me

6 Jenis-Jenis Sepatu Pria yang Bisa Dipakai untuk Berbagai Kegiatan

May 10, 2024.By Nadine
Bagikan

realmenrealstyle.com
Simak 6 jenis-jenis sepatu pria yang bisa dipakai untuk berbagai kegiatan!

Bagi kamu yang suka berkegiatan di luar ruangan, alas kaki merupakan fashion item yang penting untuk dimiliki. Khususnya untuk sepatu, para pria sering mengandalkan sepatu dengan desain yang bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari dan mudah dipadukan dengan outfit kamu. Terlebih lagi, nggak semua jenis sepatu cocok kamu gunakan untuk beberapa outfit berkegiatan dan acara, loh.

Disamping itu, para pria nggak jauh berbeda dengan wanita, yang mana memiliki jenis sepatu yang beragam. Tentu aja, setiap jenis sepatu pria ini memiliki kegunaan masing-masing dan bisa sesuaikan dengan kegiatan kamu. Meski begitu, kamu tetap harus memperhatikan warna sepatu dan gaya sepatu yang digunakan. Jadi, berikut jenis-jenis sepatu pria yang wajib dimiliki, simak di bawah ini!

Baca juga:


Sepatu Sneaker

Sepatu Sneaker
kamariclarke.com

Jenis sepatu pria yang pertama dan banyak digunakan untuk kegiatan santai adalah sneaker. Bisa dikatakan, sepatu sneaker ini termasuk alas kaki yang wajib ada di lemari. Terlebih lagi, sneaker atau dikenal dengan sepatu kets ini memiliki bentuk yang modis dan bisa menyesuaikan kenyamanan kamu. Bahan yang dipakai  pada sneaker ini juga ringan dan sol yang empuk untuk dipakai harian.

Selain itu, sepatu sneaker ini juga cocok digunakan untuk berolahraga. Maka dari itu, nggak heran kalau para pria banyak yang memilih sneaker sebagai sepatu andalan, karena penggunaannya yang multifungsi, mulai dari hangout, lari, dan kerja, loh. Menariknya, sepatu sneaker ini pun sangat cocok dipakai untuk berbagai outfit pria, baik itu celana pendek, celana panjang, hingga jeans.

Meski memang tampilan sepatu sneaker ini bisa menciptakan kesan kasual, kegunaan jenis sepatu ini nggak disarankan untuk kegiatan formal, seperti undangan, rapat kerja, seminar, acara pernikahan, dan lain sebagainya.

Sepatu Pantofel

Sepatu Pantofel
superostmk.live

Jenis sepatu pria yang kedua ini mampu menciptakan kesan formal bagi tampilan kamu. Sesuai dengan tampilannya, sepatu pantofel ini termasuk sepatu dengan bentuk datar atau tanpa hak. Umumnya, jenis sepatu ini nggak memiliki sepatu dan desainnya miripnya seperti mokasin, sepatu tradisional asal Amerika Utara. Menariknya, bahan sepatu pantofel ini biasanya dibuat dari kulit, loh.

Selain itu, sepatu pantofel ini juga memiliki tampilan yang mengkilap, sehingga kegunaannya bisa untuk kerja, ke kantor, dan pesta undangan. Oleh karena itu, outfit yang paling pas untuk dipadukan dengan sepatu pantofel ini adalah setelan jas atau kemeja. Terlebih lagi, tampilan sepatu pantofel ini juga memberikan kesan rapi dan manly pada pria yang menggunakannya, nih.

Slip On Shoes

esquire.com

Jenis sepatu ketiga untuk pria yang juga bisa kamu pada di berbagai aktivitas santai atau non formal adalah sepatu slip on. Sering dipakai oleh anak muda, sepatu slip on ini nggak memiliki tali pengikat, dengan begitu kamu juga lebih cepat dan mudah saat menggunakannya. Menariknya, jenis sepatu ini memiliki tampilan khas pada bagian depannya yang dibuat memanjang ke depan.

Selain itu, sepatu slip on ini juga banyak dipilih anak muda karena pemakaiannya yang nggak harus menggunakan kaus kaki. Bisa dikatakan, pemakaian slip on shoes ini juga didesain sangat simpel, minimalis, serta fleksibel. Kebanyakan juga sepatu slip on ini dibuat dari bahan yang ringan dan menggunakan serat kain yang kuat, seperti kanvas, yang mana juga banyak digunakan pada sneakers.

Sepatu Boots

Sepatu Boots
libertyzeno.com

Jenis sepatu keempat yang juga cocok dipakai pria sehari-hari adalah sepatu boots. Memiliki desain yang trendi, sepatu boots ini merupakan alas kaki yang diciptakan oleh masyarakat Mongol. Pembuatan sepatu boots ini menggunakan bahan kulit Yak yang berasal dari kulit sapi. Bahkan, sepatu boots ini dipakai untuk latihan oleh para tentara militer pada jaman dulu, loh.

Seiring berjalannya waktu, sepatu boots pria ini pun digunakan oleh masyarakat biasa untuk mendapatkan penampilan yang lebih keren. Meski begitu, sepatu boots ini terdiri dari beragam model dan terus berinovasi dengan bentuk, ukuran, dan warna yang berbeda-beda. Selain acara kasual, sepatu boots ini juga dipakai pria pada acara formal, seperti pernikahan, seminar, dan ke kantor.

Disamping itu, sepatu boots ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu ada Chukka Boots dan Chelsea Boots. Ciri khas dari Chukka boots ini ada pada bentuknya yang ramping dan tinggi hingga menutupi mata kaki serta nggak memiliki tali pengikat. Sementara itu, untuk Chelsea boots ini mempunyai tali lebih pendek dan lubang sekitar 2 atau 3 aja. Kelebihan sepatu ini juga memberikan kesan maskulin.

Sepatu Oxford

Sepatu Oxford
boardroomsocks.com

Berikutnya, jenis sepatu pria yang juga banyak dipakai untuk kegiatan sehari-hari dan berbagai acara yaitu sepatu oxford. Didesain mirip dengan pantofel, jenis sepatu ini memiliki ciri khas ada pada bagian tali sepatu dan ujung depannya yang sedikit meruncing. Mulanya sepatu oxford ini dikenal dengan nama Balmorals, sebab kehadirannya yang berasal dari Skotlandia dan Irlandia.

Seiring penggunaannya, sepatu oxford ini pun banyak dipakai oleh para pria, terutama di kalangan mahasiswa di Universitas Oxford, dengan begitu namanya juga dikenal dengan sepatu oxford sejak tahun 1800-an. Mengingat desainnya yang mirip, sepatu pantofel ini juga sering disebut sebagai pantofel.

Selain itu, penggunaan sepatu oxford ini juga sama seperti sepatu pantofel, yang mana cocok dipakai untuk acara formal dan dipakai dengan setelan berjas, loh. Jadi, buat kamu yang suka menghadiri acara pesta dan ke kantor, sepatu oxford ini memang pilihan yang tepat.

Sepatu Loafers

Sepatu Loafers
pinterest.com

Jenis sepatu pria yang juga sering dipakai untuk berbagai acara adalah sepatu loafers. Nggak jauh berbeda dengan jenis sepatu yang sebelumnya, sepatu loafers ini memiliki desain yang mirip dengan pantofel, loh. Tapi, sepatu loafers ini memiliki model slip on dan memanfaatkan bahan kulit suede dalam bahan pembuatannya, nih. Meski begitu, sepatu loafers ini berbeda dengan sepatu slip on, ya.

Mengingat tampilan sepatu loafers yang tanpa tali juga, jenis sepatu ini termasuk mudah dan cepat dipakai maupun dilepas. Tentu aja, kegunaan sepatu loafers ini juga cocok untuk kegiatan yang terkesan formal, seperti dinner, acara pesta pernikahan, workshop, dan lain sebagainya. Tapi, untuk kamu yang suka tampilan smart casual nggak ada salahnya menggunakan sepatu loafers ini.

Selain itu, penggunaan sepatu loafers ini juga bisa tanpa kaus kaki, yang mana cocok untuk kegiatan santai seperti hangout. Menariknya, jenis sepatu ini semakin banyak dikenal karena sepatu Dr. Martens yang juga banyak dipilih anak muda untuk bisa tampil keren.


Baca juga:

Nah, itu dia beberapa jenis sepatu pria yang perlu kamu tahu untuk bisa dipakai berbagai acara. Temukan jenis sepatu pria lainnya seperti di atas di Blibli dan pilih jenis sepatu yang nyaman untuk kamu pakai. Pastikan, ukuran dan warna sepatu memang sesuai dengan kaki kamu, ya.