Ketika satu mobil bersama keluarga, suka bingung nggak sih harus nyetel lagu apa? Kalian sukanya Justin Bieber, Raisa, atau Skrillex sedangkan mama papa kalian nggak kenal sama mereka. Jangan sampai niatnya bikin suasana jadi makin asyik, eh, malah jadi canggung.

Makanya, kalian juga harus tahu apa yang mereka suka biar mereka juga bisa menikmati perjalanan! Musik dari idola-idola mereka juga seru loh! Kamu, sudah kenal belum dengan 10 legenda musik zaman papa mamamu ini?

1. Elvis Presley

Jauh sebelum Syahrini hits dengan jambul khatulistiwa, Elvis Presley sudah menduniakan jambul tingginya yang terkenal sebagai ‘ducktail’. Selain gaya rambutnya yang sangat khas itu, Presley dicirikan dengan celana cut-bray dan kerah tinggi. Mode berpenampilannya kala itu, mungkin juga sekarang, banyak ditiru orang di seluruh dunia.

elvis-presley

Semua ingin tampil seperti Elvis Presley yang dijuluki The King of Rock and Roll. Gaya berpenampilan dan gaya hidupnya menjadi ikon budaya abad 20-an. Dialah idola yang membuat mama dan tantemu berteriak-teriak ala fangirl!

Presley aktif berkarya di dunia musik juga film sejak tahun 1956 hingga tahun 1977. Selama itu, Presley menghasilkan ratusan rekaman atas namanya.

Salah satu lagu yang sangat terkenal adalah “Can’t Help Falling in Love” yang diliris pada tahun 1962 dan langsung memuncaki tangga lagu Inggris. Lagu tersebut juga dijadikan soundtrack beberapa film, seperti Overboard (1987), Lilo & Stitch (2002), serta remake versi Mandarin oleh boyband F4.

Penyanyi asal Amerika ini juga pernah menggelar konser di Honolulu, Hawaii yang disiarkan secara melalui satelit ke 40 negara di Asia, Eropa, dan Amerika Serikat. Konser yang diberi judul Aloha from Hawaii via Satellite itu diperkirakan ditonton oleh 1-1,5 juta orang dan menjadi konser termahal saat itu. Wah, gila ya si Hillbilly Cat!

2. John Lennon

“You may say I’m a dreamer. But I’m not the only one.” Walaupun sudah berumur 45 tahun, lagu “Imagine” (1971) masih relevan di telinga masyarakat. Lagu ‘Imagine’ sangat terkenal karena liriknya yang kontroversial. John Lennon sangat menentang perang dan mendukung kedamaian dunia. Pada Hari Puisi Nasional Tahun 1999 di Britania Raya, BBC menobatkan lagu ‘Imagine’ sebagai lagu dengan lirik terfavorit se-Britania Raya.

john-lennon

Via – E! News

Sebelum bersolo karier, John Lennon bersama Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr membentuk grup band The Beatles. Grup band asal Liverpool, Inggris itu menyita perhatian banyak orang di seluruh dunia, terlepas ditolak beberapa kali oleh perusahaan rekaman.

Namun, pada tahun 1970, The Beatles bubar dan Lennon memilih untuk bersolo karier. Pada tahun 1987, nama John Lennon mendapatkan tempat di Songwriters Hall of Fame setelah sebelumnya sudah tercantum di Rock and Roll Hall of Fame sebanyak 2 kali pada tahun 1994 sebagai solo artis dan 1998 sebagai anggota The Beatles.

3. Elton John

Sir Elton Hercules John adalah penyanyi asal Inggris yang memegang rekor artis dengan penjualan musik terbaik di dunia. Rekor tersebut didapatkannya setelah menghasilkan 300 juta karya selama masa kariernya.

Salah satu lagunya yang terkenal, “Candle in the Wind 1997”, didedikasikan untuk Putri Dianna yang meninggal pada tahun 1997. Lagu ini terjual lebih dari 33 juta kopi sehingga dinobatkan menjadi lagu terlaris sepanjang sejarah tangga lagu Britania Raya dan Amerika Serikat! Lagu tersebut dibawakan oleh Elton John untuk mengiringi pemakaman Putri Diana, Princess of Wales.

elton-john

 Via Rolling Stone

Nama Elton John sudah nggak asing lagi di ajang penghargaan bergengsi, seperti Theatre Awards, Grammy Awards, bahkan Academy Awards.

Setelah 15 kali masuk berbagai nominasi Grammy Awards, pada tahun 1987 John akhirnya mendapatkan nominasi Best Pop Performance by a Duo or Group with Vocal atas kolaborasinya bersama Dionne Warwick, Gladys Knight & Stevie Wonder dengan lagu “That’s What Friends Are For”.

Hingga sekarang, Elton John sudah 34 kali menjadi nomine di berbagai penghargaan dan memenangkan 6 di antaranya. Pada tahun 1995, tiga lagunya untuk film The Lion King ternominasi untuk penghargaan Oscar pada nominasi yang sama, yaitu Best Original Song. Ketiga lagu itu berjudul “Can You Feel the Love Tonight”, “Circle of Life”, dan “Hakuna Matata”.

