me

Ketahui 8 Jenis Papan Surfing untuk Taklukkan Ombak!

Oct 19, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: landofceylon.blogspot.com

Surfing adalah salah satu olahraga yang cukup ekstrim untuk menaklukkan ombak dan cukup popular di dunia. Untuk melakukan olahraga satu ini, kamu harus sebutkan nama alat untuk olahraga surfing seperti papan seluncur salah satunya untuk bisa bermain. Karena papan ini berfungsi supaya kamu bisa berdiri dan mengatasi ombak laut.

Ada banyak tipe papan selancar yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Di mana setiap jenis papan ini tentu mempunyai kelebihan atau kekurangan dalam mengatasi ombak. Pastikan kamu mengerti benar tentang jenis atau macamnya agar nggak salah beli dan membuat kamu nggak nyaman berselancar. Untuk lebih lengkapnya soal jenis papan surfing, simak informasi berikut!

Baca juga: Tips Membedakan Sepatu Basket Asli Dan KW


8 Jenis Papan Surfing yang Harus Kamu Ketahui

Ada beberapa tipe dan merk papan surfing terbaik yang dibuat untuk para penggemar olahraga selancar dengan masing-masing kelebihan dan kekurangan. Sebelum kamu membeli papan selancar, sebaiknya kamu mengetahui lebih dulu apa aja sih jenis papan surfing, supaya papan ini bisa menemani kegiatan berselancar dengan baik tanpa hambatan. Berikut jenis-jenis dari papan untuk berselancar.

1. Fiberglass

Papan Selancar Surfing Intex Surf Up Mats 58152 Kode 214

Papan selancar yang pertama dan sangat direkomendasikan buat para peselancar adalah jenis papan fiberglass. Terutama untuk para peselancar yang masih pemula dan sedang belajar teknik berselancar, serta berlatih menjaga keseimbangan di atas papan.

Papan berjenis fiberglass ini juga seringkali dikenal sebagai papan selancar polystyrene di kalangan para peselancar. Nah, perlu kamu tau nih kalau pada bagian struktur inti papan dengan tipe ini sudah dilengkapi oleh busa berlapis yang berupa serat tebal fiberglass.

Kelebihan yang ditawarkan oleh papan surfing jenis ini adalah mempunyai daya apung yang begitu baik dibandingkan lainnya, sehingga kamu yang masih belajar teknik dasar nggak perlu takut akan tenggelam. Namun, papan ini pun juga mempunyai kekurangan yang berada dalam segi daya tahannya, yaitu mudah mengalami kerusakan terlebih kalau terkena bebatuan keras.

2. Epoxy

RADBUG Papan Surfing Bodyboard Anak Kids 4-8 Tahun

Papan selancar epoxy ini adalah papan untuk berselancar yang dibuat dari material epoxy. Nah, epoxy sendiri merupakan bahan resin polimer epoxide thermosetting yang mempunyai kandungan sejumlah satu atau lebih gugus epoksida.

Pada bagian dalam lapisan resinnya, papan selancar dengan jenis berikut memakai bahan epoxy yang terkenal lebih tahan dengan beban, bahan kimia, serta nggak gampang rusak. Sedangkan di bagian dalamnya atau bagian inti busa selancar menggunakan bahan dari polystyrene.

Kelebihan dari papan berjenis epoxy ini adalah kuat serta tahan terhadap terjangan ombak, sehingga kamu nggak bisa meliuk-liuk tanpa merasa ragu. Selain itu, papan selancar ini pun sangat ringan buat kamu gunakan dalam mengikuti terjangan ombak.

3. Fish

OLAIAN Papan Selancar Surfing Busa 7'

Kalau kamu akan berselancar di pantai dengan ombak yang nggak begitu kuat atau kecil, kamu bisa memilih papan berjenis fish berikut. Karena papan ini memang dirancang khusus untuk pantai-pantai dengan ombak berkekuatan kecil.

Alat berselancar ini sangat mudah dikenali berkat keberadaan dari fin kembar yang terletak dibagian belakang atau yang biasa disebut dengan quad fin. Papan ini pun mempunyai desain berukuran sekitar lima sampai enam kaki loh.

Meskipun ukuran papan surfing tersebut nggak begitu besar dibanding funboard, papan ini sangat pas untuk melakukan maneuver-maneuver keren. Selain itu, papan ini juga cocok dimiliki oleh kamu yang masih ragu atau takut berselancar di ombak besar dan hanya ingin berselancar di ombak kuat.

4. Egg

Pilihan lainnya yang bisa kamu pilih kalau nggak mau menggunakan papan berjenis fish di ombak kecil, kamu bisa memilih jenis egg. Pasalnya papan jenis egg tersebut juga dirancang untuk dipergunakan pada ombak kecil hingga ombak berukuran sedang.

Perbedaan dari keduanya bisa kamu temui pada desain papan selancar, tepatnya dibagian ukuran. Board berjenis egg mempunyai ukuran yang sedikit lebih besar daripada fish. Papan selancar jenis egg berikut memiliki ukuran dari enam sampai dengan delapan kaki, lebih besar sekitar 2 kaki.

5. Longboard

Nah, kalau kamu sudah mahir dalam berselancar kamu bisa dengan bebas memilih papan yang kamu sukai, seperti jenis longboard ini misalnya. Karena desainnya memang cocok bagi peselancar yang sudah mahir dalam menjaga keseimbangan maupun melewati ombak.

Papan dengan jenis satu ini biasanya dipakai untuk menerjang ombak yang memiliki ketinggian menengah, bahkan ombak liar sekalipun.  Seperti namanya, longboard ini mempunyai ukuran yang cukup panjang yaitu sekitar sembilan kaki.

Jika kamu sudah terbiasa bermain selancar dan juga sudah menguasai beberapa teknik dasar selancar, papan ini bisa kamu pilih tanpa ragu. Tetapi ada kekurangan yang ada pada tipe longboard, yakni kurang bisa melakukan maneuver di ombak dengan baik.

6. Funboard

Kalau kamu sudah mulai terbiasa melakukan olahraga selancar dengan longboard, selanjutnya kamu bisa naik level untuk memilih funboard ini. Ukurannya sedikit lebih pendek daripada longboard, yakni sekitar 198 cm sampai dengan 250 cm.

Penting buat kamu ketahui, board untuk surfing jenis ini merupakan jembatan sebelum kamu bisa surfing menggunakan papan yang jauh lebih pro. Untuk desain board ini adalah memiliki bentuk yang agak lebar dengan bagian membulat pada bagian ujung.

Desainnya yang demikian membuat funboard memiliki kestabilan yang cukup bagus untuk melahap berbagai ombak berukuran kecil sampai sedang. Papan tipe berikut juga bisa kamu ajak untuk sedikit melakukan maneuver, sehingga kamu akan kelihatan meliuk-liuk di atas ombak.

7. Shortboad

Sudah selesai mempelajari teknik-teknik dalam surfing? Berarti ini saat yang pas untuk mencoba shortboard. Mempunyai ukuran yang setipe fishboard, bedanya papan berselancar ini terdiri atas satu atau tiga fin. Shortboard biasa digunakan dalam surfing di ombak berukuran sedang sampai besar.

Dibandingkan tipe-tipe sebelumnya, tingkat kesukaran mengendarai papan tentu lebih tinggi. Meski keseimbangannya juga lebih sulit untuk dikendalikan, shortboard tetap bisa kamu gunakan buah meliuk-liuk cantik di tengah ombak.

8. Guns

Berbeda dari beberapa jenis papan yang telah disebutkan sebelumnya, papan selancar berjenis guns ini adalah papan yang pasti dipakai oleh peselancar yang sudah pandai. Ukurannya lebih panjang dibandingkan longboard, yaitu sekitar tujuh sampai dua belas kaki.

Keunggulan dari tipe satu ini ialah mudah dinaiki dan mampu melalui ombak dengan ringan. Sehingga sangat cocok buat dibawa menemani berselancar melawan ombak yang kuat atau ganas sekalipun tanpa hambatan berarti.


Baca juga: Rekomendasi Sepatu Basket Dibawah 500 Ribu

Itulah tadi jenis papan surfing yang penting untuk diketahui supaya kamu nggak salah pilih buat bermain selancar. Kalau kamu mau beli papan surfing yang bagus, kamu bisa beli melalui Blibli dengan terjangkau. Untuk masalah kualitas nggak perlu diragukan lagi, dengan harga bersahabat berikut kamu sudah memperoleh papan yang berkualitas.

Coba di mana lagi kalau nggak di Blibli bisa beli surfboard impian kamu dengan harga papan surfing yang ramah di kantong. Tunggu apalagi? Yuk segera pesan papan selancar terbaik pilihan kamu hanya di Blibli dan nikmati olahraga surfing yang menantang adrenalin itu. 

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel