me

Cek Kamera Digital Terbesar di Dunia, Yuk!

Mar 21, 2023.By Jarvis
Bagikan

khaama.com
Seperti ini, lho penampakan kamera digital terbesar di dunia.

Semua hal yang berhubungan dengan dunia fotografi buat sebagian orang memang jadi hal menarik yang bisa mendatangkan kebahagiaan tersendiri. Mulai dari jenis-jenis kamera, cara memilih kamera, memilih lensa, spesifikasi kamera, teknik supaya bisa menghasilkan gambar yang oke, cara merawat sampai hal-hal unik yang berhubungan dengan kamera.

Hal itu karena kamera merupakan sebuah alat yang bisa mengabadikan momen sehari-hari yang mungkin nggak terjadi lagi. Jadi ada rasa spesial jika bisa ambil bagian dalam setiap momen tersebut. Dengan makin berkembangnya teknologi, kamera yang ditawarkan makin beragam. Ada yang mirip ketapel, mirip senjata laras panjang, ukurannya mungil dan ada juga kamera digital terbesar di dunia.

Baca juga: Ini Kamera Terunik di Dunia, Ada yang Menarik Perhatianmu?


Kamera Digital Terbesar di Dunia

Kamera Digital Terbesar di Dunia
interestingengineering.com

Bicara tentang kamera digital maka nggak akan lepas dari kamera digital terbesar di dunia yang diperkenalkan oleh SLAC National Accelerator Laboratory di Stanford University, California yakni Legacy Survey of Space and Time (LSST). Biar nggak penasaran, inilah kamera terbesar di dunia beserta spesifikasi, harga dan serba-serbinya.

1. Bagaimana Spesifikasinya?

Kamera Legacy Survey of Space and Time (LSST) punya ukuran fisik yang setara dengan sebuah mobil, tinggi sekitar 1.65 meter dan bobotnya mencapai 3 ton. Sebetulnya kamera LSST fungsinya sama dengan kamera digital yang umum kamu jumpai di pasaran. Yang membedakan ukurannya yang jauh lebih gede. Kamera ini nantinya akan memfoto sekitar 20 milliar galaxy dalam jangka waktu 10 tahun ke depan.

Kamera LSST punya 189 sensor yang tugasnya mengambil cahaya dari objek bintang-bintang lalu diubah jadi sinyal listrik yang kemudian diubah jadi gambar digital. Sensor pada kamera bentuknya persegi dengan panjang sisi 42 mm. Secara total LSST punya 3.2 gigapixel yang bisa melihat objek dari jarak 24 km. Bahkan bisa menangkap debu bulan karena kamera dibekali lensa sebesar 1.57 m.

Lensa kamera LSST yang berdiameter 1.57 m ini merupakan yang terbesar (dari jenisnya) yang pernah dibuat dan dilengkapi juga dengan penutup lensa. Perangkat juga dibekali pendingin yang bikin suhu kamera tetap stabil sampai -100 derajat Celcius. Teknologi pendingin ini jadi modifikasi tahap akhir sebelum dioperasikan yang rencananya di akhir 2024 di puncak Cerro Pachn, Chili.

Punya bidang pandang 9.6 derajat persegi yang ukurannya hampir 40 kali lebih besar dari ukuran bulan (bila dilihat dari bumi). Hal ini akan membantu para astronom untuk menangkap variasi kecerahan lebih dari 37 milliar bintang serta hal lainnya yang biasanya nggak memungkinkan untuk bisa diamati. 

2. Berapa Harganya?

Oleh karena kamera Legacy Survey of Space and Time (LSST) ini adalah proyek besar tentu butuh dana yang nggak sedikit. Namun angka pasti bujet yang sudah digelontorkan dalam pembuatan LSST ini belum diketahui secara pasti karena kamera juga belum secara resmi dioperasikan.

Seperti sudah disinggung sebelumnya, kamera LSST fungsinya sama dengan kamera digital pada umumnya hanya ukurannya yang jauh lebih gede. Penciptaan kamera berukuran raksasa ini bertujuan untuk merekam atau memotret kondisi langit pada malam hari dengan visual yang lebih spesifik dan detail dibandingkan eksperimen yang sebelumnya pernah dilakukan oleh para peneliti luar angkasa. 