Satu hal lagi yang hebat dari Sir Elton John: Tahukah kamu bahwa beliaulah yang membantu rapper Eminem bangkit dari kecanduan terhadap narkoba?

4. Michael Jackson

Siapa yang nggak kenal dengan King of Pop ini? Pencetus gaya moonwalk dan lean ini  memulai kariernya sejak tahun 1964. Pada tahun itu, Michael bergabung dengan grup musik besutan ayahnya, Jackson 5 (ingat dengan lagu ABC?).

Pada tahun 1965, Jackson 5 memenangkan ajang pencarian bakat lokal sehingga nama mereka semakin terkenal. Pada 1970-an, Michael mendapatkan kesempatan merilis album solonya sebagai idola para remaja. Album solo terlaris pertamanya berujudul Off the Wall.

michael-jackson

Via – Emaze

Selama masa hidupnya, Michael Jackson telah menciptakan 10 album solo dan banyak single solo maupun kolaborasi. Berkat karya-karyanya, ia semakin dikenal dan dihargai di seluruh dunia.

Michael Jackson mendapat banyak pengakuan di berbagai ajang penghargaan, seperti Grammy Awards, World Music Award, America Music Award, Bambi Pop Artist of the Millennium Award, serta Guinness World Records untuk konser paling sukses sepanjang masa.

Selain itu, nama Michael Jackson juga tercantum di berbagai Hall of Fame, seperti Rock and Roll Hall of Fame, Vocal Group Hall of Fame, Songwriters Hall of Fame, Dance Hall of Fame,  Rhythm and Blues Music Hall of Fame, serta Hollywood Walk of Fame. This is it! Yakin deh, lagunya masih cocok banget dengan selera anak muda zaman sekarang.

5. Diana Ross

Nggak hanya kaum pria, banyak juga wanita yang menjadi idola pada tahun 70 dan 80-an. Salah satunya adalah Diana Ross. Perempuan asal Detroit, Amerika Serikat ini pertama kali masuk dunia musik bersama grup The Supreme.

Pada tahun 1960-an, The Supreme menjadi salah satu grup idola yang karyanya paling laris sedunia. Diana Ross bersama The Supreme berhasil membawa 12 lagu single mereka memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100.

diana-ross

Via Los Angeles Times

Perjalanan karier Diana Ross sebagai artis solo juga sangat mengagumkan. Lagu pertamanya yang menjadi number one hit berjudul “Ain’t No Mountain High Enough” dari album pertamanya Diana Ross.

Banyak lagu lainnya yang juga sangat disukai di seluruh dunia, seperti lagu duetnya bersama Lionel Richie yang berjudul “Endless Love”. Ross juga dinobatkan menjadi Female Entertainer of the Century.

Dia adalah penyanyi wanita tersukses di dunia berkat 70 lagu hits-nya yang berhasil terjual lebih dari 100 juta kopi. Nama Diana Ross juga bisa kalian temukan di Rock and Roll Hall of Fame, lho. Suara wanita yang diakui sebagai salah satu dari Five Mighty Pop Diva of the 60’s ini pasti bikin kamu jatuh cinta.

6. Nicky Astria

Nggak cuma luar negri, Indonesia juga punya idola musik yang hebat-hebat. Salah satunya adalah Nicky Astria. Wanita asal Bandung ini terkenal berkat suaranya yang sangat tinggi dan “nge-rock abis”.

Album pertamanya dirilis pada tahun 1983 dengan judul Semua Dari Cinta. Setelah itu, Nicky Astria berhasil menerbitkan 24 album studio. Mungkin kalian juga masih familiar dengan lagunya yang berjudul “Uang” atau juga “Jarum Neraka”.

nicky-astria

Via – clickandflick.co.id

Pada tahun 1990, Nicky bersama Pakarock memenangkan nominasi Penyanyi Duet Terbaik pada BASF Awards 1990. Selain itu, pada tahun 2000 Nicky Astria dinobatkan menjadi penyanyi rock terbaik di AMI Awards 2000.

Lagunya yang berjudul “Jarum Neraka” dan “Tangan-Tangan Setan” masuk ke dalam 150 Best Indonesian Songs of All Time versi Rolling Stone Indonesia pada tahun 2009. Kamu perlu banget mendengarnya!

7. Ahmad Albar

Pasti kalian juga pernah mendengar nama ini, Ahmad Albar. Penyanyi senior ini mengawali kariernya ketika masih anak-anak dengan membintangi film Djendral Kantjil pada tahun 1957. Sepulangnya dari Belanda pada tahun 1975, Ahmad Albar membentuk grup band God Bless bersama Fuad Hassan, Donny Fattah, Jockie Surjorajogo, dan Ludwig Lemans.

ahmad-albar

Via – blj.co.id

Tidak hanya sukses bersama God Bless, Ahmad Albar juga sukses merintis karier solonya. Bahkan ia pernah mengeluarkan album bergenre dangdut, yang dianggap tidak populer seperti musik rock dan sangat bertolak belakang dengan God Bless.

