me

10 Rekomendasi Kandang Kucing Nyaman dan Aman

Apr 20, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

pexels.com

Untuk memelihara kucing, sebaiknya kamu nggak membiarkan dia berkeliaran begitu saja di rumah. Maksudnya, beri kucing kamu kandang yang nyaman. Hal tersebut memberikan manfaat, baik untuk kucingmu dan kamu sendiri. Kucing kesayanganmu jadi punya tempat ibarat rumah kecilnya. Sementara, kamu sendiri tidak kerepotan serta lebih mudah mengurus kucing kamu. 

Soalnya, kalau kucing kamu senang, maka dia pasti akan sehat. Kamu pun ikut senang karena kucingmu bahagia di rumah. Meskipun demikian, masih ada yang tidak menggunakan kandang untuk kucingnya. Padahal, sebenarnya, lebih tepat kalau kamu menggunakan kandang buat peliharaanmu. Yuk, simak fungsi dan manfaatnya. 

Baca juga: Perbedaan Kucing Anggora dan Persia, Sudah Tau?


Fungsi Kandang Kucing

Berikut fungsi kandang kucing untuk hewan peliharaan kesayanganmu di rumah:

  1. Melindungi Kucing

Kucing yang berkeliaran di luar bisa saja mengalami risiko seperti tertabrak kendaraan, diserang hewan yang lebih galak misalnya anjing, atau terjebak di atas pohon saat dia memanjatnya. Risiko lainnya yaitu terpapar obat kimia seperti pestisida, terserang parasit, hilang dan tersesat atau terkunci di garasi rumah tetangga. Kalau ada kandang, kamu bisa berikan tempat perlindungan yang nyaman dan aman untuk kucingmu.

2. Mengurangi Biaya Perawatan

Biaya perawatan ini biasanya untuk mengobati kucing yang luka gara-gara berantem, terluka, atau terkena virus. Rabies mungkin juga bisa mengenai kucingmu, kalau dia melakukan kontak dengan kucing atau hewan terinfeksi lainnya di luar. Memiliki kandang di rumah bakal mengurangi atau bahkan menghilangkan stres kamu karena kucing yang cedera. Biaya perawatannya pun akan berkurang.

3. Mengurangi Populasi Kucing Liar

Menghalangi kucingmu berkeliaran terlalu bebas, bisa menjadi langkah yang baik untuk mengurangi populasi kucing liar di lingkunganmu. Terutama, jika misalnya kamu belum melakukan sterilisasi buat kucingmu. Dia nggak akan berkembang biak dengan kucing-kucing liar. Kucingmu terjaga dan populasi kucing di tempatmu juga terkendali.

4. Menciptakan Lingkungan yang Sehat

Kucing yang dipelihara di dalam rumah biasanya suka menghabiskan waktu di dekat jendela, dia mencari kehangatan sinar matahari. Dia juga senang memperhatikan jalan di luar rumah, atau sekadar melamun membayangkan kehidupan bebas. Nggak apa-apa kamu biarkan dia bebas berseliweran di dalam dan luar rumah. Asalkan ada kandang, dia tahu kalau itu rumahnya, dan kucingmu nggak akan mengacau di dalam rumah. Jadi, lingkungan rumahmu tetap sehat juga.

5. Mengurangi Masalah Kucing di Dalam Rumah

Secara alami, kucing adalah hewan pemburu dan mereka sangat peka dengan wilayah kekuasaannya atau teritorialnya. Terutama, kalau ada banyak kucing di rumah. Mereka jadi harus belajar sharing tempat dengan sesama kucing lainnya. Namun, seekor kucing tetap memerlukan tempat untuk teritorinya. Kandang membantu mengurangi konflik dan masalah perilaku kucing di dalam rumah. Sebab, mereka sudah punya wilayahnya masing-masing.

6. Membantu Mengurangi Bau di Dalam Rumah

Menambahkan litter box di dalam kandang juga sangat penting dan menguntungkan, apalagi kalau kucingmu ada lebih dari satu ekor. Ini juga membantu mengurangi bau di dalam rumah. Nah, kalau ada kandang indoor dan outdoor, bedakan litter box-nya. Idealnya, gunakan satu litter box untuk maksimal dua ekor kucing. 

