Kasih Bunyi-bunyian buat Ngelatih Sensorik Anak

Photo via pexels.com

Dulu saya bingung kenapa banyak ortu yang sering beliin mainan buat anaknya. Sekarang udah kejawab, gak taunya sering ngasih stimulasi lewat mainan, ngaruh banget sama tumbuh kembang anak. Apalagi, anak balita mendingan dikasih kegiatan fisik atau mainan yang ada wujudnya dibanding ngasih gadget. 

Di umur segitu, otak anak ngalamin perkembangan yang cepet,  makanya sayang kalo sampe kelewat. Buat ortu yang bingung gimana sih ngasih stimulasi sensorik yang pas buat anak. Nah, cara2 sederhana kayak gini bisa dipraktekin di rumah ya..

  • Siapin bunyi2an biar ngelatih balita peka sama suara

Jaoh sebelum bayi bisa ngomong, dia udah bisa dengerin suara. Makanya pendengarannya kudu terus dilatih, salah satunya ya lewat suara mainan. Gak heran kan kenapa mainan anak banyak yang ngeluarin bunyi2an. Duh, jadi inget mainan hp jadul yang bunyinya “aiyaiya bang jali makan cabai”.  

  • Kasih mainan yang warnanya merah, kuning, ijo gonjreng buat narik perhatian 

Mainan balita yang warnanya gonjreng gitu ternyata gak cuma buat lucu2an doang, padahal mah ada manfaatnya. Bisa stimulasi mata anak, jadinya bisa peka sama benda yang ada di depan matanya. 

  • Kenalin mainan yang ada teksturnya, soalnya ngaruh sama emosi anak

Pernah liat anak2 yang gak mau nginjek rumput gegara geli? Nah, bisa jadi pas mereka kecil gak dibiasain kenalan sama tekstur. Ngenalin tekstur kasar, lembut, basah, kering kayak gitu, padahal ngaruh sama kemampuan sosial emosi anak. 

Nah, itu tadi cara ngasih stimulasi sensorik buat anak. Kalo dilakuin trus2an bisa ngaruh sama tumbuh kembangnya. Pengen kan anak2 tumbuh jadi orang yang pede, mandiri, dan pinter? Yuk, ajarin sensorik anak mulai dari sekarang lewat mainan2 seru yang lagi diskon di Blibli. Cusss langsung ke TKP!

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY