Journaling: Cara Menyalurkan Emosi Paling Seru

Sering kali terdengar keluhan mumet atau sumpek ketika tengah menjalani aktivitas sehari-hari; mumet dengan kemacetan, kegiatan monoton, bahkan terkadang hal kecil pun bisa menjadi pemicu meluapnya amarah seseorang. Setiap orang tentu memiliki caranya tersendiri untuk menyalurkan emosi tersebut, ada yang dengan berolahraga, bernyanyi, hingga mengunjungi tempat-tempat yang memacu adrenalin.

Saran seorang dokter psikiater, usahakan untuk menyalurkan segala emosi melalui seni. Tak hanya mengasah kreativitas, namun juga dapat menahan diri kamu untuk melakukan hal-hal yang kurang menguntungkan.

Sebut saja journaling, serupa dengan menulis buku diary yang pernah menjadi tren, kegiatan menulis ini juga sering direkomendasikan oleh dokter karena prosesnya yang therapeutic. Jadi, bagi kamu yang baru mau mulai mencoba ataupun kamu yang sudah menjalankan secara rutin, ayo jadikan aktivitas journaling lebih seru dan fun lagi dengan lima produk ini!

1. All-in-One

Photo by Instagram – @boho.berry

Hal yang paling dasar kamu butuhkan untuk journaling adalah buku tulis atau note book. Pasti ada dari kamu yang lebih memilih jenis kertas untuk menulis sehari-hari, ada juga yang memilih segala perlengkapan untuk journaling sudah siap digunakan di dalam satu map ataupun pouch, seperti yang ditawarkan oleh Xiaomi.

SIMPAN SEGALA KEBUTUHAN JOURNALING KAMU DENGAN NOTEBOOK XIAOMI INI!

2. Alat tulis warna-warni

Photo by Instagram – @illustratedpage

Nah, di sini kamu bisa merasakan bedanya menulis buku diary sewaktu kecil dan journaling!  Halaman journaling dapat kamu isi dengan apa pun, dengan doodle, mood-chart, quotes dan masih banyak lagi! Untuk lebih seru, karyakan halaman-halaman di agenda kamu dengan warna-warna pulpen yang mengangkat semangat kamu.

SALURKAN KREATIVITASMU DENGAN SARASA CLIP SET PULPEN DARI ZEBRA

 

3. Baki Kayu

Photo by @bullet.blond

Bagi yang jadwalnya sehari-harinya penuh dari pagi hingga malam, luangkan sedikit waktu untuk mengisi journal kamu. Usahakan dilakukan di waktu yang sama dan apabila di rumah, coba pilih tempat yang sama. Jika kamu lakukan seperti ini secara rutin, dijamin pasti lama kelamaan justru kamu merasa janggal ketika tidak melakukannya! Jangan lupa untuk menata meja kamu dengan rapi ya, biar terasa lebih asri ketika menulis, ide pun terus bermunculan.

HIAS MEJA DI RUMAH KAMU DENGAN TRAY KAYU INI BIAR LEBIH SEMANGAT MENULIS

4. Dekorasi Asri

Photo by Instagram – @cn.journalnotes

Mirip seperti poin yang sebelumnya, bedanya adalah dekorasi pot bunga ini dapat membantu relaksasi otot dan saraf mata kamu setelah terus menerus menatap layar laptop dan smartphone selama seharian penuh. Jadi jangan hanya satu, pasang beberapa ya!

JANGAN LUPA UNTUK MENGISTIRAHATKAN OTOT DAN SARAF MATA KAMU DENGAN DEKORASI INI

 

5. Headset Kedap Suara

Photo by Instagram – @jose.naranja

Nah, ini nih yang paling sering dicari ketika sedang ingin serius berkonsentrasi, headset! Terbukti lho, bahwa mendengarkan lagu itu membantu kamu berpikir lebih kreatif lagi. Dengan mengenakan earphone atau headset, kamu juga dapat fokus dengan apa yang kamu mau tulis, tidak terganggu dengan suara di sekitar.

TINGKATKAN KONSENTRASI SAAT JOURNALING DENGAN MENDENGARKAN IRAMA LAGU

Jadi ketika kamu sudah memiliki lima hal tadi, jangan lupa luangkan waktu untuk journaling ya! Selamat mencoba.

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY. I love to travel around Indonesia because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other. When I stay in the city, I usually going to a spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends.

1 COMMENT

  1. Salut banget ama teman-teman yang rajin banget bikin journaling.
    Lucu sih, bikin semangat dibaca, cuman kayaknya saya nggak kreatif bikin ginian, jadinya lebih suka nulis di planner yang sudah ada kolomnya, tinggal di isi 🙂

LEAVE A REPLY