7. Bisa Menjalin Hubungan Baik dengan Tetangga

Tidak semua orang menyukai kucing. Bahkan, kalau tetanggamu suka kucing, mereka nggak akan mau kucingmu tahu-tahu ngeluyur ke halaman rumah mereka, terus buang kotoran di sana. Sementara, kalau misalnya tetanggamu tersebut juga memiliki kucing, maka bisa terjadi konflik kepentingan wilayah antar kucing. Menggelikan? Kedengarannya saja. Tapi kalau terjadi, maka kamu bisa pusing sendiri. Bahkan, kamu bisa jadi nggak akur lagi dengan tetanggamu. Makanya, kandang membantu kucingmu agar tertib dan bersopan santun.

8. Memberikan Perasaan Damai dan Nyaman

Kandang kucing mengurangi kecemasan dan kegelisahanmu. Di mana, kamu mungkin suka khawatir tentang keamanan kucingmu, saat dia bermain di luar. Kamu jadi kepikiran terus. Nah, menggunakan kandang bisa mengurangi kekhawatiran kamu. Kamu tahu bahwa kucingmu sudah aman dan terlindungi. Terutama, dengan menaruh kandang di luar rumah, misalnya di teras luar atau halaman, sehingga kucingmu tetap merasa bebas dan bisa enjoy. Lagipula, sesekali kamu tentu bisa mengeluarkan kucingmu dari kandang biar dia bermain lebih bebas.

Cara Memilih Kandang Kucing

Kamu sudah melihat berbagai fungsi dari kandang kucing sekaligus manfaatnya. Ternyata, kandang memang sepenting itu buat kucing kamu. Juga untuk kamu sendiri sebagai pemilik kucing. Sekarang, yuk, simak cara memilih kandang kucing yang tepat:

  1. Memperhatikan Umur Kucing

Anak-anak kucing bisa cukup berada di dalam kandang kecil, yang biasanya digunakan untuk kucing dewasa. Kandang untuk anak-anak kucing ideal digunakan selama sepuluh minggu pertama, setelah mereka lahir.

2. Menyesuaikan dengan Ukuran dan Berat Kucing

Kucing dewasa bisa berukuran macam-macam, mulai dari yang mungil, sedang sampai besar. Seperti dwelf, munchkin atau mini skin, lalu Siberian, Ragamuffins atau lainnya. Sesuaikan kandang dengan jenis kucingmu, ya.

3. Memastikan Area Tempat Menaruh Kandang

Kandang kucing besar di dalam ruangan perlu tempat yang cukup luas. Jadi, kamu harus menata ulang perabotan di dalam rumahmu. Kalau memungkinkan, berikan juga tempat bermain buat si kucing.

4. Memperkirakan Seberapa Sering Kucing Berada di dalam Kandang

Kalau kucingmu cuma dimasukkan ke dalam kandang selama satu atau dua jam, seperti saat kamu keluar rumah untuk belanja atau ketika kamu ngantor misalnya, maka kandangnya nggak harus yang besar banget. Yang penting sesuaikan aja dengan kebutuhan kucingmu, ya.

5. Apakah Kandangnya Mau Ditaruh di Dalam atau Luar Rumah?

Jika kamu mau menaruh kandang kucing di luar rumah, maka kamu bisa mempersiapkan tempat yang lebih luas. Tapi nggak masalah kalau tempat untuk kandangnya tidak seluas itu. Idealnya, kalau memungkinkan, bikin pintu atau lubang kecil tempat kucing keluar masuk rumah. Kucingmu bakal senang banget.

Jenis-Jenis Ukuran Kandang Kucing

Ukuran kandang kucing ada bermacam-macam. Ukurannya juga menyesuaikan dengan umur dan ukuran kucing. Beberapa kandang kucing yang paling umum yaitu memiliki ukuran:

  1. 60 x 40 x 50 cm
  2. 46 x 32 x 39 cm
  3. 60 x 42 x 90 cm
  4. 75 x 45 x 55 cm
  5. 75 x 45 x 110 cm
  6. 60 x 42 x 50 cm
  7. 75 x 50 x 100 cm
  8. 75 x 50 x 50 cm
  9. 90 x 60 x 70 cm
  10. 95 x 60 x 47 cm

Masih ada berbagai macam kandang kucing lainnya dengan desain dan ukuran bervariasi. Kamu bisa mencarinya di toko online dengan pilihan lengkap.

Rekomendasi Kandang Kucing  

Omong-omong tentang rumah kucing, kalau kamu mau beli, ada rekomendasi yang bisa memudahkan kamu memilih. Berikut rekomendasi kandang kucingnya:

  1. Kandang Besi dengan Tatakan Plastik

WYD Besi Kandang Kucing, Burung Anjing Hamster Kelinci

  • Bahan: Besi
  • Ukuran: 60 x 40 x 50 cm
  • Rentang harga: Mulai dari Rp280.000

Kapasitas ideal untuk satu ekor kucing dewasa atau anak-anak kucing.