Namun, album dangdutnya yang bertajuk Zaskia itu ternyata diminati masyarakat. Salah satu lagunya yang meledak adalah “Zaskia” dan “Raja Kumbang”. Selain itu, Ahmad Albar juga tergabung dengan grup musik Gong 2000.

Walaupun sempat terlibat kasus narkoba, ayah dari aktor ganteng Fachri Albar ini masih dikagumi banyak orang, lho. Pasti kalian jadi penasaran gimana kerennya Ahmad Albar zaman dulu, apalagi pas zaman Duo Kribo!

8. Ikang Fawzi

Waktu 30 tahun lalu memang banyak sekali penyanyi rock yang jadi idola masyarakat, salah satunya yang terkenal adalah nama Ikang Fawzi. Pria yang dinobatkan menjadi The Best Rocker tahun 1987 itu dulunya juga seorang aktor, loh!

Berkat lagunya yang berjudul “Preman”, nama beliau semakin meroket. Lagu “Preman” sebenarnya adalah soundtrack dari film yang juga ia bintangi bersama Rhoma Irama. Pak cik papa Metropolitan!

ikang-fawzi

 

Via – Sidomi

Bersama dengan Achmad Albar dan Nicky Astria, Ikang Fawzi membentuk grup musik Pakarock. Grup musik itu berkolaborasi dengan penyanyi-penyanyi lainnya, seperti Anggun Sasmi, mengeluarkan album Jangan Bedakan Kami. Sampai sekarang, suami dari aktris Marissa Haque itu masih aktif di dunia hiburan Indonesia sebagai aktor.

9. Iwan Fals

Selain John Lennon, dunia juga punya Iwan Fals dari Indonesia. Lagu-lagu Iwan Fals terkenal suka ‘memberontak’ terhadap ketidakadilan pemerintah. Bahkan karena lirik lagunya yang banyak mengkritik pemerintah, Iwan Fals sempat harus berhadapan dengan polisi! Konser-konsernya di berbagai daerah juga sering disabotase oleh haters.

iwan-fals

Via – Bintang

Salah satu lagunya yang sangat fenomenal adalah “Bento” dan “Bongkar” yang diliris pada tahun 1989. Setelah lagu kontroversial itu dirilis, nama Iwan Fals semakin melejit.

Karya-karyanya sangat dipuji dan disenangi masyarakat karena dianggap menyuarakan rakyat kecil yang waktu itu tertindas pemerintah. Karena liriknya yang “berani” itu, tidak semua karya Iwan fals berhasil masuk dapur rekaman.

Namun, para penggemarnya masih bisa menikmati lagu-lagu itu ketika menonton konsernya. Nama Iwan Fals sudah dapat pengakuan sejak tahun 1980 ketika ia Juara I Festival Musik Country.

Setelah itu, Iwan Fals mendapat banyak penghargaan, misalnya seperti Penyanyi Pujaan BASF 1989. Penghargaan terbaru yang didapatkannya adalah Lifetime Achievement Awards dari NET. pada Indonesian Choice Awards 2014 silam.

10. Chrisye

Satu lagi nama musisi Indonesia yang pasti nggak asing di telinga kalian. Penyanyi dengan nama asli Christian Rahadi ini sudah eksis di dunia musik Indonesia sejak tahun 1967. Setelah sukses dengan karyanya di film Badai Pasti Berlalu, Chrisye mendapatkan kontrak menjadi artis Musica.

Album perdananya dirilis pada tahun 1978 dengan judul Sabda Alam. Setelah itu, Chrisye menciptakan 18 album studio dan mendapatkan respons yang sangat baik dari masyarakat. Ia terkenal sebagai pelantun lagu romantis dengan judul seperti ‘Kisah Kasih di Sekolah’ dan ‘Kala Cinta Menggoda’.

chrisye

Via – bicaramusik.id

Album hasil remake dari film Badai Pasti Berlalu pun dinobatkan menjadi Album Terbaik Indonesia oleh Rolling Stone Indonesia. Tidak hanya bernyanyi sendiri, Chrisye juga sering berkolaborasi dengan penyanyi-penyanyi Indonesia, misalnya Ariel Peterpan (sekarang Noah), Sophia Latjuba, dan Pasha Ungu.

Chrisye juga pernah berkolaborasi dengan Erwin Gutawa, salah satunya untuk mendaur ulang lagu-lagu Badai Pasti Berlalu yang dirilis di bawah Musica Studio. Walaupun Chrisye sudah tiada lagi, lagu-lagu ciptaan Chrisye masih sering diputar dalam momen penting, ngelamar pacar misalnya.

Nah kalau kamu sedang mencari tiket konser untuk ditonton bareng mama papa, kamu bisa cek di Blibli.com! Ada berbagai tiket konser yang bisa kamu pilih Friends, dan kamu juga bisa nikmati cicilan 0% dari Blibli.com!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY