Ini Dia 5 Kapal Selam Buatan Indonesia

kapal selam buatan indonesia

Baru-baru ini, Indonesia lagi-lagi disentakkan dengan tragedi kecelakaan tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala – 402. Kapal selam perang ini ternyata sudah beroperasi sejak 44 tahun lamanya. Ya, bisa dibilang itu termasuk tua banget buat ukuran sebuah kapal selam. Tragedi ini sontak bikin semua rakyat Indonesia berduka atas hilangnya nyawa 53 orang awak kapal di dalam kapal selam itu. 

Kapal KRI Nanggala – 402 adalah kapal selam yang diproduksi Jerman atas permintaan pemerintah Indonesia di tahun 1977. KRI Nanggala – 402 ternyata bukan satu-satunya kapal selam yang dibanggakan Indonesia, lho. Ada 5 unit kapal selam buatan Indonesia yang beroperasi hingga sekarang. Yuk, selami lebih dalam seluk-beluk tentang kendaraan penyelam satu ini berikut.


Baca juga: Siap Hadapi Banjir dengan Perahu Karet

Sejarah Kapal Selam

kapal selamBlibli Friends pastinya penasaran dong dengan asal-muasal ditemukannya kapal selam. Kapal selam di dunia pertama kali dicetuskan oleh Cornelis Drebbel. Saat itu, dia bercita-cita buat membangun kapal yang bisa beroperasi di kedalaman laut. Dia pun bikin percobaan dengan bikin kapal dayung biasa yang dilapisi material kulit. 

Perahu sederhana itu bisa bertahan sampai kedalaman 4,5 meter. Di era perang kemerdekaan Amerika Serikat, seorang penemu bernama David Bushnell bikin kapal selam pertama yang dipakai dalam peperangan. DIsusul dengan Robert Fulton yang bikin kapal selam perang dengan ukuran yang lebih kecil dan dinamakan Nautilus. Biarpun kecil, tapi kapal selam ini punya senjata peledak yang mematikan, lho. 

Dari waktu ke waktu, kapal selam pun mulai mengalami perkembangan. Mulai dari yang pakai tenaga uap sebagai penggerak, hingga sekarang berubah jadi tenaga diesel. Kapal selam bertenaga diesel ini dipakai oleh Angkatan Laut Amerika Serikat di saat Perang Dunia ke-II. Di tahun 1954, barulah kapal selam dengan tenaga nuklir diciptakan oleh Amerika Serikat. Kapal selam itu dinamakan USS Nautilus. 

Gimana dengan Indonesia? Sebagai negara maritim, sudah pasti negara kita ini juga lumayan jago bikin kapal selam. Buktinya, sudah ada beberapa kapal selam buatan Indonesia yang beroperasi sampai sekarang. Kapal-kapal selam ini diproduksi oleh PT. PAL yang ada di Surabaya. Perusahaan ini juga sering menggaet perusahaan pembuat kapal selam di luar negeri buat bikin kapal selam buat Nusantara, lho.

Fungsi Kapal Selam

Apa sih fungsi dari kapal selam? Yang jelas sih, kapal selam ini hampir nggak pernah dipakai sebagai alat transportasi buat para turis. Kapal selam biasanya dipakai untuk keperluan militer. Misalnya, sebagai pengintai kapal-kapal musuh dan melancarkan serangan torpedo ke kapal-kapal musuh yang berlayar di permukaan. 

Selain itu, kapal selam juga banyak banget dipakai buat membawa para ilmuwan yang meneliti kehidupan di perairan laut dalam. Kapal selam memang punya kemampuan buat menyelam yang jauh lebih dalam hingga ratusan meter ke bawah laut. Cangkang bajanya bantu awak kapal selam di dalamnya terlindungi dari tekanan lautan dalam yang besar banget. 

Struktur Badan Kapal Selam dan Fungsinya

Image Source: http://pengetahuanmiliter.blogspot.com/

Next, Blibli Friends pasti penasaran kan dengan bagian-bagian yang ada di dalam kapal selam beserta fungsinya. Kok bisa ya kapal selam yang notabene terbuat dari baja yang berat banget ini bisa melayang di kedalaman air tanpa karam? Itu semua berkat komponen-komponen mesin kapal selam berikut ini:

  • Tangki Ballast 

Jadi, di dalam kapal selam ternyata terdapat sebuah tangki khusus yang disebut sebagai tangki pemberat. Saat kapal selam menyelam, tangki itu diisi oleh air laut dalam kadar tertentu yang bikin massa kapal ini jadi lebih berat. Sehingga, kapal selam ini bisa deh menyelam ke kedalaman air tertentu. Makin dalam kedalaman air yang dituju, makin banyak pula volume air yang tersimpan di dalam tangki tersebut. 