2. Kandang Kucing Besi

Kandang Pagar / Kandang Umbar Besi Lipat - Kelinci Kucing Anjing Kura-Kura DIY Pet Cage For Dog Cat

  • Bahan: Besi
  • Ukuran: 46 x 32 x 39 cm
  • Rentang harga: Mulai dari Rp190.000

Kandang ini cocok untuk semua jenis kucing. 

3. Kandang Tingkat Tiga

Kandang Kucing 3 tingkat Besi Tebal Lipat Size L 95x60x47 Kucing / Anjing / Kelinci

  • Bahan: Besi
  • Ukuran: 60 x 42 x 90 cm
  • Rentang harga: Mulai dari Rp320.000

 Desainnya bertingkat. Cocok untuk banyak kucing di dalamnya.

4. Kandang Besi Lipat

Kandang Besi Lipat Kucing Kelinci Musang Anjing

  • Bahan: Besi
  • Ukuran: 60 x 45 x 50 cm
  • Rentang harga: Mulai dari Rp160.000

Kandangnya bisa dilipat, praktis untuk dipindahkan.

5. Kandang Kucing Tingkat

Kandang Kucing 3 Tingkat

  • Bahan: Rotan
  • Ukuran: 48 x 48 x 70 cm
  • Rentang harga: Mulai dari Rp600.000

Desainnya bertingkat sehingga lebih praktis untuk semua kucingmu di satu tempat.

6. Kandang Tingkat 3 Size XL

Kandang kucing tingkat 3 size XL 75x50x100

  • Bahan: Besi
  • Ukuran: 75 x 50 x 100 cm
  • Rentang harga: Mulai dari Rp500.000

Kandangnya ini berukuran besar dan bertingkat. Untuk kucing-kucing besar juga bisa.

7. Kandang Kucing Tingkat 1

kandang kucing tingkat 1 75x50x50

  • Bahan: Besi
  • Ukuran: 75 x 50 x 50 cm
  • Rentang harga: Mulai dari Rp300.000

Kandang ini berukuran sedang yang cocok untuk seekor kucing dewasa.

8. Kandang Lipat Plus Roda

KANDANG KUCING LIPAT size 90x60x70 PLUS RODA

  • Bahan: Besi
  • Ukuran: 90 x 60 x 70 cm
  • Rentang harga: Mulai dari Rp395.000

Kandangnya ini bisa dilipat dan dilengkapi roda sehingga mudah sekali dipindahkan.

9. Kandang Lipat Roda Nilon

Kandang Kucing 3 tingkat Besi Tebal Lipat Size L 95x60x47 Kucing / Anjing / Kelinci

  • Bahan: Besi
  • Ukuran: 95 x 60 x 47 cm
  • Rentang harga: Mulai dari Rp455.000

Kandang ini bisa dilipat dan digeser dengan mudah, nyaman dan tak berisik, dengan dilengkapi roda berbahan nilon.

10. Kandang Cargo Travel

Pet Cargo / Pet Carrier BONUS Tray - Kandang (Cargo) Kucing Anjing 50x35x35

  • Bahan: Plastik Tebal
  • Ukuran: 50 x 35 x 35 cm
  • Rentang harga: Mulai dari Rp180.000

Kandang yang bisa dibawa dengan mudah kemana pun ini hanya diperuntukkan untuk 1 kucing dewasa. Di dalamnya pun dilengkapi dengan tempat makan dan minum yang praktis untuk membawa kucingmu bepergian. 

Jenis kandang kucing masih ada beragam variasi lainnya, juga dengan ukuran berbeda. Ada juga kandang dengan bahan plastik, rotan dan masih banyak lagi. Kamu bisa mendapatkan semuanya secara online


Baca juga: Wow, Ini Lho Daftar Ras Kucing Termahal di Dunia!

Jadi, fungsi kandang kucing memang begitu penting. Kamu bisa memelihara kucing dengan aman dan nyaman, jika ada kandangnya di rumah. Nah, rekomendasi kandang tadi juga bisa langsung kamu beli di Blibli! Dapatkan kandang kucing model apa saja dengan harga diskon. Nikmati juga promo perlengkapan untuk kucing lainnya. 

Tag: