me

5 Jenis Kakao Coklat, Olahan Buah Coklat yang Kaya Manfaat

May 22, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/gustavomellossa
Indonesia penghasil buah kakao coklat ketiga terbesar di dunia. Nggak heran di Indonesia punya banyak jenis kakao coklat dengan berbagai olahannya. Berikut penjelasan lengkap tentang kakao coklat dan jenis-jenisnya.

Jenis Kakao Coklat — Pernah dengar kakao coklat? Kalau kamu penggemar coklat pasti nggak asing sama istilah yang satu ini. Fun facts, menurut salah satu organisasi riset kuliner Asia, produk-produk coklat ini jadi camilan favorit masyarakat Indonesia nomor 4 setelah pastry, biscuit dan permen. Indonesia juga jadi penghasil kakao terbesar ketiga di dunia setelah Pantai Gading dan Ghana.

Eits, kok ada coklat, ada kakao? Apa bedanya? Kok mirip ya? Nah, buat kamu yang masih belum paham, simak bareng-bareng ulasan berikut ini. Biar kamu paham dan bisa cobain berbagai olahan kakao coklat. Berikut penjelasan tentang kakao dan jenis-jenisnya.

Baca juga: 


Apa Itu Kakao Coklat?

freepik.com/author/kaiskynet

Jadi sebenernya kakao coklat ini dua istilah yang berbeda, ya Blibli Friends. Kakao lebih ke istilah buat biji buah coklat yang mengalami sedikit pemrosesan. Biasanya biji kakao bakal diolah jadi beberapa tahap biasanya 2 produk utama yang dihasilkan adalah bubuk kokoa dan coklat. Lho, sekarang ada kakao, ada kokoa, ada coklat. Simak lebih lanjut ya penjelasannya.

Buah coklat disebut juga buah kakao dengan nama biologi pohon asalnya Theobroma Cacao. Nah, biji kakao mentah yang sudah siap dipanen biasanya bisa diolah jadi beberapa produk kayak cacao nibs, pasta kakao, lemak kakao dan bubuk kakao. Kakao juga diketahui punya kandungan antioksidan yang baik buat kesehatan, terutama untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan mood. 

Proses pengolahan biji kakao mentah menjadi produk-produk tadi melibatkan beberapa tahapan, mulai dari fermentasi biji kakao, pengeringan, pemanggangan, hingga pemisahan kulit biji. Ini juga yang bikin aroma produk kakao relatif lebih kuat. Produk turunan dari biji kakao ini tidak ditambah bahan lain sehingga rasanya pahit khas tapi tinggi nutrisi.

Nah, hasil olahan kakao inilah yang jadi bahan baku buat bikin bubuk kokoa dan produk coklat. Kokoa adalah bubuk hasil olahan kakao yang biasanya dicampur susu dan gula, sekalipun begitu rsanya tetap cenderung pahit. Kalau coklat adalah hasil olahan lemak atau pasta kakao yang sudah mengalami banyak proses dan penambahan bahan lainnya seperti gula, lemak dan penstabil rasa.

Jenis-Jenis Kakao Coklat

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, kakao coklat punya beragam olahan yang punya karakter dan rasa yang berbeda-beda. Tentunya dengan karakter dan manfaatnya masing-masing. Nah, berikut adalah beberapa produk kakao yang sering diolah: 

Cacao Nibs

Cacao Nibs
healthline.com/nutrition/cacao-nibs

Produk ini sebenarnya adalah biji kakao yang sudah dipanggang dan dikupas kulitnya, lalu dijadikan serpihan kecil-kecil. Cacao nibs inilah yang jadi bahan dasar produk cacao lainnya. Rasanya sih agak pahit, tapi ada kesan kaya dan sedikit tekstur renyah gitu. Biasanya orang suka menambahkan cacao nibs ini ke dalam makanan atau minuman.

Kamu bisa menikmati cacao nibs ini dengan cara membuangnya ke smoothie bowl favorit kamu, granola, atau bahkan es krim! Dengan begitu cacao nibs kamu bakal nggak terlalu pahit dan lebih bisa dinikmati. Selain enak, cacao nibs juga punya manfaat buat kesehatan, lho karena kaya akan antioksidan dan bisa bantu menjaga kesehatan jantung.

Pasta Caca

Pasta Caca
elmolinoverde.com

Produk ini adalah bahan utama dalam pembuatan coklat. Jadi, pasta cacao ini dibuat dari cacao nibs yang digiling berulang kali sampai jadi pasta kental. Ada juga yang menyebutnya cocoa liquor. Nah, dari pasta cacao inilah coklat kita bisa ada. Proses pembuatannya sendiri lumayan panjang dan rumit. Ini juga yang bikin harganya lebih mahal.

Coklat yang dihasilkan dari pasta cacao ini punya rasa yang kaya dan tekstur yang lembut. Biasanya pasta cacao juga bisa diolah lebih lanjut menjadi berbagai jenis coklat, mulai dari dark chocolate, milk chocolate, sampai white chocolate. 

Lemak Kakao

Lemak Kakao
inews.id

Berasal dari pasta cacao yang dikempa sampai mengeluarkan tetesan minyak. Disebut juga cacao butter. Minyak atau lemak ini sering dipakai dalam pembuatan coklat, tapi juga bisa dimanfaatin buat kosmetik dan produk perawatan tubuh lainnya. Biasanya, lemak cacao ini ngasih rasa dan tekstur yang khas. 

Dibanding produk olahan lainnya, lemak kakao ini memang punya lebih banyak manfaat. Di dunia kue yang lebih professional, lemak cacao biasanya digunakan buat bahan pengkilap produk coklat, pameran patung coklat dan lapisan glossy buat kue tart. Selain buat makanan, lemak cacao bisa dijadikan juga sebagai bahan utama lulur, pelembab dan sabun.

Bubuk Kakao

Bubuk Kakao
kioskcokelat.com

Setelah pasta kakao dikempa dan keluar minyaknya, sisa residu pemerasannya akan diolah dengan cara dikeringkan sehingga jadi bubuk cacao. Nah, bubuk cacao ini yang jadi bahan dasar untuk bikin coklat, minuman coklat, atau bahkan kue-kue coklat yang kamu suka. Tanpa ada tambahan gula atau persa sedikitpun, ini yang bikin nutrisinya lebih sehat.

Rasa pahit dan aroma khas dari bubuk cocoa ini yang bikin coklat dan produk-produk kakao lainnya punya karakteristik yang beda dengan bubuk cocoa. Biasanya lebih susah larut dalam air karena masih punya kandungan lemak. Jadi buat kalian yang lagi diet tapi tetep pengen konsumsi coklat, wajib banget pilih bubuk cacao sebagai alternatifnya.

Jenis Kakao Coklat Kaka

Coklat Kaka
treat.id

Nah, kalau yang ini adalah hasil akhir dari biji kakao. Coklat biasanya berasal dari bubuk kakao dan lemak kakao, yang ditambahkan bahan-bahan lainnya seperti gula, susu, vanili dan mentega. Coklat-coklat yang umumnya ada di pasaran adalah dark coklat, milk coklat dan coklat putih.

Semakin gelap suatu coklat menandakan kalau produk coklat tersebut mengandung lebih banyak kakao. Makanya banyak coklat di pasaran yang diberi label prosentase kakao, misal 30%, 40%, 50% bahkan ada yang sampai 90%. Semakin tinggi prosentasenya menandakan kalau coklat tersebut semakin pahit dan makin sehat.


Baca juga

Nah, itu tadi penjelasan tentang kakao coklat dan beberapa jenisnya semoga bisa bantu nambah pengetahuan dan pemilihan coklat yang lebih sehat buat Blibli Friends. Sekarang jadi tahu ya kalau coklat yang sehat justru yang sedikit kandungan gulanya. Jadi, buat kamu pecinta coklat sekarang sudah lebih banyak lagi pilihan produk kakao coklat yang bisa kamu nikmati .

Buat kamu yang lagi butuh beli-beli produk coklat, daripada pusing cari keluar mending langsung saja klik dan belanja di Blibli. Temukan ratusan produk kakao coklat yang enak-enak dengan harga bersahabat dan promo setiap harinya. Buruan diborong, ya! Semua kebutuhan bahan makanan tersedia lengkap cuma di Blibli!