Sebaliknya, supaya kapal selam tersebut bisa mengapung lagi ke permukaan air, maka air di dalam tangki itu dikuras habis, dan digantikan oleh udara. Massa kapal selam pun jadi berkurang. Sehingga, kapal selam ini pun bisa muncul dan mengambang ke permukaan. 

  • Katup Udara & Katup Air

Di dekat tangki ballast, ada 2 katup dengan fungsi yang beda. Tangki pertama adalah katup udara. Lewat katup inilah udara masuk dan dialirkan masuk ke dalam tangki ballast. Lewat katup ini juga udara dari dalam tangki dikeluarkan saat kapal selam akan menyelam. Selain katup udara, ada juga katup air yang jadi jalan masuknya air ke dalam tangki ballast. 

  • Tangki kompresor udara

Selain tangki ballast, kapal selam juga punya tangki kompresor udara. Tangki ini punya fungsi yang krusial banget, yaitu buat memompa air keluar dari tangki ballast. Di dalam tangki yang sama, udara bakal masuk buat mengisi ruang yang kosong. Dari tangki kompresor ini, udara yang ada di dalamnya bakal dialirkan ke tangki ballast lewat katup udara. 

  • Periskop, Radar, dan Sonar

Blibli Friends pasti tahu kan bentuk dan fungsi dari periskop? Periskop ditujukan buat memantau kondisi yang ada di luar kapal selam. Jadi, biarpun kapal selam ini berada di bawah permukaan laut, tapi pengemudi atau awak kapal tetap bisa tahu kondisi sekitar. Resiko bertabrakan dengan kapal laut yang melintas jadi bisa dihindari, deh. Selain periskop, kapal selam juga dilengkapi dengan radar. 

Radar biasanya dipakai sebagai media komunikasi antara awak kapal selam dengan pusat kontrol dan kapal-kapal di sekitarnya. Sedangkan, sonar adalah sejenis radar yang dipakai buat mengidentifikasi objek-objek yang ditemui kapal selam. Jadi, awak kapal selam jadi tahu yang mana kapal selam kawan atau lawan.

Fakta Menarik tentang Kapal Selam

Sekarang, kamu sudah tahu kan apa saja bagian-bagian dari kapal selam. Nah, Blibli Friends juga wajib tahu nih fakta-fakta menarik seputar kapal selam berikut ini:

  1. Menjadi Senjata Andalan Angkatan Laut.

Kapal selam adalah salah satu bagian dari senjata andalan Angkatan Laut. Selama masa perang, kapal selam memang jadi senjata rahasia buat Angkatan Laut Amerika Serikat. Beda dengan kapal laut perang pada umumnya, kapal selam memang nggak bisa terdeteksi dengan gampang. Soalnya, dia beroperasi di bawah laut. Seorang penemu berdarah Belanda yang bernama Cornelis Drebbel jadi seorang yang pertama kali mengetes kemampuan dari kapal selam ini.

2. Merupakan Kendaraan Perang Pertama

Kapal selam jadi kendaraan perang pertama yang paling banyak dipakai sejak perang sipil Amerika Serikat. Saat itu, Amerika bagian Utara dan Selatan saling beradu kecanggihan kapal selam. Pihak Selatan meluncurkan unit kapal selam yang dinamakan David. Si David ini bertenaga uap dan dibekali dengan torpedo api. Yang jelas, kehadiran si David di medan pertempuran sempat bikin Amerika Utara kewalahan. Kapal selam paling fenomenal adalah The Hunley yang berhasil menaklukkan kapal-kapal perang di teluk Charleston. Setelah sempat karam, kapal selam Hunley akhirnya berhasil diangkat dari dasar laut di tahun 2000.

3. Kapal Selam Nuklir Pertama di Dunia. 

USS Nautilus Jadi Kapal Selam Bertenaga Nuklir Pertama di Dunia. Lebih tepatnya, di tahun 1954. Kapal selam ini jadi kapal selam pertama yang ditenagai oleh nuklir. Otomatis, performanya pun lebih bagus daripada kapal selam bertenaga diesel. Selain nggak menimbulkan bunyi berisik, kapal selam ini juga bisa tahan lebih lama di dalam air.

5 Kapal Selam Buatan Indonesia

Nah, Blibli Friends sekarang pasti jadi makin kepo, kan? Sekeren apa sih kapal selam buatan Indonesia? Ini nih ulasannya:

  1. KRI Alugoro – 405

Image Source: ANTARA/Teguh Prihatna

Kapal selam KRI Alugoro  – 405 adalah jenis kapal selam buatan Indonesia yang paling dibanggakan. Soalnya, kapal selam ini memang jadi yang pertama yang dirakit oleh anak-anak negeri. Kapal selam ini pertama kali diresmikan dan diluncurkan di tanggal 11 April 2019 di kawasan dermaga Fasilitas Kapal Selam dari PT. PAL. Dalam produksi kapal selam ini, PT. PAL bekerjasama dengan perusahaan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co Ltd dari Korea Selatan. 

