GoPro Hero 8 Akan Segera Dirilis, Ini Kabar Terbarunya!

Via engadget.com

Pasar action cam sepertinya belum akan meredup dalam waktu dekat. DJI yang sebelumnya dikenal sebagai produsen drone, baru-baru ini mengeluarkan action cam yang mengejutkan, yaitu DJI Osmo Action. Fitur-fiturnya membuat GoPro Hero 7 Black seperti ketinggalan zaman. Padahal, sebelumnya Hero 7 menetapkan standar baru bagi sebuah action cam canggih.

Melihat persaingan ini, GoPro sepertinya tidak ingin tertinggal terlalu jauh. Mereka dikabarkan akan meluncurkan GoPro Hero 8 sebagai tandingan DJI Osmo Action. Namun, apakah Hero 8 juga memiliki layar front-facing yang berwarna juga? Mari kita simak sama-sama kabar terbaru seputar GoPro Hero 8 berikut ini.

Line up lebih dari satu kamera?

Tren merilis lebih dari satu kamera dalam line up yang sama telah dilakukan GoPro sejak memperkenalkan Hero 3 pada tahun 2012 silam. Hal yang sama pun dilakukannya pada line Hero 7 yang memiliki varian tiga action cam yang berbeda, yaitu Hero 7 Black, Hero 7 Silver, Hero 7 White, dan edisi terbatas Hero 7 Dusk White.

Untuk Hero 8 ini memang belum ada pernyataan resmi dari GoPro tentang berapa kamera yang akan dirilis untuk lini Hero 8. Namun, Nick Woodman, CEO GoPro, pernah mengatakan, “akan ada line up terbaru dalam beberapa penawaran harga.” Pernyataan ini seolah menegaskan Hero 8 pun akan mengikuti pola line up Hero 7.

LIHAT KOLEKSI GOPRO HERO 7 VARIASI BLACK DI SINI

Kamera 360 terbaru

Bersamaan dengan Hero 8, GoPro juga dikabarkan akan merilis kamera spherical generasi terbaru yang rumornya akan bernama GoPro Max. Kamera spherical yang dimiliki GoPro saat ini adalah Fusion yang bisa merekam video dan kamera dengan sudut 360 derajat.

Fusion juga memungkinkan penggunanya untuk mengedit output-nya sehingga mereka bisa membuang bagian-bagian rekaman yang tidak diinginkan sebelum mengunggahnya. Proses mengedit ini bisa dilakukan dengan aplikasi GoPro yang dipasang di smartphone pengguna.

Kamera spherical masih berada di pasar yang terbilang kecil dan output-nya pun tidak begitu banyak di platform-platform konten video. Keputusan GoPro untuk merilis produk terbaru di kamera spherical ini sangat bisa dipertanyakan. Apakah mereka kurang puas dengan Fusion atau mereka melihat potensi yang besar dalam konten 360 derajat di masa depan?

INTIP HARGA GOPRO FUSION DI SINI

Layar pratinjau menghadap depan?

Apakah Hero 8 akan menerapkan konsel layar front-facing seperti yang dimiliki oleh DJI Osmo Action? Jika bocoran foto yang dirilis oleh Photo Rumours benar, Hero 8 tidak memiliki fitur serupa secara persis.

Berdasarkan foto-foto rumor yang telah tersebar, Hero 8 memiliki slot khusus di atas bodi untuk menempatkan beberapa aksesori. Mulai dari mikrofon, lampu LED, sampai layar pop-up eksternal yang dipasangkan di housing-nya.

Apa bedanya dengan miliki DJI Osmo Action? Pada DJI Osmo Action, layar front-facing ini tertanam di bodi kamera, sedangkan pada Hero 8 merupakan bagian terpisah yang harus dipasangkan. Belum ada informasi lebih lanjut juga apakah aksesori ini masuk ke dalam paket pembelian atau dijual secara terpisah. Perlu diingat, ini masih sekadar rumor, informasi resmi seputar Hero 8 masih akan berkembang sampai produk ini benar-benar dirilis.

SELAIN BLACK, GOPRO JUGA MEMILIKI VARIAN HERO 7 BERWARNA PUTIH LHO

Prosesor terbaru pendukung fitur kamera

Selain soal desain, spekulasi yang kencang terdengar juga adalah soal prosesor yang akan digunakan. Hero 8 dikabarkan akan menggunakan prosesor terbaru, yaitu prosesor GP2. Hero 7 menggunakan GP1 (diperkenalkan pada tahun 2017), sangat masuk akal jika penerusnya pun akan m

enggunakan prosesor yang lebih baru.

Chip terbaru ini dikabarkan akan meningkatkan fitur pengambilan gambar yang lebih futuristik dalam soal akurasi warna dan kualitas digital zoom-nya. Menurut informasi dari Photo Rumour, prosesor ini sanggup melipatgandakan frame rate secara maksimal, sampai 60fps dalam kualitas UHD dan 480fps pada mode slow motion 1080p. Untuk menstabilkan gambar, Hero 8 sepertinya akan menggunakan teknologi HyperSmooth yang saat masih dianggap sebagai yang terdepan di kelasnya.

TAMPIL DALAM EDISI TERBATAS, GOPRO HERO 7 DUSK WHITE, CEK BARANGNYA DI SINI

Tanggal rilis dan banderol harga

GoPro hampir selalu menggunakan bulan September sebagai bulan perilisan produk terbaru. Oleh karena itu, tak berlebihan rasanya jika kita akan melihat Hero 8 pada timeline yang sama. Hal ini dipertegas dengan pernyataan Nick Woodman pada laporan Q1 yang mengatakan, “Saya sangat senang kami berencana untuk menyegarkan line up kamera terbaru di berbagai varian pada Q4, termasuk juga dengan kamera spherical generasi berikutnya.”

Untuk urusan harga, GoPro mematok harga mulai dari Rp3 sampai Rp5 jutaan rupiah untuk lini Hero 7. Sepertinya pola ini akan tetap dipertahankan untuk lini Hero 8 untuk menjaga stabilitas harga dan kompetisi dengan DJI Osmo Action yang dibanderol Rp4 jutaan.

LIHAT PAKET MENARIK GOPRO HERO 7 DAN AKSESORINYA DI SINI

Kamera terbaru dari GoPro memang selalu memikat perhatian, seperti hal ya Hero 7 yang dianggap menetapkan standar baru dari sebuah action cam saat pertama kali dirilis. Tak ingin kehilangan jati dirinya sebagai pelopor di kelas ini, GoPro tentunya akan kembali tampil mengejutkan dengan lini Hero 8 yang sangat menjanjikan ini. Tunggu tanggal rilisnya ya!

Jarvis: Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.