Nah, setiap hasil jepretan foto dari LSST tersebut dan data-data dari galaxy akan dikumpulkan untuk membantu meningkatkan pemahaman akan luar angkasa. Nggak hanya itu, dengan kamera LSST juga bisa membantu para ilmuwan untuk lebih mengetahui terbentuknya galaxy dan mengetahui juga sifat materi gelap di luar angkasa yang selama ini masih misterius.

Saat para peneliti melihat ada fenomena baru di luar angkasa, setelah tombol kamera ditekan maka nggak butuh lama dalam waktu 60 detik 

Serba-Serbi Kamera Terbesar di Dunia

Kamera digital Terbesar di Dunia
freethink.com

 

Setelah tahu spesifikasi dan fungsi dari kamera Legacy Survey of Space and Time, serba-serbi tentang kamera raksasa seperti yang di bawah ini juga menarik untuk diketahui.

  • Buat yang mungkin belum tahu, SLAC National Accelerator Laboratory ini merupakan pusat penelitian, pengembangan yang sudah ada sejak 1962 yang berlokasi di California, Amerika Serikat dan menempati lahan seluas 426 hektar. 

Laboratorium ini dikelola oleh Universitas Stanford dan didanai oleh Departemen Energi Amerika Serikat. Pada 2005 SLAC telah mempekerjakan lebih dari 1.000 orang dan 150 orang diantaranya adalah fisikawan bergelar doktor yang melayani lebih dari 3.000 peneli tamu.

Penelitian di SLAC ini sudah mendapatkan tiga kali nobel fisika, lho yakni pada 1976 (charm quark), 1990 (struktur quark dalam proton dan neutron) dan 1995 (tau lepton).

  • Untuk proyek gede pembuatan kamera istimewa yang bernama Legacy Survey of Space and Time (LSST) di SLAC akhirnya rampung pada Oktober 2022 lalu. Yang menarik, kamera LSST juga diakui Guinness World Records sebagai lensa optik yang punya ukuran terbesar di dunia yang mampu mengambil gambar sampai 15 terabyte per malam. 
  • Hal menarik berikutnya, karena komponen kamera LSST terutama sensor kamera harganya mahal banget, hal ini bikin para ilmuwan harus ekstra hati-hati, lho saat memasangnya. Bahkan Vincent Riot yang merupakan pimpinan tim proyek LSST mengungkapkan, para peneliti saat memasang lensa bak memarkir mobil Lamborghini.
  • Saat berada didekat kamera LSST para peneliti kudu pakai pakaian pelindung khusus. Hal ini untuk menghindari kontaminasi elektronik dari kamera. 

Nah, mulai tahun 2023 ini para ilmuwan di SLAC sudah mulai mengemas kamera LSST untuk nantinya akan diboyong ke Chili. Menurut rencana, sih kamera akan diterbangkan pakai pesawat Boeing 747 ke Observatorium Vera C. Rubin di puncak Cerro Pachn, Chili pada 2024. Untuk mencapai Observatorium kemungkinan kamera akan diangkut pakai truk besar atau kereta khusus.


Baca juga: Kamera Termahal di Dunia Ini Bikin Melongo Lho!

Blibli Friends, itulah kamera terbesar di dunia beserta spesifikasi, fungsi dan harganya. Sudah nggak bikin penasaran lagi, kan? Nah, jika kamu butuh kamera untuk menunjang hobi memotret atau untuk memperdalam dunia fotografi, tinggal klik Blibli maka semua beres. Di toko online ini kamu bakalan dimanjakan dengan aneka jenis kamera dari berbagai merek yang dijamin 100% original.

Belanja di Blibli kamu juga berkesempatan mendapatkan harga terbaik karena Blibli banyak memberikan penawaran promo dan diskon menarik. Pengalaman belanja online juga makin menyenangkan karena ada layanan istimewa berupa gratis ongkos kirim dan 15 hari retur. Nggak perlu berlama-lama, segera beli kamera impianmu dengan harga oke hanya di Blibli sekarang juga!