Kapal selam ini punya kemampuan kecepatan yang mencapai 12 knot saat di permukaan air dan 21 knot di bawah air. Kapal selam ini bisa bertahan selama 30 tahun dan bisa menampung kurang lebih 40 orang kru kapal dan satu tim khusus dari TNI. Nama “Alugoro” diambil dari senjata gada yang dimiliki Prabu Baladewa dalam kisah tanah Jawa. Kebayang kan keperkasaannya?

2. KRI Cakra – 401 

kapal selam buatan indonesiaSama seperti kapal selam KRI Nanggala – 402, kapal selam KRI Cakra ini dirakit di negara Jerman. Kapal selam ini dibikin sebagai pengganti KRI Tjakra yang sudah habis masa baktinya. Kapal selam ini lumayan tangguh, lho. Bayangin saja, dia bisa bikin satu unit kapal selam, yaitu KRI Karang Galang lewat tembakan torpedonya di tahun 2008 silam. Buat saat ini, kapal selam ini sedang menjalani masa maintenance. Dengan panjang body sekitar 60 meter, kapal selam tangguh ini bisa dipakai buat menyelam hingga kedalaman laut 300 meter.

3. Kapal Selam Nagapasa – 403

PAL Indonesia memang sudah beberapa kali bekerjasama dengan Korea Selatan dalam hal penyediaan kapal selam perang. Selain Aluguro, Nagapasa – 403 juga jadi salah satu kapal selam buatan Indonesia. Kapal selam ini merupakan salah satu bentuk transfer ilmu antara dua perusahaan beda negara ini. Tujuannya, supaya para engineer kapal selam di PT. PAL bisa bikin kapal selam sendiri di masa mendatang. Kapal selam Nagapasa ini punya panjang sekitar 61.3 meter dan bisa melaju hingga 21 knot saat menyelam ke kedalaman air. Kapal selam perang ini juga dibekali dengan torpedo berukuran 533 mm dan 8 buah tabung launcher buat meluncurkan torpedo itu. Nama “Nagapasa” ternyata diambil dari nama anak panah Dewa Indrajit. 

4. KRI Ardadeli – 404 

Lagi-lagi, PT. PAL bekerjasama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co. Ltd asal Korea Selatan. Serah terima kapal selam ini dilakukan bersamaan dengan kapal selam Nagapasa – 403. Sama seperti Nagapasa, kapal selam ini juga diambil dari nama sebuah senjata panah dewa Hindu. 

Bedanya, kali ini senjata itu milik dari Dewa Arjuna. Anak panah Ardadeli ini punya kemampuan yang luar biasa buat melumpuhkan musuh. Kurang lebih, itulah pengharapan dari masyarakat Indonesia buat kapal selam ini ya, Blibli Friends. Buat melaksanakan tugasnya, kapal selam Ardadeli ini dibekali dengan peluru kendali yang jadi tambahan terbaru yang bikin pertahanan AL Indonesia makin kece!

5. KRI Nanggala – 402

Karamnya KRI Nanggala – 402 baru-baru ini nggak cuma bikin TNI AL kehilangan anggota-anggotanya yang gagah berani dan berbakat. Indonesia juga kehilangan salah satu dari 5 kapal selam yang dipunyainya. Memang sih, usia kapal selam ini udah tua banget. Kapal selam KRI Nanggala – 402 datang ke Indonesia bersamaan dengan KRI Cakra yang didatangkan dari Jerman Barat. 

Kapal selam ini dijuluki sebagai Monster Laut, soalnya kemampuannya yang mantap banget dalam menghancurkan kapal musuh. Kapal selam ini dibekali dengan 14 buah torpedo sepanjang 21 inch di dalam 8 tabung launcher. Kapal selam ini juga tergolong aktif banget mengikuti pelatihan yang dilaksanakan US Navy. 


Baca juga: 

Itulah informasi unik tentang kapal selam buatan Indonesia. Kamu memang nggak bisa menyelam sedalam kapal-kapal selam ini. Tapi, kamu masih bisa kok enjoy pengalaman menyelam seru dengan perlengkapan diving lengkap dari Blibli. Manfaatkan diskonnya buat dapatkan harga yang lebih terjangkau.

Dapatkan Berbagai Perlengkapan Diving Terlengkap Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY