, atau cokelat tetap bisa jadi pilihan utama). Tinggal pasangkan dengan sepatu sneakers, deh. Kamu tetap dapat mempertahankan palet monokromatis yang lebih seru dengan bawahan rok tutu.

SWEATER DENGAN TABURAN MANIK YANG MANIS, BELI DI SINI

KASUAL DI AKHIR PEKAN

Photo by Instagram @leeoliveira

Tentunya, tampil kasual dengan rok tutu jauh lebih mudah daripada tampil rapi. Jadi, ini ide yang dapat kamu coba di akhir pekan berikutnya. Kalau sudah berniat untuk kongkow cantik di hari Sabtu atau Minggu, padukan rok tutu dengan kaos crop top (potongan menggantung) berlengan panjang.

Kalau sedang mager, tapi tetap ingin memakai rok tutu favoritmu, pasangkan rok tutu dengan kemeja kotak-kotak. Terasa aneh? Coba dulu saja.  Mungkin membayangkan rok tutu dipakai dengan kemeja kotak-kotak sangat nggak lazim. Tapi, tren mode yang banyak diperhatikan orang justru seringnya berasal dari padu-padan dua elemen yang sangat bertolak belakang.

SAATNYA PAKAI CROP TOP LAGI, DAPATKAN DI SINI

Kalau dari dulu kamu sebenarnya sudah ingin memakai rok tutu milikmu di lemari pada momen-momen yang lebih beragam, tuntaskan baca tips di atas maka impianmu sejak lama akan mudah terwujud. Tapi, kalau belum punya rok tutu atau barang-barang padanannya, buruan klik blibli.com. Semua tersedia. Transaksi dijamin aman, bebas ongkos kirim, dan barang dijamin 100% asli. Sudah tepat banget belanja di Blibli.com.

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY