20 Rekomendasi Tulisan dan Desain Kartu Ucapan Lebaran 

kartu ucapan lebaran
Photo via pinterest.com

Mendekati hari raya Idul Fitri, biasanya ada banyak hal yang dipersiapkan oleh kaum Muslim di Indonesia. Mulai dari pakaian beribadah, silaturahmi, makanan yang disantap di hari raya, hingga bingkisan yang diberikan pada kerabat dan sahabat di hari yang suci. Tapi ada satu hal yang sudah jarang dilakukan di hari raya, yaitu memberi kartu ucapan. Alasan terbesarnya adalah karena kemajuan teknologi. Saat ini orang lebih memilih mengirim berbagai bentuk ucapan secara virtual, baik itu melalui e-mail, aplikasi chatting, atau media sosial. 

Cara modern ini memang dianggap lebih praktis dan hemat biaya. Hanya saja, ada beberapa elemen yang hilang dari kebiasaan mengirim kartu ucapan hari raya seperti di masa lalu. Menerima kartu, membuka amplopnya, dan membaca pesan yang ditulis dengan tangan akan memberi kesan tersendiri baik bagi yang mengirim maupun yang menerima. Apalagi kalau kartu ucapan Lebaran dibuat sendiri dengan tangan si pengirim, pasti jadi makin spesial. Selain itu, tradisi mengirim kartu ini sebenarnya ada manfaatnya. Nggak bisa dianggap sepele, yuk simak manfaat memberi kartu ucapan Lebaran di bawah ini.


Baca juga: Cara Ngindarin Drama ART yang Mau Nikah Pas Deket Lebaran

5 Manfaat Memberikan Kartu Ucapan Lebaran

Tradisi mengirim kartu ternyata sudah ada sejak ribuan tahun lalu, ketika aksara bahkan masih berbentuk simbol-simbol. Tradisi positif ini diadaptasi saat umat Muslim merayakan Idul Fitri. Ini dia manfaat memberi kartu ucapan Lebaran:

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Yang pertama adalah manfaat bagi diri sendiri dulu. Menulis kartu ucapan ternyata bisa punya pengaruh bagi kesehatan. Saat ini orang sudah jarang menulis dengan tangan, melainkan lebih sering mengetik. Ternyata menulis dengan tangan itu bisa membantu otak meningkatkan kemampuannya dan kerja motorik halus. Menulis kartu ucapan juga membuat otak bekerja mulai dari berpikir, mengolah kata, dan mengatur memori. 

  1. Meningkatkan Kreativitas

Ini terutama berlaku untuk kartu Lebaran yang dibuat dengan tangan. Mulai dari memilih jenis kertas dan ornamennya, menggunting, menempel, mewarnai, dan menghias kartu butuh kreativitas. Ini nggak hanya baik bagi anak-anak yang butuh mengembangkan imajinasi, tapi juga baik bagi orang dewasa. Bahkan kegiatan ini bisa jadi pelepas stres. Kartu Lebaran buatan sendiri juga maknanya akan lebih spesial bagi yang menerima. 

  1. Cara Bersilaturahmi

Memang benar, sekarang silaturahmi sudah bisa dilakukan dengan metode yang lebih modern. Ada panggilan suara dan video yang nggak makan banyak biaya dan mudah. Tapi mengirim kartu ucapan Lebaran tetap bisa menghadirkan suasana berbeda. Terutama karena hal ini sudah semakin jarang dilakukan. Dari menerima kartunya saja, pasti membuat penerimanya senang karena merasa dihargai dan silaturahmi pun tetap tersambung. 

  1. Cara Menunjukkan Rasa Hormat

Memberi kartu ucapan Lebaran pada kerabat yang lebih tua akan sangat berarti dan memberi kesan lebih mendalam, dibandingkan hanya mengirim pesan digital saja. Mereka akan merasa lebih dihargai karena berarti si pengirim berusaha lebih untuk memberi ucapan. Pesan yang dikirim akan lebih tersampaikan dibandingkan melalui pesan modern biasa.

  1. Sebagai Bentuk Promosi

Bagi yang membuat kartu Lebaran sendiri, ini bisa jadi bentuk promosi kecil-kecilan akan kreativitas mereka. Siapa tahu dari beberapa orang yang dikirim kartu, nantinya ada yang minta tolong dibuatkan kartu handmade. Bagi pemilik bisnis juga bisa menjadikan kartu Lebaran sebagai promosi kecil dengan cara mencetak kartu khusus dari perusahaan. 

Rekomendasi 20 Kalimat untuk Kartu Ucapan Lebaran

Ada banyak cara mengucapkan Lebaran. Bisa dengan bahasa Indonesia, bahasa Inggris, atau menggunakan kalimat yang bernada humor. Yang penting, sesuaikan kalimat ucapan dengan penerimanya, ya. Ini dia rekomendasi 20 kalimat untuk kartu ucapan Lebaran yang bisa dijadikan inspirasi:

  1. Takbir, tahmid, dan tahlil telah berkumandang, memecah keheningan malam menyambut esok hari hari raya yang fitri. Selamat Hari raya Idul Fitri. Mohon Maaf Lahir dan Batin.
  2. Mata sering salah menatap, mulut sering salah berucap, hati sering berprasangka. Dengan niat yang tulus, saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. 
  3. Seiring surya yang bersinar indah di hari yang suci ini, kami mohon dibukakan pintu maaf seluas-luasnya bila ada kata dan nggak yang tak berkenan. Mohon maaf lahir dan batin.
  4. Meski wajah tak mampu berjumpa, tangan tak saling menjabat, dari hati yang tulus kami mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. Minal aidin wal faidzin.
  5. Untuk setiap kata yang menggores hati, untuk setiap tindakan yang menyakitkan hati, kami memohon dibuka pintu maaf. Minal aidin wal faidzin.
  6. Semoga di hari yang suci ini, Allah SWT memberi kebahagiaan, suka cita, dan kemakmuran. Minal aidin wal faidzin.
  7. Dalam kerendahan hati dan kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini akan terasa indah jika ada maaf. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum.
  8. Semoga bulan Ramadhan 1441 H ini membawa banyak manfaat dan berkah yang bisa didapat di hari kemenangan. Selamat hari raya Ideul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. 
  9. Untuk hati yang pernah terluka karena ketajaman lidah maupun buruknya sikap, mohon maaf lahir dan batin. Selamat Idul Fitri 1441 H.
  10. Salah tak bisa dicegah, dendam tak menyelesaikan masalah. Izinkan aku memohon maaf agar langkah ke depan lebih mudah. Selamat hari raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin.
  11. Happy Eid Mubarak, may the blessing of Allah keeps our mind and soul peaceful and joyful.
  12. Wishing you a very happy and prosperous Eid Mubarak.
  13. May this day bring you joy, happiness, peace, and prosperity. Happy Eid Mubarak.
  14. Wishing everyone a very happy Mubarak. May the spirit of this blessed day illuminate the world with peace and harmony.
  15. May you be guided by your unflinching faith in Allah and shine ini His divine blessings. We wish you a very happy Eid Mubarak.
  16. Jam sudah berbunyi ding dong, kalau diriku ada salah mohon dimaafin dong.
  17. Opor sudah dibikin, kacang sudah digaremin, nggak afdol kalo belum ngucapin Minal Aidin wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin.
  18. Kaum milenial lagi Instagram-an, update dtory sambil chatting-an. Aku sadar banyak kesalahan, mohon maafkan di hari Lebaran. 
  19. Masa aktif hidup semakin berkurang, tapi saldo dosa malah tambah banyak. Mohon dibukakan pintu maaf untuk semua kesalahan. Minal aidin wal faidzin.
  20. Saat flu jadi sering bersin, kepala berat dan jadi nggak enak makan. Kalau aku sering ngeselin, maaf ya teman.

5 Rekomendasi Kartu Ucapan Lebaran Unik dan Estetik 

Biar makin berkesan, ini dia ide kartu Lebaran yang unik dan estetik:

  1. Kartu Pop Up

kartu ucapan lebaran
Image Source: Jakmail.com<,center>

Unik dan menarik, kartu pop up untuk Lebaran biasanya di bagian dalamnya berbentuk masjid atau ketupat yang identik dengan Lebaran. 

  1. Kartu dengan Angpao

MONEY ENVELOPES MEDIUM ANGPAO AMPLOP UANG LEBARAN 017 SS
MONEY ENVELOPES MEDIUM ANGPAO AMPLOP UANG LEBARAN 017 SS

Tradisi memberi angpao sebagai bentuk berbagi rezeki sudah mengakar saat Lebaran tiba di Indonesia. Nah, tradisi ini bisa dipermanis dengan memasukkan angpao ke dalam kartu berbentuk amplop yang menarik.

  1. Kartu Bonus Coklat

kartu ucapan lebaranSebenarnya ini bisa dikreasikan sendiri dengan jenis kartu biasa, lalu ditempelkan permen atau coklat sebagai ornamen di depan kartu. 

  1. Kartu Ucapan Bunga Kering

Flower Mica Ramadhan A5 Hadiah Ramadhan Bunga Mika Ramadhan
Flower Mica Ramadhan A5 Hadiah Ramadhan Bunga Mika Ramadhan

Kartu dengan ornamen bunga kering warna-warni jadi terlihat cantik, meski kartu dasarnya berwarna putih. Penerimanya akan merasa lebih spesial.

  1. Kartu Doodle

1PCS KARTU UCAPAN LEBARAN BLANK CARD LEBARAN TAG IDUL FITRI PUASA LEBARAN UNDANGAN KARTU UCAPAN LEBARAN
1PCS KARTU UCAPAN LEBARAN BLANK CARD LEBARAN TAG IDUL FITRI PUASA LEBARAN UNDANGAN KARTU UCAPAN LEBARAN

Bagi yang suka menggambar atau untuk penerima yang suka dengan doodle, bisa pilih kartu Lebaran doodle. Unik dan menarik, kartu Lebaraan doodle ini cocok untuk meramaikan suasana.

Makna Warna dalam kartu Ucapan

Memilih kartu ucapan, sebaiknya jangan lupa pilih warna yang sesuai. Ternyata warna di kartu ucapan juga ada artinya. Misalnya warna coklat yang menyimbolkan kesederhanaan dan kejujuran. Atau warna hijau yang menggambarkan hal alami dan martabat atau kekayaan. Sementara warna biru menggambarkan aura tenang dan komunikatif. Pilihan warna yang jarang digunakan di hari Lebaran adalah kuning. Padahal warna ini menggambarkan kebahagiaan. Bisa juga jadi pilihan kartu Lebaran tahun ini, ini. 


Baca juga: Ngasih Mainan Ke Anak buat Dijadiin THR Pas Lebaran

Nah, agar kerabat dan orang-orang tersayang merasa lebih dihargai, Lebaran tahun ini bisa mengirim kartu sebagai bentuk silaturahmi. Blibli hadir dengan berbagai pilihan kartu Lebaran aneka warna. Sesuaikan dengan karakter pengirim agar saat diterima lebih berkesan. 

Temukan Berbagai Kartu Ucapan Lebaran Terunik dan Terlengkap Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY